Keuntungan Ekstra Menggunakan Lem Kayu Aman

0
1036
Lem Kayu Aman

Usahakanlah untuk selalu menggunakan lem kayu aman. Bukan hanya faktor kesehatan saja yang akan mendapat poin plus. Kerja Anda juga akan lebih efisien dengan keamanan lem yang baik.

Sebagai bahan yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dampak lem pada kesehatan tak bisa disepelekan. Perhatikan saja berbagai produk di sekitar Anda. Berbagai jenis mebel, craft, hingga beberapa bagian konstruksi rumah seringkali dibuat dengan memanfaatkan lem. Material ini memang tidak begitu populer dan dimengerti dampaknya oleh orang awam. Tetapi setidaknya, para woodworker memahami betul bagaimana lem memiliki dampak signifikan pada kehidupan manusia.

Dampak ini, sekali lagi bukan hanya pada kualitas produk saja. Jelas, kualitas lem dapat menyokong kualitas sebuah produk. Namun lem juga akan mempengaruhi kesehatan kita. Aspek ini sangat penting apalagi pada kenyataannya banyak lem yang dijual di pasaran masih mengandung za-zat berbahaya.

CS Lem Kayu

Lem Kayu Aman

Solvent adalah contohnya. Situs resmi Health and Safety Executive milik pemerintah Inggris, menyebut solvent sebagai salah satu penyebab gangguan ginjal, gangguan hati, dermatitis, dan kerusakan sistem syaraf pusat. Sumber paparan solvent sendiri antara lain berasal dari adhesive. Selain itu, ada pula IsocyanateIso yang dapat menyebabkan dermatitis.

Menghindari berbagai masalah tersebut dengan memilih lem kayu aman adalah solusi satu-satunya yang bisa diandalkan. Jangan khawatir. Pemilihan lem yang aman bukanlah topik yang hanya bisa dimengerti oleh orang-orang tertentu saja. Berikut ini tips dari kami untuk mendapatkan adhesive yang aman tersebut:

  1. Pilih lem PVA dan turunannya
  2. Hindari lem berbasis solvent. Lem seperti ini menggunakan pelarut organik (minyak) dan biasanya sangat menyengat saat dicium.
  3. Cek label, perhatikan apakah ada keterangan bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan.
  4. Ketahui standar keamanan yang diikuti manufaktur terkait. Meski sama-sama lem PVA pun, belum tentu tingkat keamanannya sama. Contohnya Crossbond. Dengan tingkat keamanan food grade berdasar standar Food and Drug Administration Amerika Serikat, lem ini merupakan adhesive paling bisa diandalkan untuk masalah keamanannya.

Dengan langkah-langkah yang sangat sederhana di atas, Anda akan menikmati produk berkualitas yang aman dan ramah lingkungan. Keuntungan yang bisa Anda nikmati pun bukan hanya itu.

Tahukah Anda, dengan resiko kesehatan yang cukup tinggi, Anda harus melakukan langkah-langkah tambahan saat mengaplikasikan lem yang tidak aman?

Tidak Efisien Bila Tidak Menggunakan Lem Kayu Aman

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan bila masih berkutat dengan lem yang mengandung zat beracun.

Lem Kayu Aman

  1. Harus bekerja di ruang dengan sistem ventilasi terbuka.
  2. Harus sangat hati-hati mencium bau lem yang memang mengandung racun
  3. Harus hati-hati saat menyentuh lem
  4. Melakukan cek kesehatan secara berkala untuk menghindari sakit yang berpotensi muncul

Bayangkan bila Anda memanfaatkan lem kayu aman seperti Crossbond yang dicontohkan di atas. Tak perlu Anda super khawatir hanya untuk melakukan pengeleman saja.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here