Mengenal Kayu Laminasi dari Pengertian sampai Fungsinya

0
8038
kayu laminasi

Mengenal Kayu Laminasi dari Pengertian sampai FungsinyaApa itu kayu laminasi? Berikut ini uraian mengenai laminated wood dari pengertian hingga fungsinya.

Pengertian

Istilah laminasi dalam bidang teknologi bisa diartikan sebagai pembuatan material dengan merekatkan lapisan-lapisan menggunakan adhesive. Istilah ini pun berlaku kala kita membicarakan mengenai kayu yang dilaminasi. Pengertian produk tersebut adalah produk yang dibuat dari beberapa lapis yang direkatkan memanfaatkan lem. Namun ada kalanya, istilah ini juga mengacu pada lembaran tipis yang dibuat dengan tampilan serupa kayu hasil proses printing.

Apa Bedanya dengan Kayu Solid dan Veneer?

CS Lem Kayu

Terdapat perbedaan besar antara kayu solid, laminasi, dan veneer. Kayu solid, berbeda dengan kayu laminasi adalah kayu yang didapatkan dari pemotongan kayu dan belum mengalami proses pengolahan khusus. Secara langsung, kayu solid hanyalah kayu hasil tebangan pohon. Sedangkan pengertian veneer adalah potongan sangat tipis kayu solid. Dengan demikian, meski mirip pelapis sintetis, namun veneer bisa difinishing hingga diamplas seperti kayu biasa.

Apa yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Laminated Wood?

Proses laminasi membutuhkan beberapa langkah atau tahapan. Namun secara umum, bahan yang sangat perlu diperhatikan adalah lemnya. Demikian juga saat aplikasi kayu laminasi. Diperlukan lem yang tepat digunakan. Selain feature umum seperti kekuatan, ada feature khusus yang harus diperhatikan seperti:

1. Daya sebar

2. Viskositas

3. Daya serap

4. Ketahanan

Di pasaran, telah banyak lem yang bisa digunakan untuk jenis material ini. Kami juga menyediakan lem laminasi dengan feature terbaik yang bisa Anda temukan, Crossbond X4. Berbasis PVAc water based, lem ini bukan hanya unggul dari aspek di atas, namun juga sangat aman digunakan.

Apa Manfaat Kayu Laminasi

Seiring dengan suplai kayu solid yang makin mahal dan jarang, pemanfaatan bahan alternative mulai disukai. Tak terkecuali material ini. Selama ini, biasanya laminated wood digunakan untuk pembuatan furniture, pembuatan komponen bangunan, hingga produksi kabinet dapur. Trend desain modern minimalis dan office adalah yang paling banyak menyerap produksi bahan tersebut.

Berapa Harganya?

Harga kayu laminasi sangat beragam. Ada yang sangat terjangkau, namun juga ada yang relatif mahal. Faktor ketahanan dan estetika umumnya memainkan peran besar dalam penentuan harga material ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here