Lem Kayu Laminasi untuk Furniture Meliuk-liuk Menawan

0
1479
meja laminasi kayu

Membengkokkan kayu laminasi adalah salah satu hal yang begitu inovatif di industri woodworking. Dalam aplikasi teknik ini, diperlukan lem kayu laminasi yang bagus.

meja laminasi kayu

Teknik pengolahan kayu memiliki banyak varian. Kita bisa membedakannya menjadi teknik-teknik dasar fungsional hingga teknik-teknik inovatif. Pembengkokan kayu adalah salah satu teknik inovatif. Tipe teknik ini memungkinkan imajinasi kita untuk menghasilkan beragam produk laminasi elegan sekaligus menawan. Bayangkan saja berbagai kursi atau meja yang dibuat melekuk-lekuk mengikuti gaya duduk kita. Sangat menarik bukan?

Namun, aplikasi teknik ini memang tak bisa disebut mudah. Diperlukan keterampilan khusus dengan bahan-bahan pendukung berkualitas. Salah satu bahan tersebut adalah lem atau perekat laminasi yang digunakan.

Pembengkokan Dingin Makin Mudah dengan Lem Kayu Laminasi yang Bagus

pagar tampil baru dengan Orchid

Proses pembengkokan kayu sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara. Zaman dulu, orang akan melakukannya dengan memanaskan substrat ini. Namun hal itu terbukti memiliki banyak kelemahan dibanding kelebihan. Seringkali setelah kayu selesai dibengkokkan secara pemanasan, kayu akan mengalami “relaksasi” dan kembali ke bentuk aslinya. Tak jarang juga terjadi keretakan di sana-sini.

Agar bisa menghindari berbagai persoalan di atas, ada baiknya pembengkokan dilakukan dengan cara pendinginan. Namun pada teknik ini, diperlukan lem kayu laminasi yang tepat. Saran kami, gunakanlah perekat resin alifatik seperti Crossbond X4. Crossbond bukan hanya kuat dan berdaya sebar luas. Secara umum, lem ini memang lem yang didesain untuk kebutuhan laminasi dan memiliki ketahahan sangat baik.

Tips Aplikasi

Pertama, periksa kembali karakter kayu yang akan dibengkokkan. Pada contoh ini, digunakan beberapa kayu memanjang yang akan dibuat bengkok bersama-sama. Mulailah dengan mengatur kayu-kayu tersebut dalam satu barisan untuk kemudian disimulasikan pembengkokan yang akan diaplikasikan. Perhatikan ketebalan pada tiap bagiannya.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Lem Kayu Paling Kuat untuk Konstruksi Crossbond X3

Selain itu, jangan lupa perhatikan juga hal-hal seperti spesies kayu yang digunakan, pola serat kayu, hingga kekuatannya.
Berikutnya, tumpukkan kayu-kayu tersebut seperti akan kemudian dilem. Namun sebelum menggunakan lem, aturlah dulu menggunakan clamp untuk mewujudkan formasi bengkok ini.

Nah, dari teknik dasar yang sederhana ini, nantinya bisa diperoleh berbagai produk yang sangat menarik. Salah satu kesan yang sudah pasti terpancar kuat pada teknik ini adalah kesan elegan dan futuristik. Misalnya saja kursi-kursi seperti pada gambar di atas. Berbagai produk tersebut juga pasti akan lebih tahan lama bila kita menggunakan lem kayu laminasi yang bagus seperti Crossbond X4.

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here