Ternyata, Ini Lem Bagus untuk Kayu HPL!

0
216
Lem Bagus untuk Kayu HPL

Apa ya lem bagus untuk kayu HPL? Penggunaan HPL saat ini telah marak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya dalam pembuatan office furniture atau mebel kantor.

Ya, pada banyak kesempatan, kita akan sering mendapati furniture kantor yang dibuat dengan pelapisan High Pressure Laminate. Furniture tersebut bisa berupa meja kantor, rak, almari, sampai beberapa bangku.

Penggunaan HPL pada office furniture bukan tanpa alasan. HPL dinilai cocok karena:

  1. Memiliki tampilan solid opaque color seperti biru, oranye, dan lainnya yang cocok untuk membangun suasana khas kantoran
  2. Memiliki motif beragam
  3. Bisa dikombinasikan dengan kayu olahan yang lebih ekonomis
  4. Pilihan harga beragam
  5. Produk lebih ringan dan praktis digunakan

Selain pada office furniture, mebel berpelapis HPL juga mulai sering digunakan di kafe, restaurant, mall, hingga rumah-rumah. Pada pembuatan elemen bangunan pun, pelapis ini sering dipakai untuk dinding hingga lantai.

CS Lem Kayu

Bisa dikatakan, HPL adalah pelapis yang populer di kalangan pengelola produk kayu. Namun, penggunaan HPL bukan tanpa kekurangan. Pelapis dekoratif yang dibuat dalam kondisi bertekanan tinggi itu kadang juga membutuhkan aplikasi khusus. Apalagi terkait dengan lemnya.

Lem Bagus untuk Kayu HPL

Sangat Butuh Lem Bagus untuk HPL

Kenapa masalah adhesive demikian penting untuk penggunaan HPL? Sebab, pada banyak kesempatan, High Pressure Laminate digunakan untuk melapisi kayu olahan. Engineered wood sebagaimana yang kita tahu adalah kayu yang dibuat dari kayu solid. Ada kayu olahan yang dibuat dari serpih kayu sampai dari partikel yang lebih kecil.

Kayu olahan memang murah. Namun, kayu ini (kecuali tripleks) tidak lagi memiliki pola serat kayu. Ketika kita mengecatnya dengan cat transparan, hasilnya akan jelek sebab substrat engineered wood yang terdiri dari partikel yang disatukan justru terlihat kurang indah. Di sisi lain, penggunaan cat opaque pun pasti akan sangat boros.

Engineered wood memiliki porositas sangat tinggi. Bayangkan berapa banyak dempul dan cat yang akan habis untuk finishing produk seperti ini!

Aneka warna HPL

Oleh sebab itulah, maka HPL menjadi pelapis terbaik untuk material engineered wood. Namun sebagaimana disebut di atas, masalah lem biasanya menjadi persoalan tersendiri. Pasalnya, HPL dan kayu olahan memiliki sifat bertolak belakang. HPL memiliki porositas sangat rendah, sedangkan engieneered wood tidak.

Lantas, lem apa yang sebaiknya digunakan? Adakah lem bagus untuk kayu High Pressure Laminate?

Faktor-faktor Penting Saat Memilih Lem Bagus untuk Kayu HPL

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat membeli lem High Pressure Laminate di pasaran. Lima faktor di antaranya adalah:

  1. Aspek kecocokan. Apakah Anda pernah terbersit menggunakan lem kayu ada HPL? Bila iya, Anda speertinya harus mengenyahkan andaian itu. Sebab, lem kayu sama sekali tak cocok untuk HPL. Lem yang cocok untuk perekatan HPL idealnya bisa digunakan untuk mengelem media beda karakter.
  2. Aspek daya rekat dan stabilitas. Lem idealnya juga memiliki daya rekat yang kuat dan juga stabil. Sering kami mendapati furniture dengan pelapis HPL yang mengelupas. Hal seperti ini tentu memalukan. Jadi agar produk Anda tak memiliki problem serupa, gunakanlah lem yang kuat dan ikatannya tidak mudah rusak.
  3. Tidak menggunakan zat toksik. Lem ini bebas kandungan toksik yang membahayakan seperti timbal. Lem bagus untuk kayu HPL idealnya jelas hanya menggunakan formula yang sangat aman.
  4. Hemat. Produk lem untuk High Pressure yang baik juga seharusnya merupakan produk yang sangat hemat. Dengan demikian, penggunaannya untuk kebutuhan industri tidak akan terasa memberatkan.
  5. Hasilnya secara estetika bagus. Hindari lem yang aplikasinya cenderung merusak keindahan produk. Gunakan lem yang tidak tebal, tidak menyebabkan glue line, dan juga tidak mengandung aroma menyengat yang bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Lem Eva Phaethon adalah Jawabannya!

Meski di atas sudah disebutka aspek ideal pada lem High Pressure Laminate yang bagus, tapi pasti masih banyak yang bingung. Nah, daripada Anda pusing, Anda langsung saja menggunakan lem bagus untuk kayu HPL yang kami sediakan, Eva Phaethon.

lem eva phaethon

Eva Phaethon telah teruji sangat cocok digunakan untuk pelapis sintetis ini. Lem serbaguna ini dapat menyatukan media beda karakter seekstrim MDF dan kayu olahan lain yang mudah menyerap air dan HPL yang tidak menyerap air.

Selain itu, lem ini pun jua memiliki keunggulan-keunggulan lainnya seperti sifatnya yang sangat rekat, taha lama, hemat, lebih aman, dan juga lebih praktis digunakan. Sangat menarik, bukan? Tapi bagaimana ya dengan cara penggunaannya?

Cara Menggunakan Lem Eva Phaethon

Untuk pemasangan High Pressure Laminate, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut (dengan lem bagus untuk kayu HPL, Eva Phaethon).

  1. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan mulai dari kain lap, air pembersih, kuas, wadah lem.
  2. Pilih tempat yang tidak lembab untuk proses perekatan yang baik dan cepat kering.
  3. Siapkan lem, lalu siapkan juga HPL. Potong melebihi ukuran media.
  4. Oleskan Eva Phaethon di permukaan media (permukaan HPL tak perlu dilapisi)
  5. Secara perlahan, rekatkan High Pressure Laminate ke media
  6. Ratakan. Tunggu hingga ikatan lem lebih stabil.
  7. Potong HPL yang tersisa. Kemudian, silahkan lanjutkan pekerjaan Anda pada sisi yang lainnya

Segera Beli Lem Bagus untuk Kayu HPL Ini!

Tidak sabar membeli lem Eva Phaethon? Yuk segera beli dengan mengunjungi kami di:

  1. Bio Service Point di Yogya beralamatkan di Jalan Sidikan no 94 Sorosutan, Yogyakarta
  2. Bio Service Point di Jepara beralamatkan di Jalan Raya Kudus Km. 9A Ngabul, Tahunan, Jepara
  3. Alamat Bio Service Point Cirebon beralamatkan di Jalan Escot No.42 RT.014, RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jateng

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara online. Anda hanya perlu memesan ke Customer Service kami sekarang juga. Bagaimana dengan membeli di online shop? Tentu pilihan tersebut juga memungkinkan karena sekarang, produk kami telah banyak dijual di berbagai toko daring.

Nah, kiranya itulah yang bisa kami sampaikan. Bila diringkas, ada beberapa poin penting yang perlu digaris-bawahi:

  1. HPL adalah pelapis sintetis yang serba guna. Produk ini banyak dipakai untuk pembuatan mebel kantor hingga elemen bangunan seperti lantai dan juga pintu.
  2. Pelapis ini sering dipakai untuk produk dengan material dasar kayu olahan seperti MDF
  3. Perekatan High Pressure Laminate pada kayu olahan membuahkan suatu tantangan tersendiri. Sebab keduanya memiliki karakter berlainan.
  4. Selain memilih adhesive yang baik, kita juga perlu memperhatikan aspek lainnya seperti daya rekat, ketahanan, cara pakai hingga harganya.
  5. Sampai saat ini, lem bagus untuk kayu HPL yang belum ada tandingannya adalah Eva Phaethon.

Semoga informasi ini memberikan manfaa untuk Anda ya?

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here