Ini Alasannya Tidak Boleh Sembarangan Membeli Lem Buat HPL!

0
1321
kabinet hpl

Tiap perekatan punya spesifitas yang berbeda-beda. Apalagi perekatan yang kompleks seperti pengeleman HPL. Lem yang digunakan harus benar-benar khusus. Sembarangan membeli lem buat HPL bisa menyebabkan kerugian luar biasa besar. Ini dia alasannya.

Perekatan adalah Proses Kompleks

Perekatan adalah sebuah proses kimia-fisika yang kompleks. Meski sepertinya sederhana, namun pengikatan lem sebagai adhesive pada adheren yang direkatkannya terjadi secara molekuler bahkan pada level atomik. Kecocokan adhesive sangat diperhitungkan di sini. Di pasaran sendiri, tersedia beragam adhesive dengan aneka merk hingga bahan dasar. Anda harus bisa memilih bahan dasar yang cocok dan merk yang berkualitas.

hpl

Perekatan HPL Melibatkan Dua Media Beda Karakter

Kalau perekatan adalah hal yang kompleks, maka perekatan HPL bisa dikatakan sebagai salah satu proses paling kompleks di antara tipe perekatan lainnya. Apa pasal? Sebab, beda dengan perekatan kayu dan kayu, atau bambu dengan bambu, perekatan HPL melibatkan dua media dengan karakter berbeda bahkan sangat berlawanan.
HPL yang memiliki porositas rendah biasanya direkatkan pada kayu olahan dengan porositas tinggi. Sudah barang tentu tak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Hanya lem buat HPL yang spesifik seperti Eva Phaethon yang bisa diandalkan. Selebihnya, Anda sebaiknya menghindarinya kalau tak mau rugi.

HPL Sering Digunakan untuk Kebutuhan Sangat Beragam

HPL sebagai pelapis mdf, particle board, hingga hdf sering diaplikasikan untuk indoor maupun outdoor. Produk ber-HPL juga sangat beragam mulai dari pintu, meja, kursi, kabinet, cladding eksterior, hingga lantai. Karena itu, lem yang dipilih sebaiknya tahan terhadap berbagai faktor. Bila memungkinkan, lem sebaiknya dipilih yang aman digunakan sehingga ketika diaplikasikan untuk kabinet, produk yang dihasilkan pun terhindar dari kandungan toksik.

kabinet hpl

Meski hanya 3 alasan, namun 3 alasan di atas cukup untuk memastikan bahwa lem yang digunakan untuk HPL harus benar-benar khusus. Sekali lagi, ingatlah bahwa tak semua lem memiliki feature yang sama. Lem buat HPL harus dipilih yang sesuai karakter perekatan HPL itu sendiri dan untuk apa HPL digunakan.
Semoga bermanfaat! Nantikan tips seputar HPL lainnya di lemkayu.net.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here