DIY Ide Kerajinan Kayu Bekas yang Mudah Dibuat!

0
2910
mobil-kayu-miniatur

Kayu bekas bisa dibuat apa? Jawabannya, sangat banyak! Contoh-contoh kerajinan kayu bekas di bawah ini pun tak kalah dengan kerajinan serupa dari material baru. Malah dengan penggunaan bahan bekas, produk yang dihasilkan lebih mendukung kelestarian alam. Menarik bukan?

Untung dari pengerjaannya pun bukan sekedar memuaskan hobi. Produk seperti ini bila ditekuni bisa mendatangkan untung sangat besar. Apalagi di era digital seperti ini. Anda bisa memasarkan karya Anda dengan mudah di berbagai online shop seperti bukalapak, tokopedia, olx, sampai forum jual beli kaskus dan FJB. Intinya, ada banyak jalan menuju Roma.

Baca Juga : kerajinan dari kayu yang mudah

Nah, bagi pembaca yang sedang mencari ide inspirasi kerajinan kayu bekas, berikut ini kami tampilkan contoh gambar-gambarnya.

Alat Musik

gitar-kayu-miniatur

Kendaraan

mobil-kayu-miniatur

Candi dan Bangunan

rumah-mini-kayu

Rumah Boneka

rumah-barbie-kayu

Puzzle

puzzle-kayu

Alat Tulis

tempat-pensil-kayu

Alat Makan

alat-makan-dari-kayu

Tips agar Kerajinan Kayu Bekas Berkualitas

Selain memilih ide kreatif untuk diaplikasikan, Anda juga harus memperhatikan kualitas teknis produk terkait. Jangan sampai, Anda memiliki ide yang bagus namun tidak bisa direalisasikan karena pengetahuan yang kurang terkait teknik pembuatannya.

Baca Juga : cara membuat kerajinan dari stik es krim yang mudah

Setidaknya, hal-hal di bawah ini harus Anda perhatikan. Kami juga merekomendasikan bahan-bahan yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya kecantikan kerajinan kayu bekas Anda:

    1. Aplikasi lem berkualitas. Pilih lem yang memiliki daya rekat kuat namun jangan yang hanya berdaya rekat kuat. Perhatikan juga faktor lainnya seperti bau lem dan keamanannya saat digunakan. Anda juga harus jeli agar tidak menggunakan lem yang bisa menimbulkan glue line. Glue line atau garis lem akan menyebabkan kerajinan Anda berkurang estetikanya. Produk lem yang kami rekomendasikan untuk keperluan ini adalah Crossbond.

 

    1. Pilih cat yang bagus dan water based. Pilih warna-warna cat yang menarik. Tapi di luar itu, kami juga menyarankan penggunaan cat water based. Cat water based adalah cat yang menggunakan pelarut air dan sangat aman digunakan. Dengan cat seperti ini, produk Anda memiliki nilai lebih dibanding kerajinan kayu sejenis. Bahkan akan dianggap lebih “green” dan ramah lingkungan. Produk cat water based sendiri sudah lumayan banyak di Indonesia. Misalnya cat BioColours.

 

    1. Gunakan bahan-bahan tambahan seperti renda, manik-manik, dan berbagai bahan lainnya agar keindahan produk makin menawan.

 

    1. Kemas produk dengan cantik. Ingat, orang membeli produk Anda karena keindahannya, jadi maksimalkanlah aspek ini.

 

  1. Gunakan silica gel dalam kemasan. Silica gel adalah penyerap kelembaban yang akan membuat kondisi kemasan selalu kering. Sehingga produk Anda tak akan mudah diserang hama seperti jamur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here