Jangan Sembarangan Memilih “Lem Kayu Berkualitas”!

0
776

Kesalahan kita saat menentukan bagus tidaknya suatu produk, termasuk untuk menentukan apakah sebuah produk adhesive merupakan “lem kayu berkualitas” atau tidak adalah menggunakan indikator objektif untuk sesuatu yang sifatnya subjektif. Tentu kita bisa mengatakan sebuah lem bagus karena daya rekatnya yang baik atau kandungannya yang aman serta ramah lingkungan. Tapi proses perekatan bukanlah proses sederhana.

Pengeleman adalah proses yang memerlukan pemahaman intradisipliner.
Pengeleman adalah proses yang memerlukan pemahaman intradisipliner.

Banyak sekali hal yang saat ini masih belum dipahami. Sebab, pemahaman mengenai proses tersebut adalah pemahaman intradisipliner dengan syarat terpenuhinya pengetahuan mengenai kimia lem, fisiologi kayu, hingga reologi zat, dan masih banyak lagi. Atau dengan kata lain, produk lem kayu berkualitas belum tentu menunjukkan fungsi sama pada berbagai kondisi.

Satu hal yang paling mudah dimengerti adalah masalah perbedaan kebutuhan perekatan. Sebagai contoh bila Anda ingin merekatkan lembaran papan kayu, tentu Anda akan menghadapi masalah berbeda dibanding orang lain yang ingin merekatkan konstruksi mebel. Perekatan lembaran kayu memerlukan daya sebar luas dan ketiadaan lapisan lem. Sedangkan perekatan konstruksi mebel tidak terlalu mengutamakan faktor daya sebar tersebut.

Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk keberhasilan proses perekatan kayu dengan kebutuhan apapun, adalah memahami keperluan Anda sendiri beserta media yang akan dilem. Anda tidak bisa sembarangan mencari produk adhesive dengan keterangan “berkualitas” tanpa tahu alasan di balik penyematan istilah tersebut.

CS Lem Kayu

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mungkin dapat membantu Anda menentukan jenis adhesive yang sesuai kebutuhan.

  1. Apa produk yang ingin Anda rekatkan? Apakah dari jenis kayu yang sama? Jenis kayu yang berbeda? Atau malah antara kayu dan non kayu?
  2. Apa tujuan Anda merekatkan? Apakah sekedar untuk menguatkan produk, mempertebal lapisan, atau membentuk struktur tertentu?
  3. Tantangan apa yang sekiranya dihadapi produk tersebut? Misal, apakah nantinya produk itu akan digunakan untuk keperluan yang bersentuhan dengan air, panas, beban berat, atau solvent?
  4. Apakah Anda memerlukan produk yang aman dan ramah lingkungan? Misal, apakah Anda ingin menjual produk itu ke pasar Eropa dengan label “green”?
  5. Bagaimana teknik aplikasi yang Anda butuhkan?
  6. Berapa biaya yang bisa Anda keluarkan?

.

Keenam pertanyaan di atas, hanya contoh saja untuk membuat Anda lebih spesifik mencari produk lem kayu berkualitas yang tepat. Untuk pertanyaan selanjutnya harus Anda susun sendiri berdasarkan kebutuhan. Barulah setelah itu, Anda mencari produk sesuai kriteria yang Anda susun berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu.

Anda juga bisa menghubungi kami untuk informasi produk adhesive kayu maupun adhesive umum yang bisa digunakan untuk kertas, bambu, hingga serat alam seperti enceng gondok, rotan, mendong, dan seagrass. Silahkan Customer Service kami di info(at)bioindustries.co.id, telp +6227-438-8301, atau SMS serta WA di +6287-839-346-433.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here