Meja Kayu Minimalis Ternyata Bisa Dibuat Murah!

0
718

Furniture minimalis memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya, furniture ini bisa dibuat dari kayu olahan. Termasuk ketika Anda hendak membuat meja kayu minimalis.

Mengenal Gaya Minimalis

Gaya minimalis adalah gaya yang sebenarnya memiliki sejarah panjang. Gaya ini pertama kali muncul pada dekade pasca perang dunia II. Pada masa tersebut, minimalis adalah gaya yang dianggap sebagai pemberontakan terhadap ekspresionisme abstrak. Berbeda dengan gaya-gaya lain yang pernah hadir di dunia, gaya ini memiliki ciri sangat unik. Keindahan gaya minimalis terletak pada kesederhaan dan ”kesedikitannya”. Makin sedikit komponen produk, produk akan dianggap lebih menarik. Elemen-elemen tidak fungsional pada produk pun dibuang. Keindahan akan tercipta secara alamiah setelah itu. Istilahnya, “the effortless beauty” atau ” the less is more”.

Gaya ini juga sangat spesifik. Anda bisa melihat betapa kontrasnya ”the less is more” sebagai jargon minimalis dengan gaya tradisional. Pada gaya tradisional, keindahan produk dibentuk khusus dengan ukiran dan pola-pola etnik. Sedangkan pada gaya minimalis, keberadaan ukiran tersebut justru harus dihilangkan untuk mewujudkan kecantikan.

CS Lem Kayu

Beberapa orang sebenarnya menyebut bahwa gaya minimalis adalah gaya yang hanya mengambil elemen reduksionis dari gaya modern. Dan pendapat ini beralasan. Bila kita bandingkan satu sama lain, sejatinya gaya modern sangat mirip dengan gaya minimalis. Hanya saja, gaya modern memiliki unsur yang lebih beragam. Gaya ini bukan sekedar ”the less is more”. Dari segi warna, misalnya. Ketika gaya minimalis fokus pada warna netral dan monokromatik, gaya modern menggunakan varian warna yang jauh lebih kaya.

Tetapi apapun itu, kini gaya minimalis sudah begitu populer. Dan popularitasnya telah merambah berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang industri woodworking atau pengolahan kayu.

meja kayu minimalis 2

Meja Kayu Minimalis yang Kian Populer

Di industri pembuatan mebel, gaya minimalis telah menancapkan kakinya sejak bertahun-tahun yang lalu. Kini, kita bisa melihat beragam produk yang dibuat dengan menerapkan desain ini. Contohnya saja meja minimalis. Sebagai jenis mebel yang paling banyak diproduksi, tak mengherankan jumlah meja minimalis pun besar. Sebab permintaan dari masyarakat juga tinggi. Apalagi, selain dipakai untuk kebutuhan rumah tangga, meja minimalis juga sering digunakan sebagai meja kerja.

Meja kerja?

Ya. Desain minimalis sejatinya sangat cocok dengan dunia kerja. Menghadirkan nilai efisiensi dan efektivitas, gaya ini sesuai dengan nilai-nilai ideal dunia kerja. Berbagai varian mejakerja sudah dibuat dengan gaya ini mulai dari meja karyawan, meja direktur, meja rapat, sampai meja resepsionis.

Keindahan meja minimalis makin terlihat luar biasa ketika produk tersebut dibuat dari bahan kayu. Kayu, sebagaimana yang kita tahu, adalah material alami yng banyak dipakai untuk membuat mebel. Material ini bisa memberikan kesan natural pada produk yang dibuat dari bahan tersebut. Pada gaya minimalis, sentuhan kesan natural ini sangat dibutuhkan. Tentu saja, asalkan kayu tersebut tidak difinish dengan tipe finishing yang menggunakan warna-warna mencolok atau antik. Tipe finishing yang diterapkan pada meja kayu minimalis idealnya adalah:

  1. Finishing natural transparan. Akan lebih baik bila tingkat kilau finishing dibuat rendah.
  2. Finishing solid color dengan warna monokromatis. Misalnya, dengan aplikasi cat duco putih, abu-abu, dan hitam.

Berapa Harga Meja Kayu Minimalis?

Keindahan meja dengan desain minimalis sering membuat orang ingin membelinya. Akan tetapi, keinginan tersebut kerap harus diurungkan karena harga meja dari desain ini yang dikira tinggi. Tetapi, apakah benar bahwa meja minimalis dari bahan kayu memang tinggi?

Sebetulnya tidak. Harga meja kayu minimalis dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor bahan atau material yang dipakai untuk membuat meja tersebut. Bila meja minimalis tersebut dibuat dari kayu yang mahal seperti jati, jelas harganya akan ikut mahal. Namun, bila ia dibuat dari bahan yang murah, tentu harganya juga akan ikut turun. Salah satu material kayu yang bisa membuat harga meja ini lebih murah adalah material kayu olahan.

Bisa Dibuat dari Kayu Olahan, Jadikan Meja Kayu Minimalis Lebih Murah

meja kayu minimalis 3

Salah satu kelebihan furniture minimalis (termasuk mejanya) adalah kemudahannya dibuat dari kayu olahan. Sebab, pada desain minimalis, bentuk-bentuk yang sulit diterapkan pada kayu olahan (seperti ukiran) justru dihindari. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha mebel. Penggunaan kayu olahan akan:

  1. Membuat meja bisa dibuat dengan harga yang lebih terjangkau seperti disebutkan di atas. Sebab, secara umum harga kayu olahan memang jauh lebih murah dibanding kayu solid.
  2. Membuat proses produksi lancar, sebab supply kayu olahan lebih stabil dibanding kayu solid
  3. Dapat difinish dengan berbagai pelapis sehingga memberikan hasil tampilan yang sangat beragam dan menarik

Penggunaan Veneer untuk Percantik Meja Kayu Minimalis

Penggunaan pelapis yang beragam memang menjadi salah satu keunggulan kayu olahan ketika dipakai untuk membuat furniture. Veneer adalah contoh pelapis yang bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut. Sebetulnya, di pasaran, ada sangat banyak jenis pelapis. Secara umum, aneka pelapis ini bisa dibagi menjadi dua, yakni pelapis sintetis dan pelapis organik. Veneer merupakan pelapis organik atau alami karena bahan utamanya adalah potongan sangat tipis kayu solid. Pemakaian veneer juga lebih menguntungkan untuk membuat meja kayu minimalis. Sebab, tampilan dan tekstur kayu solid benar-benar terasa. Kita pun bisa memilih beragam jenis kayu untuk digunakan, termasuk kayu kualitas I, seperti kayu jati, mahoni, hingga kayu ebony.

Pakai Crossbond X4 untuk Aplikasi Veneer

veneer kayu

Aplikasi veneer pada kayu olahan sendiri membutuhkan lem atau perekat yang tepat. Tipe perekat yang dibutuhkan adalah tipe perekat laminasi. Berbeda dengan perekat jenis lainnya, perekat laminasi biasanya tidak kental, mampu menyebar luas, dan tidak boleh menyebabkan lapisan film tebal. Untuk membaut meja kayu minimalis dengan kombinasi veneer dan kayu olahan, mau tak mau Anda harus mencari perekat yang tepat. Untungnya, sekarang perekat tersebut mudah didapatkan. Adalah Crossbond X4 yang bisa Anda gunakan untuk merekatkan veneer kayu pada media seperti MDF, particle board, hingga kayu lapis.

Crossbond X4 adalah lem dengan bahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate. Lem ini merupakan lem laminasi yang selain bisa digunakan untuk menempelkan veneer juga bisa digunakan untuk:

  1. Merekatkan lantai decking
  2. Merekatkan lantai parket
  3. Membuat kayu laminasi
  4. Dan berbagai aplikasi perekatan dengan medium luas lainnya

Crossbond X4 memiliki daya rekat yang kuat, stabil, tidak mudah rusak, dan bisa digunakan untuk kondisi heavy duty. Dengan demikian, veneer yang ditempelkan tidak akan mudah lepas meski ditempatkan di ruangan yang lembab, panas, dan lainnya.

Crossbond X4 bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau, yakni mulai Rp. 50.000,-. Murah sekali, bukan? Lem ini juga tidak menyebabkan glue line serta merupakan adhesive yang eco friendly. Segera hubungi kami untuk mendapatkan lem untuk membuat meja kayu minimalis ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here