Laminasi Kayu Kelapa Hadirkan Keindahan yang Lebih Menarik

0
2062
papan kayu kelapa

Dengan lem kayu Crossbond X4, Anda bisa menghasilkan berbagai produk laminasi kayu kelapa dengan lebih menarik. Perpaduan antara kayu kelapa yang indah dengan fungsi Crossbond X4 sebagai lem laminasi akan menciptakan produk-produk yang lebih kokoh, tahan lama, dan berestetika tinggi.

lantai kayu gluguGlugu atau kelapa memang berbeda dari kebanyakan kayu yang kita kenal. Glugu merupakan bahan kaya selulosa yang berasal dari tumbuhan monokotil kelapa. Sedangkan kebanyakan kayu yang kita kenal merupakan kayu dari tanaman dikotil. Perbedaan jaringan pada kedua tipe tumbuhan tersebut tampak sangat nyata ketika kita membandingkan tampilan kayu kelapa dengan tampilan kayu-kayu dikotil seperti kayu jati, mahoni, hingga mangga.

Meskipun berbeda, bukan berarti kayu kelapa tak memiliki keindahan. Justru sebaliknya, kayu ini menawarkan tampilan unik yang tak bisa dilepaskan dari kekhasan jaringan kayu monokotil. Pemanfaatan kayu kelapa juga telah lama dilakukan. Produk-produknya pun sudah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Mengenal Produk Laminasi Kayu Kelapa

Selain bisa dimanfaatkan dengan cara biasa, tahukah Anda bahwa saat ini juga sudah banyak tersedia produk laminasi kayu kelapa? Produk laminasi kayu ini bisa berupa produk hasil proses laminasi yang bisa diolah lebih lanjut, maupun produk yang diaplikasikan dengan teknik laminasi. Contohnya adalah:

1. Papan laminasi kayu kelapa baik itu plywood maupun panel FJLB
2. Lantai parquet, decking, wall paneling dan berbagai komponen bangunan yang dibuat dengan teknik perekatan laminasi

papan kayu kelapa

Satu hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan berbagai kayu laminasi ini adalah adhesive yang dipakai. Substrat kayu kelapa yang khusus membuatnya tak bisa dilem dengan sembarang adhesive. Sebaiknya, pilihlah lem atau adhesive yang teruji cocok untuk kayu ini.

Rekomendasi Kami: Lem Laminasi Kayu Kelapa Crossbond X4

Diformulasikan dengan pvac modifier serta inner cross linker, Crossbond X4 adalah andalan yang tepat untuk pembuatan berbagai produk laminasi kayu kelapa. Sebagaimana yang kita tahu, salah satu feature esensial perekatan laminasi adalah daya sebar lem serta kemudahannya menyebar dengan merata. Didukung dengan viskositas medium, lem Crossbond X4 mampu menyebar dengan baik dan rata serta melakukan ikatan yang sangat kuat.

lem kayu paling kuat untuk laminasi

Mudah, Aman Digunakan, dan Berestetika Tinggi

Kelebihan lain yang ditawarkan Crossbond X4 adalah sifatnya yang fleksibel digunakan serta keamanannya yang terjamin. Sebagai lem yang bisa digunakan secara manual maupun dengan mesin, lem ini praktis dipakai karena termasuk single component glue. Dari segi keamanan, lem ini juga bebas formalin, timbal, dan zat toksik lainnya.

Bagaimana dengan faktor estetika?

Tentu sayang bila kita menggunakan lem yang membuat produk laminasi kayu kelapa kurang menarik. Misalnya bila lem tersebut tidak transparan dan memiliki warna kering yang mencolok.
Untungnya, Crossbond X4 hadir sebagai lem tanpa glue line. Lapisan film lem ini akan transparan dan meresap ke dalam kayu sehingga tak akan tampak. Sangat menarik ya?

Yuk, gunakan Crossbond X4 untuk berbagai produk laminasi kayu kelapa Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here