Ternyata Meja Lipat Mudah Dibuat!

0
1037

Dari sekian jenis meja yang ada di pasaran, meja lipat kayu adalah salah satunya. Meja ini memiliki struktur yang sangat unik yang memungkinkannya bisa dilipat. Tertarik membuat meja seperti ini? Atau sekedar ingin tahu berbagai informasi mengenai meja lipat tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa Meja Lipat Kayu?

Meja bisa dibedakan menjadi sangat banyak jenis. Hal ini wajar mengingat produk ini adalah salah satu produk yang paling banyak digunakan manusia. Tak hanya untuk kebutuhan personal, meja juga dipakai untuk kebutuhan profesional. Anda bisa menemukannya digunakan untuk berjualan, dipakai untuk karyawan di kantor, sampai digunakan untuk menghias suatu ruangan.

Di antara berbagai jenis meja tersebut, kita mengenal yang namanya foldable table atau meja lipat. Secara umum, meja seperti ini didesain dengan struktur tersendiri sehingga memungkinkannya untuk bisa dilipat, terutama pada bagian kakinya. Biasanya kaki bisa dilipat sehingga sejajar dengan papan permukaan meja. Tapi pada perkembangan selanjutnya, ada juga meja lipat yang juga bisa dilipat bagian papannya. Bahkan lipatannya pun bisa membentuk wujud tertentu, seperti misalnya bentuk koper dan tas. Untuk apa manusia membuat perabot seperti ini? Tentu saja terkait dengan fungsi yang ingin diwujudkan yang akan dibahas di bawah ini.

Fungsi Meja Lipat Kayu

Beberapa fungsi meja lipat, sampai saat ini adalah:

  • agar tidak memakan banyak space atau ruang
  • agar mudah dipindahkan
CS Lem Kayu

Fungsi-fungsi di atas diwujudkan untuk mendukung fungsi yang lainnya. Hal ini akan makin jelas dengan mengetahui aneka jenis meja lipat yang ada di pasaran.

Jenis-jenis Meja Lipat Kayu

Meja Lipat Kayu untuk Garden Furniture

Garden furniture harus menghadapi berbagai kondisi yang tidak ideal. Misalnya terpapar hujan lebat sampai matahari yang menyengat dengan teriknya. Agar garden furniture tak rusak, kadang kala kita harus menempatkannya di area yang lebih friendly. Nah, memahami kondisi ini, banyak meja taman yang kemudian dibuat dengan struktur yang bisa dilipat. Selain untuk fungsi perlindungan, meja seperti ini juga akan memungkinkan penggunanya menikmati taman di berbagai sisi. Anda bisa menggunakannya untuk di satu sisi taman pada satu waktu, lalu satu taman yang lain di waktu yang berbeda.

Meja Lipat Kayu untuk Makan

meja makan lipat

Meja lipat untuk makan banyak digunakan oleh mereka yang tinggal di rumah yang sempit. Karena kondisi space yang demikian kecil, tentu ruang harus bisa dipakai secara bergantian. Karenanya perabot (termasuk meja makan) yang digunakan pun biasanya harus bisa dilipat. Di Jepang, perabot seperti ini sangat banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, meja makan lipat mulai banyak dipakai masyarakat kota.

Meja Lipat Kayu untuk Anak

Pernahkah Anda melihat beragam meja belajar lipat yang dijual di samping jalan? Meja belajar tersebut pastilah salah satu produk foldable table paling populer di Indonesia. Fungsinya sendiri adalah untuk mendukung kegiatan belajar anak. Karenanya, meja biasanya dibuat menarik agar anak menyukainya dan semakin semangat untuk belajar.

Meja Lipat Kayu untuk Piknik

Meja lipat ini didesain untuk kebutuhan piknik dan karenanya, biasanya dibuat dengan kekhasannya tersendiri. Misalnya, dengan menerapkan warna-warna yang cerah untuk mendukung suasana piknik. Selain itu, bentuknya saat dilipat pun tak jarang membentuk koper dan wujud lainnya yang menarik. Beberapa meja lipat untuk kebutuhan ini kadang juga sudah hadir satu paket dengan kursi. Jadi ketika lipatan dibuka, bukan hanya meja yang bisa digunakan, tapi sekaligus juga kursinya.

Membuat Meja Lipat: Apakah Sulit?

Membuat meja yang bisa dilipat sebetulnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Proses pengerjaan meja yang bisa dilipat pada dasarnya tak berbeda dengan meja lain pada umumnya. Hanya saja, yang membedakan adalah bagian yang diharapkan bisa ditekuk.

Misalnya, sambungan antara kaki meja dengan apron. Pada meja biasa, apron dan kaki disambungkan secara rigid dan kaku. Sedangkan pada meja yang bisa dilipat, sambungan justru dibuat agar strukturnya memiliki kelonggaran. Tujuannya tentu agar bagian meja tersebut memungkinkan untuk ditekuk. Jadi, ketika pada meja biasa, kaki dan apron direkatkan dengan lem dan paku, tidak demikian pada meja lipat. Pada meja ini, digunakan alat-alat khusus seperti mur dan baut.

Tingkat Kesulitan Membuat Foldable Table dari Jenisnya

meja belajar lipat

Sebagaimana disebut di atas, proses pembuatan meja yang bisa dilipat sebetulnya tidak begitu sulit. Apalagi bila struktur meja memang dibuat secara sederhana. Ada setidaknya 2 struktur foldable table yang bisa dibuat dengan teknik yang tidak menyukarkan.

  1. Kaki ditekuk di papan meja. Jenis meja ini biasanya ditemukan di meja belajar anak. Kaki hanya ditekuk di bagian dalam kaki meja. Karenanya, kaki harus terletak di bagian dalam apron (pada meja biasa, kadangkala kaki sejajar dengan apron). Pastikan panjang kaki keseluruhan pada sisi yang sama lebih kecil nilainya dibanding panjang papan meja. Misalnya, sisi panjang meja 70 cm, maka panjang kaki masing-masing cukup 25 cm saja. jadi ketika ditekuk ke dalam, maka hanya memakan space 50 cm.
  2. Meja lipat dengan kaki disilangkan. Jenis meja foldable yang mudah dibuat berikutnya adalah yang strukturnya bisa disilangkan. Pada jenis meja ini, bagian silangan disambungkan dengan mur dan baut. Jadi, bukan hanya bagian apron dan kaki saja yang dipasangi dengan mur serta baut. Jenis ini didesain sedemikian rupa karena dianggap lebih kokoh. Biasanya foldable table dengan struktur tersebut digunakan untuk furniture taman.

Memastikan Meja Lipat agar Kokoh

Meja yang bisa dilipat memiliki keunggulan karena bisa dibawa kemana-mana dan tidak memakan tempat. Akan tetapi, sifat meja yang demikian cenderung membuat bagian lainnya rentan rusak. Sebab meja sering diubah posisinya. Jadi, bagian wood joint meja yang lain harus dipastikan kekuatannya.

Kekuatan sambungan ini hanya bisa diwujudkan dengan 3 cara. Yang pertama, kayunya memang berkualitas, yang kedua, jenis wood joint yang diaplikasikan tepat, dan yang ketiga area sambungan harus dilem atau dipaku dengan bahan dan alat yang tepat. Untuk poin pertama dan kedua, Anda hanya perlu mencari referensi kayu serta tipe sambungan yang tepat. Sedangkan untuk poin ketiga, gunakanlah adhesive yang bagus digunakan.

Bersama paku dan skrup, lem adalah bahan yang berguna untuk menyambungkan komponen meja. Lem harus memiliki daya rekat yang kuat serta ikatannya stabil. Lem yang kami rekomendasikan untuk membuat meja lipat adalah Crossbond X3.

Adhesive Crossbond X3 merupakan PVAc (Polyvinyl Acetate) water based yang didesain dengan inner cross linker. Lem ini sangat kuat, tahan lama, mudah digunakan, dan tidak menyebabkan glue line. Lem ini juga tidak menyebabkan lapisan film tebal serta hemat digunakan. Sebab selain harganya murah, lem Crossbond X3 juga memiliki solid content tinggi dengan viscositas medium.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here