Wujudkan Dinding Kayu Unik dengan Warna Patina dan Lem Crossbond X4

0
1187
dinding patina grey 2

Kata siapa memasang dinding kayu di rumah adalah hal yang sulit dilakukan? Berbekal aplikasi finishing patina dan penggunaan Crossbond X4, Anda pasti bisa menciptakan dinding kayu unik di rumah.

Mengapa Dinding Kayu Unik?

Mengapa dinding kayu unik? Jelas jawabannya karena dinding yang biasa itu “kurang menarik” atau sudah terlalu banyak digunakan. Pemakaian kayu sendiri bisa dibilang cukup membuat ruangan Anda terlihat berbeda. Jarang sekali rumah di Indonesia yang memiliki tembok seperti ini. Padahal, sebenarnya aplikasi dinding kayu bisa dilakukan dengan cukup murah dan mudah. Aplikasinya pun tak melulu harus dilakukan pada semua sisi dinding. Cukup di salah satu sisi tembok saja sudah dapat memberikan perbedaan di rumah Anda.

Nah, agar dinding tembok tersebut terlihat makin menarik, kita bisa menerapkan finishing teroksidasi seperti patina. Warna-warna patina akan membuat rumah Anda terlihat lebih memikat dibanding bila Anda menerapkan finishing yang biasa saja. Patina sendiri sebagaimana namanya merujuk pada semua aksen yang menampakkan tanda-tanda pelapukan, baik itu pelapukan karena jamur, pelapukan karena logam, ataupun pelapukan karena sinar matahari.

CS Lem Kayu

Pada artikel ini kami akan mengajak Anda membahas cara mewujudkan dinding kayu unik dengan finishing patina terpapar sinar matahari. Perhatikan perlengkapan dan langkah-langkah yang diberikan. Anda akan menyadari bahwa ternyata pemasangan dinding kayu seperti ini bukanlah hal yang susah untuk kita wujudkan.

Cara Membuat Dinding Kayu Unik dengan Warna Patina dan Crossbond X4

Alat dan Bahan

Ada dua “set” alat dan bahan yang dibutuhkan. Untuk memasang potongan kayu pada dinding dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut:

  1. Lem kayu Crossbond X4. Lem ini adalah PVAc water based untuk perekatan laminasi
  2. Bor, paku, dan pukul
  3. Meteran dan alat tulis
  4. Proyektor (opsional)
  5. Amplas
  6. Gergaji
  7. Selotip

lem untuk dinding kayu

Sedangkan untuk melakukan finishing patina supaya terwujud dinding kayu unik, dibutuhkan:

  1. BioColours Primer White
  2. BioVarnish Black
  3. Cat Orchid Pearl
  4. Air suling
  5. BioColours Top Coat Matte atau Death Matte
  6. Kuas atau spraying gun
  7. Amplas no 400
  8. Wadah dan berbagai perlengkapan tambahan lainnya

Langkah-langkah Memasang Dinding Kayu Unik dengan Crossbond X4

  1. Siapkan semua potongan kayu yang Anda miliki.
  2. Potong dengan rapi, dan pastikan semuanya bersih dan kering
  3. Siapkan ruangan di mana potongan kayu akan ditempelkan. Keluarkan perabot di dalamnya, dan pastikan ventilasi terbuka dan berfungsi dengan baik.
  4. Tutup bagian steker. Potong kayu secara khusus untuk area sekitar steker.
  5. Ukur luas dinding secara keseluruhan.
  6. Selanjutnya, bandingkan dengan ukuran potongan kayu. Tentukan berapa banyak potongan kayu yang dibutuhkan. Apabila ada sisa yang tidak tercover, buat potongan kayu khusus untuk area yang tak tercover tersebut.
  7. Buat garis-garis di dinding untuk menerapkan potongan kayu. Anda bisa memanfaatkan pensil dan meteran. Bila ada, gunakan juga proyektor. Proyektor bisa membantu Anda membuat garis-garis yang tepat dari proyeksi garis dari alat itu. Pastikan kayu tertempel dengan pola menarik. Misalnya seperti pola pada batu-bata.
  8. Siapkan Crossbond X4. Oleskan Crossbond X4 pada bagian dinding dengan jumlah yang cukup. Selanjutnya, tempelkan potongan kayu pada tembok menurut garis-garis yang sudah dibuat.
  9. Lakukan satu per satu dan perlahan-lahan.
  10. Tak perlu terburu-buru. Pastikan saja, potongan kayu ditempelkan dengan tepat dan benar.
  11. Siapkan bor, paku, hingga pemukul paku.
  12. Lakukan pemakuan di beberapa titik potongan kayu (panel atau pallet). Misalnya di bagian pinggir atas tiap pallet.
  13. Selesai! Kini Anda memiliki ruangan yang semua atau sebagian temboknya sudah terlapisi dengan bagian kayu. Kini saatnya menerapkan finishing patina pada dinding kayu tersebut.

Langkah-langkah Mengecat Potongan Kayu dengan Finishing Patina

Pastikan bahwa lem sudah benar-benar kering sebelum langkah ini dilakukan. Bila sudah kering, ikutilah:

  1. Pertama-tama, siapkan BioColours Primer White dengan Orchid Pearl serta pelarutnya (air). Perbandingan pencampurannya adalah 3 primer : 1 cat Orchid : dan 8 air. Kemudian aduk campuran ini hingga benar-benar merata.
  2. Semprotkan campuran ke seluruh permukaan kayu hingga hasilnya rata. Tunggu permukaan finishing mengering kurang lebih sekitar 60 menit. Selanjutnya, lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 400 agar hasilnya halus. (Apabila Anda tak memiliki spraying gun, gunakan kuas sebagai penggantinya).
  3. Berikutnya, aplikasikan BioColours Wood Stain Black. Campurkan dulu cat ini dengan air menggunakan formulasi perbandingan 1 bahan : 5 air.
  4. Semprotkan BioColours Wood Stain Black hingga rata pada permukaan kayu dan tunggu kering sampai kurang lebih sekitar 60 menit.
  5. Amplas dengan kertas amplas no 400 secara ambang saja agar permukaan kayu halus.
  6. Langkah terakhir, gunakan top coat dengan shane level Matte, BioColours Top Coat Matte.
  7. Campurkan clear coat ini dengan air menggunakan rumus perbandingan 1 bahan : 1 air dan campurkan hingga rata.
  8. Semprotkan BioColours Top Coat Matte ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar semalaman atau 12 jam.

Tips Penting Wujudkan Dinding Kayu Unik!

  1. Di atas, kami secara spesifik merekomendasikan alat dan bahan yang dibutuhkan. Kami merekomendasikan berbagai produk di atas (seperti cat dan lem) yang sudah diketahui kualitasnya baik. Apabila Anda menggunakan produk lainnya, kami tidak menjamin langkah-langkah di atas cocok diterapkan.
  2. Baik Crossbond, BioColours, maupun BioVarnish adalah produk berbasis air atau water based. Jangan mengganti salah satu bahan di atas dengan solvent based product. Misalnya, Anda tetap menggunakan Crossbond tapi memakai top coat solvent based. Produk water based dengan solvent based tidak bisa dicampur, jadi sebaiknya hindari hal-hal seperti ini.
  3. Warna patina yang bisa dipilih sangat beragam. Jadi mengenai warnanya, pilihlah warna yang sekiranya cocok menurut selera Anda.
  4. Jangan menggunakan top coat dengan shine level tinggi. Kami sangat merekomendasikan top coat tingkat kilau matte. Tingkat kilau death matte masih bisa dipilih, tapi hindari clear coat dengan tingkat kilau lebih tinggi apalagi semi gloss dan glossy.
  5. Jangan lupa gunakan alat-alat pengaman ketika Anda hendak mengerjakan proyek ini.

Mudah bukan cara mewujudkan dinding kayu unik di atas? Hanya berbekal beberapa jenis cat dan lem buat tembok kayu Crossbond Anda sudah bisa menikmati keindahan sangat khas di rumah. Kalaupun Anda merasa kesulitan, Anda bisa memanggil tukang bangunan yang Anda kenal. Tunjukkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah dasar di atas. Pemasangan dinding kayu memang masih jarang dilakukan di Indonesia. Tapi dengan pengetahuan dasar di bidang konstruksi bangunan, mereka akan bisa mengerjakannya dengan baik.

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here