Informasi Lengkap Jenis dan Harga Merk Lem Kayu Rajawali

0
4696
bridle joint

Setelah sebelumnya membahas mengenai lem kayu fox dan presto, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai merk lem kayu rajawali. Penasaran? Simak informasinya di bawah ini.


Lem dan Pengeleman yang Sangat Vital
Singkatnya, kita bisa menyebut lem sebagai bahan perekat. Namun sejatinya, peran lem tak sesingkat sebagai bahan perekat saja. Atau istilah bahan perekat membutuhkan penjabaran yang lebih jauh. Yang pasti, masalah pengeleman adalah masalah sangat krusial dalam industri woodworking. Telah banyak kesuksesan dicatat berkat pemakaian lem yang kualitasnya baik. Namun di sisi lain, banyak kerugian yang harus ditelan akibat penggunaan lem yang kurang baik. Intinya, perlu diakui bahwa lem punya peran sangat vital.

Dalam industri woodworking, peran vital lem ini bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Misalnya, peran vital lem dalam membentuk rangka atau konstruksi mebel produk. Dalam kebutuhan tersebut, lem diperlukan untuk mendukung sambungan kayu seperti dowel, tenon, hingga dovetail. Yang kedua, lem juga punya peran penting untuk laminasi. Misalnya saja untuk pemasangan lantai kayu, pembuatan plywood atau kayu lapis, pemasangan veneer, hingga pemasangan panel dinding kayu. Sedangkan yang terakhir, lem bisa dipakai sebagai plamir atau dempul. Sebagai plamir, lem akan mengisi celah pada kayu sehingga permukaannya lebih mulus. Hal ini penting agar proses finishing benar-benar berhasil dengan baik.

CS Lem Kayu

Aneka Merk Lem di Pasaran

Di pasaran, telah tersedia aneka jenis lem yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan perekatan. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Ada lem yang khusus untuk laminasi seperti Crossbond X4 maupun lem untuk pembuatan rangka seperti Crossbond X3. Selain itu, ada juga lem khusus decoupage dan kerajinan seperti Ultra Phaethon maupun lem untuk HPL seperti Eva Phaethon. Yang jelas, dari berbagai merk lem tersebut kita tentu harus bisa jeli memilih lem yang paling tepat. Selain itu, kita harus mulai mengerti akan aneka jenis brand lem di pasaran. Salah satunya, sudah pasti adalah merk lem Rajawali.

Merk Lem Kayu Rajawali

Selain Crossbond dan Fox, Anda barangkali sudah sering mendengar mengenai Rajawali. Lem ini bisa dibilang hanya satu dari sekian banyak lem yang ada di pasaran. Lem ini berbahan dasar Polyvinyl Acetate atau PVAc dan PVAc yang sudah dimodifikasi. Dengan formulasi dasarnya tersebut, lem ini secara umum kuat dan tahan lama untuk digunakan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai adhesive ini? Berikut pembahasannya untuk setiap poin.
Fungsi dan Manfaat Merk Lem Kayu Rajawali
Lem Rajawali diklaim bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Lem ini pada dasarnya adalah lem yang bisa digunakan untuk media kaya selulosa. Sehingga pemakaiannya pun bisa diterapkan pada bambu dan serat alam atau natural fiber lainnya. Sebagai lem untuk media kaya selulosa, Rajawali juga bisa dipakai untuk merekatkan dua kayu yang akan disambungkan, hingga pelaminasian. Misalnya untuk pembuatan furniture hingga untuk memasang lantai kayu dan wall paneling. Mengasyikkan bukan?

Jenis Lem Kayu Rajawali

Lem Rajawali telah hadir dengan beberapa varian. Dua jenis lem kayu Rajawali tersebut adalah:

1. Lem Rajawali putih
2. Lem Rajawali kuning

resin alifatik

Jenis yang putih terbuat dari polyvinyl acetate yang belum dimodifikasi. Tipikal adhesive seperti ini biasa dimaksudkan untuk kebutuhan indoor atau dalam ruangan. Sifatnya secara umum aman dan tidak mudah rusak. Sedangkan lem yang kuning adalah lem PVAc yang sudah dimodifikasi agar memiliki ketahanan pada air lebih tinggi. Lem kuning atau biasa disebut carpenter glue merupakan PVAc yang dibuat khusus supaya bisa digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Namun hal ini menjadikan lem kuning tak seaman lem putih.

Harga Lem Kayu Rajawali

Lem ini bisa didapat dengan harga berbeda menurut jenisnya. Secara umum, harga lem kuning Rajawali lebih mahal dibanding yang putih. Untuk Rajawali kuning, Anda bisa mendapatkannya mulai harga Rp. 25.000,- untuk kemasan kecil. Sedangkan untuk yang putih atau PVAc, bisa didapat dengan harga Rp. 9.000,- saja untuk kemasan yang hampir sama kecilnya. Meski demikian, harga lem kayu rajawali ini sewaktu-waktu bisa berubah. Lokasi pembelian pun pastinya akan menentukan harga produk. Akan tetapi, daftar harga merk lem kayu Rajawali tersebut tetap bisa dijadikan patokan kasar atau gambaran awal mengenai harga adhesive tersebut di lapangan. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan dana yang sekiranya akan dikeluarkan.

Andalan Kami Tetap Crossbond

Mencermati merk lem kayu Rajawali di atas, kami tetap merekomendasikan penggunaan Crossbond. Crossbond adalah lem berbasis polyvinyl acetate sepertihalnya salah satu varian lem rajawali. Lem ini terdiri dari dua produk, yakni:

Crossbond X3

Varian Crossbond ini didesain untuk kebutuhan perekatan rangka indoor. Misalnya saja untuk mendukung sambungan kayu seperti finger joint, dowel, siku, temu, hingga dovetail. Crossbond X3 bisa diandalkan untuk pembuatan konstruksi furniture hingga bangunan interior (bagian dalam).

Crossbond X3 memiliki sifat sangat kuat, tahan lama, tidak menyebabkan noda warna, tidak bau, dan sangat aman serta ramah lingkungan. Penggunaan lem ini sangat sederhana tanpa membutuhkan perlengkapan tambahan. Meski demikian, kami menyarankan pemakaian clamp press supaya kayu yang direkatkan benar-benar kuat.

Crossbond X3 bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp. 45.000,- saja. Murah sekali bukan? Untuk harga yang lebih murah, beli saja Crossbond X3 pada kemasan 1 kg dengan harga Rp. 165.000,-. Hubungi kontak CS kami untuk informasi lebih lanjut sekaligus pemesanan adhesive ini.

Crossbond X4

Crossbond X4 merupakan lem laminasi yang bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Lem ini memiliki karakter yang sangat kuat, tahan lama, sangat aman, dan mudah digunakan. Sebagai lem laminasi, adhesive ini juga punya daya sebar yang luas sehingga pemakaiannya lebih hemat.

Crossbond X4 merupakan lem yang didesain dengan viskositas medium. Lem ini mudah meresap dan menyebar secara merata tanpa menyebabkan lapisan film lem yang tebal. Partikel-partikel adhesive ini akan merasuk ke dalam kayu dan melakukan peritakan yang sangat kuat.

Adhesive ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan laminasi. Misalnya saja untuk pemasangan lantai kayu, penempelan wall paneling, penempelan veneer, hingga pembuatan kayu lapis. Adhesive water based ini pun bisa diandalkan untuk pembuatan produk kitchen ware dengan teknik laminasi. Misalnya untuk membuat talenan kayu maupun untuk membuat kabinet dapur dengan teknik tersebut.

Lem ini bisa Anda beli dengan harga terjangkau. Crossbond X4 bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp. 50.000,- saja. Untuk kemasan 1 kg, Anda bisa membelinya di angka Rp. 355.000,-.

Tertarik membeli lem ini? Hubungi segera kontak Customer Service yang tercantum pada website ini.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Nah, demikian informasi dari kami mengenai merk lem kayu rajawali. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here