Mudah! Cara Membuat Meja Unik dari Kayu

0
709
meja yang sangat unik

Ada banyak cara yang bisa kita terapkan agar meja unik dari kayu terwujud. Berikut ini kami bagikan beberapa tips mudah yang bisa Anda aplikasikan dengan hasil super menawan.

Keunikan bisa menjadi nilai jual tersendiri. Termasuk pada produk seperti meja. Dalam skala yang lebih besar, sebenarnya sudah banyak pengusaha Indonesia yang mewujudkan keunikan tersebut. Sebagai imbalannya, mereka meraup keuntungan besar karena mampu menjual produk tersebut untuk ekspor. Keunikan memang jadi daya jual utama. Sebab bila yang dijual hanyalah produk dengan tampilan konvensional, jelas akan sulit untuk menembus pasar ekspor.

Sayangnya, entah kenapa keunikan ini tidak banyak diaplikasikan untuk produk berskala lokal. Pelaku usaha mebel kecil sering terpaku pada mebel dengan desain yang biasa. Misalnya kontemporer dan tradisional. Padahal, bila mau sedikit melihat inspirasi lain, ada banyak cara untuk mewujudkan keunikan pada meja yang dijual.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini kami sajikan beberapa tips dari Anda.

Cara Membuat Meja Unik dari Kayu

Pilih Kayu yang Tak Biasa

CS Lem Kayu

Tips pertama yang kami sarankan adalah menggunakan bahan yang dianggap tidak konvensional. Pemakaian bahan yang tak biasa ini dijamin akan bisa secara serta merta membuat meja Anda terlihat lain daripada yang lain. Beberapa bahan yang tak biasa tersebut antara lain:

  1. Kayu pallet. Kayu pallet akan membuat meja terlihat sangat unik. Anda bisa membuat meja unik dengan kesan vintage, coastal, beach house, dan lainnya dari bahan kayu peti kemas tersebut.meja tamu
  2. Potongan cabang kayu. Potongan cabang kayu yang dihadirkan apa adanya juga akan membuat Anda bisa menghadirkan meja unik dari kayu.
  3. Potongan bulat kayu. Daripada membuat meja dari kayu solid, Anda bisa memotong cabang kayu menjadi potongan silinder kecil yang membulat. Dari struktur mungil inilah, meja yang tak biasa bisa kita buat.
  4. Kayu laminasi. Kayu laminasi adalah kayu yang dibuat khusus dengan kemampuan dilengkungkan. Sebagai dampaknya, meja yang dibuat dari kayu laminasi juga bisa dibuat dengan sangat khusus. Misalnya dibuat dengan lengkungan yang kreatif.
  5. Fosil kayu. Fosil kayu adalah kayu yang telah mengalami proses geologi panjang sehingga membentuk fosil. Bahan ini akan membuat meja Anda lain daripada yang lain. Fosil kayu sendiri biasanya sudah memiliki karakter berbeda daripada kayu. Misalnya sifatnya yang keras seperti batu.

Tentu saja selain kelima bahan di atas, masih banyak material lain yang bisa diupayakan. Pilih saja bahan yang menurut Anda unik, dan cobalah untuk berkreasi dengan material tersebut.

Bentuk Meja Sebebas Kreativitas Anda

Tips kedua yang kami sarankan untuk bisa membuat meja unik dari kayu adalah mengaplikasikan bentuk produk yang tidak biasa. Seperti apa saja bentuk meja tersebut? Jawabannya sangat beragam. Anda bisa mencoba mengaplikasikan bentuk segi tiga, bentuk menyerupai ice cream, atau bahkan bentuk meliuk-liuk.

bentuk meja unik

Intinya, jangan terpaku pada bentuk meja yang kotak, persegi panjang, atau bundar. Di luar sana, ada berbagai bentuk yang bisa ditiru untuk menghasilkan meja dengan kesan unik. Misalnya saja meja di bawah ini. Dibentuk seperti meja biasa, namun terbuat dari penyatuan yang tak biasa. Hasilnya, keseluruhan bentuk meja pun terlihat unik dan tidak konvensional. Begitu juga meja dengan bentuk boks yang ditumpuk-tumpuk. Meski cara pembuatannya sederhana, tetapi hasil akhirnya akan sangat mengagumkan. Meja tipe boks sendiri cocok untuk desain minimalis dan modern.

Menjadikan Sambungan Kayu sebagai Daya Tarik Produk

Area sambungan merupakan area di mana dua atau lebih komponen meja bertemu. Secara umum, area ini memiliki fungsi membentuk struktur produk secara keseluruhan. Tetapi, saat ini, area sambungan juga bisa dibuat dengan lebih menarik. Misalnya saja dengan desain sambungan yang unik, dan penggunaan kayu dengan warna yang berbeda. Area sambungan pun akan menjadi daya tarik pada meja tersebut.

meja unik dari kayu

Menambahkan Elemen Non Kayu

Beberapa elemen non kayu bisa membantu Anda menghasilkan meja unik dari kayu, misalnya:

  1. Rotan. Kombinasi rotan dengan kayu bisa membuat meja terlihat sangat menarik.
  2. Tali. Lilitan tali pada meja akan memberikan kesan yang tak biasa. Meja terliat lebih organik, etnik, dan berbagai kesan menarik lainnya. Aplikasinya pun tidak sulit sama sekali.
  3. Decoupage. Kerajinan decoupage akan membuat meja Anda terlihat sangat indah. Meja akan terlihat seperti dilukis, baik dengan lukisan bunga, pemandangan, sampai potret seseorang.
  4. Kertas. Beberapa jenis kertas ternyata juga bisa digunakan untuk membuat meja unik dari kayu. Kertas-kertas tersebut direkatkan di beberapa sisi meja. Sehingga tampilan meja yang tadinya biasa menjadi sangat menarik.
  5. Batu. Komponen seperti batu juga bisa diandalkan untuk membuat meja terlihat unik. Apalagi bila Anda hendak membuat meja dengan kesan yang alami.

Aplikasikan Desain yang Tak Biasa

Terakhir, jangan lupa aplikasikan desain yang lain daripada yang lain. Ada sangat banyak style furniture yang bisa dipilih untuk menghasilkan meja unik dari kayu. Di bawah ini hanya contoh saja dari berbagai style furniture yang ada:

  1. Farmhouse
  2. Beach style
  3. Coastal
  4. Vintage
  5. Retro
  6. Antique
  7. Palladian
  8. Kontemporer
  9. Post modern
  10. Art moderne
  11. Dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Kuncinya adalah Crossbond!

Dalam pembuatan berbagai meja unik dari kayu di atas, kami memiliki rekomendasi tersendiri untuk aplikasi adhesivenya. Lem yang kami sarankan untuk pembuatan meja dengan kualitas yang baik adalah lem Crossbond.

Crossbond merupakan lem yang terbuat dari PVAc water based. Lem ini memiliki berbagai kelebihan yang akan memungkinkan Anda bebas berkreasi menghasilkan meja yang menarik. Dibanding adhesive lainnya, Crossbond unggul dalam hal:

  1. Daya rekat lem yang sangat baik
  2. Ketahanan ikatan lem
  3. Resistensi ikatan lem pada panas, kelembaban, dan solvent
  4. Kecepatan kering lem yang sangat baik
  5. Daya sebar yang luas
  6. Tidak menyebabkan lapisan film lem yang tebal
  7. Aman dan ramah lingkungan
  8. Tidak menyebabkan glue line
  9. Harga adhesive yang terjangkau

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Sebagaimana disebut di atas, dengan berbagai keunggulan Crossbond, Anda pasti bisa menghasilkan meja unik dari kayu dengan lebih bebas. Anda bisa berkreasi tanpa takut meja kurang kokoh. Menarik sekali, bukan?

Untuk pemesanannya, Anda hanya perlu menghubungi kontak CS kami di atas. Lakukan pemesanan dengan format nama, produk, jumlah produk, dan alamat pengiriman. Ingin bertanya-tanya informasi Crossbond dulu? Tak masalah. Segala pertanyaan Anda pasti akan dijawab oleh Customer Service Crossbond yang ramah dan profesional.

Nah, sampai di sini informasi mengenai tips membuat meja unik dari kayu. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here