Cara Pasang Wallpaper Lantai dengan Lem Crossbond X4 dan Eva Pheethon

0
124
cara pasang wallpaper lantai
Image: parshaops.gq/products.aspx?cid=85&cname=at+home+wallpaper

Bagaimana cara pasang wallpaper lantai? Mari simak tutorial lengkapnya dengan lem Crossbond X4 dan Eva Phaethon di bawah ini.

Lihat gambar ruangan di atas? Indah sekali bukan? Yang membuat ruangan tersebut indah bukanlah perabotannya. Bukan pula cat dindingnya atau dekorasi yang diletakkan di dalamnya. Hal yang paling menonjol pada ruangan itu adalah lantainya.

Ya, digunakan wallpaper lantai pada ruangan tersebut. Sehingga lantai yang biasanya terlihat tak mencolok, kini justru menjadi daya tarik utama pada ruangan itu.

Ide pemasangan wallpaper ke lantai muncul di Amerika dan Eropa. Mereka merasa bahwa lantai bisa tampil indah dengan ditempeli wallpaper. Namun demikian, sebagaimana dijelaskan pada artikel itu, pemasangan wallpaper agak sulit dilakukan karena ide ini belum banyak dipahami orang.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti step by step cara mewujudkan ide ini. Dengan cara yang tepat tukang bangunan yang belum pernah melakukannya pun bisa mengikuti langkah-langkah ini. Apalagi bila ia sudah terbiasa memasang wallpaper untuk dinding.

Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa aplikasi di bawah ini hanya untuk lantai kayu dan semen. Bukan untuk jenis lantai lainnya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. Wallpaper yang bagus sesuai selera Anda
  2. Lem PVA Crossbond X4 atau Eva Phaethon. Untuk merekatkan wallpaper dengan dasaran kayu, gunakan Crossbond X4. Sedangkan bila dasarannya lantai semen, gunakan Eva Phaethon.
  3. Kuas untuk lem.
  4. Papan atau alat serupa untuk meratakan pada proses pemasangan wallpaper
  5. Wadah
  6. Tripleks
  7. Air
  8. Sealer atau putty untuk meratakan lantai yang belum rata
  9. Coating lantai yang bagus, contohnya Biothane
  10. Cutter

eva phaeton

Bila seluruh alat dan bahan di atas sudah terkumpul, simak dan ikutilah panduan aplikasinya di bawah ini dengan teliti.

Langkah-langkah Memasang Wallpaper Lantai

Lantai Harus Rata

Sebelum wallpaper dipasang, lantai harus benar-benar rata. Sebab bila tidak, hasil pemasangannya akan menjadi begitu jelek. Permukaannya tidak mulus dan bahkan motifnya pun akan terdistorsi karena hal tersebut.

Loh, bukannya kebanyakan lantai sudah rata permukaannya? Beberapa dari Anda mungkin mengajukan pertanyaan itu.

Eits, jangan salah. Coba lihat lantai di rumah Anda. Baik lantai keramik ataupun kayu biasanya memiliki gap di garis-garis sambungannya.

Bila celah pada garis tersebut tidak diratakan, hasil perekatan wallpaper pun tidak akan bagus. Cara untuk meratakan gap sendiri tidak sulit. Anda bisa menggunakan sealer ataupun putty untuk mengisinya.

Selain itu, sebenarnya juga bisa digunakan plywood. Plywood memiliki permukaan yang rata. Pelapisan plywood bisa diterapkan pada berbagai lantai mulai dari lantai semen hingga kayu.

Setelah itu, tunggulah hingga lantai stabil. Kemudian Anda bisa mengikuti langkah kedua cara pasang wallpaper lantai di bawah ini.

Proses Aplikasi Lem Wallpaper ke Lantai

Perekatan wallpaper ke lantai kayu bisa dilakukan menggunakan lem PVAc khusus laminasi, Crossbond X4. Adapun untuk perekatan pada lantai semen, Anda bisa menggunakan Eva Phaethon.

Langkah-langkah perekatannya adalah sebagai berikut:

  1. Ukur ruangan, siapkan wallpaper sesuai dengan ukuran ruangan tersebut.
  2. Siapkan untuk area yang perlu pemotongan khusus. Misalnya di dekat pintu.
  3. Ambil lem Crossbond X4 atau lem Eva Phaethon (sesuai kebutuhan Anda)
  4. Tuangkan di wadah agar lebih praktis ketika digunakan
  5. Oleskan di lantai di area tertentu terlebih dulu
  6. Ambil wallpaper, rekatkan secara pelan-pelan
  7. Keluarkan udara yang terjebak agar permukaan lantai halus dan juga rata
  8. Lakukan seterusnya sampai semua lantai tertutupi wallpaper. Potong dengan cutter bila ada bagian yang tersisa.

Cukup mudah memasang wallpapaer lantai sebagaimana dijelaskan di atas. Namun, Anda harus teliti agar hasilnya rapi. Jangan tergesa-gesa dan bila perlu aplikasikan dengan bantuan orang lain.

cara pasang wallpaper lantai menggunakan lem Crossbond X4

Coating dengan Clear Coat Lantai

Wallpaper tidak didesain untuk diinjak terus-menerus. Bila Anda memasang wallpaper di lantai dan langsung menggunakannya setelahnya, jangan kaget bila permukaannya cepat rusak dan terlihat kumuh.

Oleh sebab itu, bagian atas permukaan wallpaper harus dilapisi dengan lapisan yang tahan gores, tahan UV, dan tidak mudah kusam.

Di pasaran, produk coating seperti ini bisa Anda beli di toko cat secara online ataupun offline. Anda tinggal meminta clear coat lantai atau pelapis lantai warna bening yang bagus.

Contoh clear coat lantai yang recommended adalah Biothane. Biothane menggunakan formula PU (polyurethane). Alhasil, dengan clear coat ini, wallpaper akan terlindungi secara maksimal dan bisa bertahan sangat lama.

Bahkan, dengan menggunakan Biothane, aplikasi wallpaper dapat diterapkan untuk decking atau lantai luar ruangan.

Catatan Penting tentang Cara Pasang Wallpaper Lantai

Cara memasang wallpaper lantai ini cukup mudah. Namun, perlu menekankan satu hal ; bahwa perekatan wallpaper pada kayu bisa merusak estetikanya.

Katakanlah suatu saat, Anda bosan dengan tampilan wallpaper itu. Anda ingin menggantinya sehingga Anda perlu melepas wallpaper yang direkatkan.

Masalahnya, wallpaper tak akan semudah itu dilepaskan. Akan ada sebagian pelapis yang masih tertinggal. Alhasil, Anda harus membersihkan terlebih dahulu lantai tersebut. Anda mungkin harus mengamplasnya dalam waktu yang lama dan mencucinya dengan air.

Hal ini jelas merepotkan. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan masak-masak apabila hendak menerapkan cara pasang lantai wallpaper di atas atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here