Jangan Samakan Semua Merk Lem Putih!

0
2026
produk hpl

Istilah lem putih begitu sering digunakan. Berbagai merk atau brand adhesive pun mengklaim memanfaatkan formulasi lem putih pada aneka produknya. Padahal, antar berbagai merk lem putih tersebut tak bisa disamakan. Ayo, simak tips-tips di bawah ini untuk mendapatkan lem yang tepat pada tiap kebutuhan Anda!

Ada berbagai jenis lem di pasaran. Kita mengenal nama-nama seperti lem epoxy, lem urea formaldehida, lem tembak, lem cyanocaryte, dan masih banyak nama lagi yang tak dapat disebut satu-per satu. Meski demikian, di antara berbagai nama tersebut, nama lem putih masih begitu mendominasi.

Apa itu Lem Putih?

Bahasan lem putih sebenarnya sudah sering diuraikan di lemkayu.net. Secara umum apa itu lem putih? Lem ini merujuk pada lem dengan bahan dasar polyvinyl acetate. Lem ini bisa dikaitkan dengan lem untuk merekatkan kertas, lem untuk merekatkan karton, lem kayu, lem bambu, hingga lem untuk kerajinan seperti tas pandan.

Aneka rupa pemanfaatan lem putih ini menunjukkan bahwa formulasi lem tersebut sangat bervariasi. Kita tak bisa menyamakan satu jenis atau merk lem putih dengan lem lainnya hanya karena kesamaan dalam formulasi dasar PVAc.

Seperti Apakah Lem Putih yang Sebaiknya Dipilih?

Lem yang kami rekomendasikan di lemkayu.net adalah lem Crossbond dan Eva Phaethon. Crossbond sendiri terbagi atas varian Crossbond X3 dan Crossbond X4. Ketiga adhesive ini bisa dibedakan untuk memenuhi kebutuhan:

Crossbond X3 untuk Rangka

lem putih crossbond x3

Crossbond X3 bisa Anda gunakan untuk pengeleman aneka rangka produk mulai dari rangka bangunan hingga rangka furniture. Pasalnya, lem ini memang didesain untuk perekatan berbagai sambungan kayu yang merupakan komponen esensial dalam pembentukan rangka.

Crossbond X4 untuk Laminasi

Crossbond X4 dapat Anda gunakan untuk berbagai perekatan laminasi mulai dari yang ringan hingga yang heavy duty. Anda bisa memanfaatkan merk lem putih ini saat membuat tripleks, plywood, wood paneling dinding, pemasangan decking dan parquet, hingga pemasangan veneer.

Eva Phaethon untuk HPL

High Pressure Laminate merupakan pelapis tanpa pori yang dalam penggunaannya tak bisa sembarang ditempelkan. Perlu lem khusus untuk merekatkan media seperti ini. Eva Phaethon adalah jawaban yang kami sarankan untuk Anda. Eva Phaethon secara khusus dibuat untuk perekatan media dengan karakter berbeda bahkan sangat berlawanan.

hpl

Nah, dengan memilih lem yang tepat sesuai kebutuhan, hasil pengeleman Anda pasti akan lebih baik. Jangan salah. Selama ini, banyak woodworker atau pekerja di industri pengolahan kayu yang salah memilih jenis lem. Ketepatan pemilihan adhesive kurang diperhatikan utamanya di industri kecil menengah. Padahal, dengan lem yang lebih baik, maka produk yang dihasilkan pasti juga akan lebih baik. Budget pun bisa dihemat bila kita bisa mendapatkan lem yang tepat. Kita tak perlu menghamburkan uang untuk feature lem yang tak diperlukan.

Dapatkan Merk Lem Putih Crossbond dan Phaethon di Lemkayu.net

Untuk mendapatkan berbagai adhesive yang kami sarankan di atas, segera hubungi via kontak yang disediakan. Anda bisa melakukan pemesanan secara online dan mendapatkan informasi penting lainnya dari CS kami yang profesional. Pembelian langsung pun sangat bisa dilakukan via agen kami yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Lantas bagaimana dengan marketplace? Baik merk lem putih Crossbond maupun Phaethon bisa Anda beli di tokopedia hingga bukalapak. Pilih saja item yang Anda inginkan dan segera nikmati feature unggulan lem-lem terbaik kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here