Lem untuk Kayu Cendana Tak Boleh Bau!

0
1190
kayu cendana

kayu cendana

Disebut sebagai salah satu kayu termahal di dunia, cendana atau sandalwood nyatanya memang memiliki keunikan yang tak dimiliki kayu lain. Keunikan tersebut terletak pada wangi cendana yang kuat.

Aroma ini dinilai masyarakat sebagai hal yang sangat berharga sejak zaman dulu kala. Bila di era modern ini, cendana banyak diekstrak untuk pembuatan minyak aromatik, dulu wangi cendana digunakan dalam ritual keagamaan. Misalnya dalam pembuatan dupa dan patung para dewa. Hingga saat ini pun, fungsi cendana yang demikian masih berlaku di banyak negara termasuk Indonesia. Misalnya di Bali dalam komunitas masyarakat Hindu.

Di luar itu, cendana juga mulai sering digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai macam craft, mebel, pegangan payung, dan berbagai benda lainnya. Namun tentu saja biasanya aplikasi kayu ini dikhususkan untuk produk-produk berkategori mewah. Hal ini sangat wajar mengingat harga cendana pun begitu tinggi di pasaran.

Lem untuk Kayu Cendana yang Bagus

CS Lem Kayu

Karena digunakan dalam pembuatan benda-benda mewah, jelas proses pengolahan kayu ini harus dilakukan hati-hati. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan adalah bau cendana.

Sebagaimana disebut di atas, salah satu keunggulan atau keunikan sandalwood dibanding kayu lainnya adalah aroma kuat yang dimilikinya. Bau ini pun pasti diharapkan hadir pada berbagai benda cendana baik itu craft maupun furniture. Padahal, dalam proses pengolahannya, aroma kayu ini bisa saja rusak.  Ada dua sumber dalam proses pengolahan yang harus Anda waspadai.

Yang pertama adalah cat. Banyak cat yang menggunakan pelarut solvent dengan bau sangat menyengat. Sebaiknya hindarilah cat solvent based dan mulai gunakan cat water based atau cat dengan pelarut air.

Sumber kedua yang tak kalah penting adalah lem yang diaplikasikan pada berbagai produk cendana tersebut. Waspadalah. Meski jarang diperhatikan sebagai sumber bau, nyatanya beberapa lem memang memiliki aroma kuat tidak enak yang pasti akan membuat produk cendana kehilangan daya tariknya. Dengan demikian, pemilihan lem untuk kayu cendana pun harus hati-hati dalam menyeleksi aspek ini.

Pilihlah lem yang selain kuat, juga tidak menyebabkan bau tak enak. Lem tersebut adalah Crossbond™. Terbuat dari bahan resin alifatik dan PVAc, Crossbond™ unggul karena standarnya yang sangat aman. Aplikasi lem ini akan membuat produk cendana Anda terlem dengan baik tanpa adanya gangguan bau.

Kelebihan Crossbond™:

  1. Daya rekat kuat
  2. Harga terjangkau
  3. Tidak bau
  4. Sangat aman bahkan food grade
  5. Tahan lama
  6. Cepat kering
CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here