Harga Veneer Kayu Terbaru (2022)

0
339
harga veneer kayu

Veneer adalah suatu pelapis yang bisa digunakan untuk membuat furniture hingga melapisi dinding bangunan. Pertanyaannya adalah, berapa harga veneer kayu?

Proses finishing bisa dilakukan dengan cukup banyak cara. Selain dengan cara menguaskan cat, misalnya, Anda bisa melakukan penyemprotan menggunakan beberapa bahan stain khusus. Meski demikian, proses finishing pada umumnya hanya dibedakan dalam 2 kategori.

Kategori pertama adalah finishing dengan memanfaatkan bahan cair atau serupa pasta. Yang kedua adalah finishing dengan memanfaatkan bahan coating. Contoh bahan coating yang dimaksud adalah veneer.

Baca Juga : Informasi Veneer Kayu Sungkai dari Karakter sampai Harganya

Veneer atau vinir merupakan suatu lembaran tipis lebar yang biasanya dibuat. Bahan ini umumnya digunakan dengan cara ditempelkan pada kayu yang mungkin kurang menarik.

Misal, Anda adalah pengrajin furniture yang memiliki banyak simpanan sengon. Anda tahu bahwa pembeli kurang begitu menyukai kayu tersebut. Sebaliknya, pembeli sangat berminat pada kayu-kayu premium seperti jati.

Dalam kondisi tersebut, supaya furniture sengon Anda laku, Anda bisa melapisinya menggunakan vinir jati. Hasilnya tentu tidak sebaik mebel jati 100%. Namun tampilan jati yang indah akan menggerakkan minat pembeli meski mereka tahu bahwa produk tersebut terbuat dari bahan baku sengon.

Baca Juga : Mengenal Beraneka Jenis Veneer dan Tips Pemasangannya

 

veneer untuk mempercantik furniture kayu
Seorang pengrajin veneer

Simak Juga :

Mengenal Veneer Kayu Mahoni dari Harga sampai Lemnya

Aplikasi Veneer Lebih Cepat dengan Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

Manfaat Veneer Kayu

1. Memperindah Furniture dari Kayu Non-favorit

Veneer, seperti ditulis di atas bisa membuat furniture menjadi lebih menarik dibanding sebelumnya. Hal ini disebabkan karena veneer akan menutupi tampilan furniture yang mulanya kurang menarik menjadi lebih indah.

Baca Juga : Simak Pengertian Veneer Kayu dan Tips Memasang Veneer yang Baik di Sini

Oleh karena itu, hampir selalu produk vinir kayu dibuat dari material yang populer. Misalnya veneer manga yang terkenal indah, eboni yang elegan, dan jati yang populer.

2. Memberikan Proteksi pada Kayu yang Kurang Awet

Selain bisa menambah estetik, aplikasi veneer, sebagaimana cat juga bisa meningkatkan proteksi untuk suatu produk kayu. Proteksi tersebut sangat penting sebab kebanyakan kayu di Indonesia adalah kayu dengan kelas awet rendah. Jumlah kayu yang tidak awet mencapai 85% dari seluruh kayu.

Baca Juga : Lem Veneer Kayu untuk Bahan Beda Sifat? Ini Jawabannya!

Namun, tentu saja tingkat perlindungan yang diberikan veneer beragam. Harga veneer kayu yang mahal misalnya, bisa jadi mengindikasikan bahwa material tersebut lebih awet. Namun, faktor harga tentu tak bisa dijadikan satu-satunya indikator.

3. Sebagai Pelapis untuk Dinding

Selain bisa digunakan untuk furniture, veneer juga bisa digunakan sebagai pelapis untuk dinding. Misalnya, pada dinding yang dilapisi menggunakan plywood atau kayu dengan estetika yang kurang.

Di lapangan, beberapa produk veneer untuk dinding telah diintegrasikan dengan wallpaper. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan produk veneer yang cocok untuk kebutuhan seperti ini.

4. Mempermudah Pengiriman Kayu Antar Negara

Tak sedikit kayu yang hanya terdapat di beberapa negara saja. Oak, ash, dan hickory adalah contohnya. Kayu-kayu tersebut hanya terdapat di negara sub tropis seperti Amerika Serikat. Sementara itu, kayu seperti jati, merbau, dan ulin adalah hardwood yang hanya terdapat di negara tropis seperti Indonesia.

Oleh karena keindahannya, tak sedikit pelaku usaha yang berminat pada kayu-kayu yang tidak terdapat di negaranya. Namun mengirimkan log oak atau jati jelas bukan perkara mudah. Untuk itu, banyak pelaku usaha yang memilih membeli kayu tersebut dalam bentuk veneer.

5. Meningkatkan Diversitas Kayu di Lapangan

Penggunaan veneer pada akhirnya akan mampu meningkatkan keragaman kayu yang diolah di lapangan. Sebab, pelaku usaha tak selalu harus menggunakan kayu favorit untuk menghasilkan aneka produknya.

Mereka bisa menggunakan kayu-kayu yang mungkin dianggap kurang menarik. Supaya produk tersebut lalu, pengrajin tinggal melapisinya dengan kayu veneer kayu yang sedang populer.

Beberapa Jenis Veneer Kayu

Harga produk veneer tentu juga dipengaruhi aspek lainnya selain nilai manfaatnya. Salah satunya adalah jenisnya. Nah, terdapat sangat banyak produk veneer di pasaran dengan kualitas yang berbeda-beda, di antaranya:

1. Raw veneer (mentah)
2. Paper back veneer yang menggunakan lapisan kertas di bagian belakang untuk area penempelan
3. Phenolic veneer adalah veneer serupa paper back veneer namun menggunakan resin fenolik di bagian belakangnya
4. Laid up veneer adalah varian veneer yang dibuat dari beberapa veneer yang lebih kecil agar menghasilkan permukaan lebih lebar
5. Reconstituted Veneers adalah tipe yang dibuat dari penggabungan beberapa softwood.

harga veneer kayu dengan kisaran yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya
Dapur rumah yang sudah diaplikasi dengan veneer kayu

Daftar Harga Veneer Kayu

1. Jati: Rp75.000
2. Sonokeling: Rp70.000
3. Sungkai: Rp40.000
4. Mangga Super: Rp430.000
5. Mindi: Rp40.000
6. Oak Putih PAB: Rp70.000 (kisaran)
7. Oak Putih FA: Rp37.000 (kisaran)
8. Cherry Impor: Rp75.000
9. Walnut PAB: Rp75.000,-
10. Walnut FA: Rp40.000 – Rp 55.000
11. Maple PAB: Rp55.000 – Rp 75.000
12. Nyatoh: Rp18.000
13. Mahoni: Rp40.000
14. Eboni: Rp300.000
15. Amara: Rp140.000
16. Kayu Jati Recon: Rp60.000
17. Zebrano Recon: Rp150.000

Gunakan Lem Terbak untuk Aplikasi Veneer Kayu

Daftar harga vinir di atas hanyalah nominal rerata yang mungkin saja tidak sama persis di lapangan. Gunakan data di atas sebagai gambaran untuk bujet yang mesti Anda keluarkan. Selain itu, pastikan juga untuk tidak memilih suatu produk hanya berdasarkan harganya.

Lihatlah aspek yang lain pada berbagai produk yang Anda beli. Dengan demikian, Anda tak akan dirugikan oleh pilihan tersebut.

Selain pertimbangan harga veneer untuk furniture atau kebutuhan lantai dan dinding, Anda perlu mempertimbangkan jenis lem yang akan digunakan untuk laminasi veneer Anda.

Anda bisa menggunakan lem Crossbond X4 yang diformulasi khusus untuk aplikasi laminasi semua jenis kayudan bahan alam.

Simak Juga :

Simak Pengertian Veneer Kayu dan Tips Memasang Veneer yang Baik di Sini

Aplikasi Veneer Lebih Cepat dengan Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here