Bagaimana Cara Menempel Kayu ke Dinding? Ini Dia Tutorialnya

1
22788
menempel kayu ke dinding

Salah satu tahapan membuat dinding kayu adalah menempelkan kayu pada dinding semen yang sudah ada. Dengan cara ini, dinding kuat selayaknya dinding semen biasa, tapi memiliki keindahan ala dinding kayu. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menempel kayu ke dinding? Bahkan, bisakah kita menempelkan kayu ke dinding?

dinding kayu bagus

Jawabannya sebenarnya bisa saja. Namun harus digunakan perekat yang tepat. Lem yang dipakai harus bisa merekatkan substrat kayu dengan dinding. Harus diakui, lem seperti ini memang tidak banyak. Hanya sedikit adhesive di pasaran yang kualitasnya cukup baik untuk melakukannya. Salah satunya adalah Crossbond X4. Produk ini dibuat dari bahan dasar PVAc waterproof yang kuat dan cocok untuk material dinding serta kayu. Nah, setelah Anda menyediakan lem yang tepat, simak tutorial di bawah ini.

Langkah-langkah Cara Menempel Kayu ke Dinding

1. Ukur ruangan dan ukur komponen dinding kayu yang akan direkatkan.
2. Siapkan dulu dinding yang akan ditempeli. Pastikan dinding bersih dari kotoran. Kami juga menyarankan untuk menghilangkan atau setidaknya menipiskan lapisan catnya dulu. Adanya lapisan cat ditakutkan bisa membuat lem hanya bekerja pada lapisan cat itu saja serta kayunya. Sehingga perekatannya menjadi kurang kuat. Jadi bila dinding Anda sudah tercat, kami sarankan mengamplasnya dulu agar terhapus. Apalagi ketika cat dan lem yang digunakan ternyata tidak cocok satu sama lain.
3. Ambil paku dan benda-benda yang masih ada di dinding.
4. Dengan alat tulis dan penggaris, buat pola besar di dinding untuk menempelkan komponen dinding. Misalnya garis bagian tengah atau garis seperempat dinding.
5. Oleskan lem Crossbond X4 pada komponen dinding kayu dan rekatkan. Lanjutkan hingga semua bagian dinding tertempel kayu.
6. Selesai! Tunggu hingga kering ya.

menempel kayu ke dinding

Demikian cara menempel kayu ke dinding. Langkah di atas sama sekali tidak sulit. Namun ingatlah bahwa selain ketepatan mengikuti langkah-langkah di atas, lem yang tepat harus disediakan. Jangan sembarangan membeli adhesive karena memang tidak semua adhesive bisa digunakan untuk merekatkan kayu serta dinding.

Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here