Apa itu Lem Tembak?

0
11995
em hide

Dari berbagai jenis lem yang ada di pasaran, tentunya kita familiar dengan nama lem tembak atau hot melt glue gun. Jenis lem ini memiliki fungsi merekatkan sebagaimana maksud lem lainnya akan tetapi didesain dengan sistem tersendiri.

Secara umum adhesive ini lebih cepat kering dengan hasil perekatan cukup baik. Karena fungsinya tersebut lem ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Akan tetapi bukan berarti glue gun tidak memiliki kekurangan. Berikut ini kelebihan beserta kelemahan glue gun.

Kelebihan dan Fungsi Lem Tembak

Memperbaiki Kerusakan

Lem ini bisa digunakan untuk memperbaiki berbagai kerusakan pada benda-benda rumah tangga. Fungsinya cukup efektif di berbagai media seperti plastik, kain, kayu, dan lain sebagainya.

Untuk Craft

Pada jenis kerajinan tertentu, lem tembak adalah andalan terbaik. Misalnya dalam pembuatan bros. Bila Anda sering melihat padatan seperti lilin yang merekatkan bros dengan penyematnya, maka bisa dipastikan bros tersebut menggunakan tipe lem ini.

Untuk Pengemasan Barang

CS Lem Kayu

Proses pengemasan barang akan lebih mudah bila Anda menggunakan glue gun. Contohnya saat Anda harus memindahkan banyak barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Supaya pengemasan rapi, gunakan wadah yang kemudian direkatkan agar tertutup menggunakan glue gun. Solusi ini sangat praktis dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan serupa lainnya.
Lantas apa saja kelemahan glue gun? Seperti yang disebut di atas, glue gun juga memiliki kelemahan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Kelemahan Lem Tembak

Fungsi Terlalu Spesifik

Bandingkan lem putih atau PVAc dengan glue gun! Sangat berbeda bukan? Salah satunya dari aspek media yang dilem. Glue gun biasanya memiliki fungsi sangat spesifik seperti untuk perekatan bros. Sedangkan lem PVAc dapat diaplikasikan untuk kebutuhan yang lebih beragam mulai dari perekatan laminasi dan konstruksi hingga untuk media kertas maupun kayu.

Secara Estetik Kurang Baik

Pada bros, penggunaan lem tembak memang bisa membuatnya tampak lebih rapi. Tapi jangan harap fungsi ini bisa berlaku untuk perekatan lainnya. Adanya lapisan film yang terbentuk justru menyebabkan lem ini kurang disukai. Apalagi sifat bahannya yang cenderung membesar saat digunakan hingga akhirnya dingin dan memadat.

Lantas apakah sebaiknya kita menggunakan lem tembak atau justru tidak? Jawabannya jelas tergantung keperluan Anda. Namun bila Anda memerlukan lem untuk perekatan kayu laminasi dan konstruksi, maka jawabannya ialah Crossbond bukan hot melt glue gun.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here