Cara Memperbaiki Wallpaper Mengelupas dengan Adhesive Phaethon

0
417
Cara Memperbaiki Wallpaper Mengelupas

Bagaimana cara memperbaiki wallpaper mengelupas? Apalagi bila pengelupasannya tidak sedikit. Yuk, simak tutorialnya di bawah ini. Namun sebelumnya, mari kita bahas dulu alasan-alasan yang biasanya menyebabkan masalah itu muncul.

Penyebab Wallpaper Mengelupas

Kelembaban

Salah satu penyebab yang paling umum namun jarang disadari terkait masalah ini adalah tingginy humiditas. Humiditas atau kelembaban secara de facto menunjukkan jumlah molekul air di udara. Semakin tinggi humiditas, semakin banyak molekul air di udara.

Keberadaan molekul air tersebut bisa berinteraksi secara kimiawi atau fisika. Contoh, ketika Anda berada dalam ruangan yang lembab, rambut Anda akan cepat lusuh dan lepek. Sebab molekul air berjatuhan di kepala Anda dan meningkatkan aktivitas bakteri penyebab ketombe.

Pada wallpaper, molekul air bisa menempel di dinding berlapiskan bahan tersebut. Akibatnya, akan terjadi suatu reaksi kimia yang membuat lem tidak lagi bisa merekatkan dengan baik.

Lem Kehilangan Daya Rekatnya

CS Lem Kayu

Salah satu alasan kenapa orang sampai bingung-bingung mencari bagaimana cara memperbaiki wallpaper mengelupas adalah karena lem yang digunakan. Lem adalah bahan kimia dalam bentuk pasta atau cair. Sistem kerjanya dalam memberikan perekatan bisa memudar atau menurun seiring berjalannya waktu. Ketika hal tersebut terjadi, maka bahan apapun yang direkatkan akan lepas.

Oleh sebab itulah, kami di lemkayu.net selalu menekankan pembelian lem yang tahan lama, bukan cuma kuat saja. Sebab bila kita hanya membeli lem yang kuat, keawetan produk tidak terjamin.

Jenis Lem Tidak Cocok

Selain karena tidak awet, kita juga bisa sampai bingung mencari cara memperbaiki wallpaper mengelupas karena sejak awal salah pilih lem. Perlu diketahui, bahwa tiap jenis lem hanya cocok untuk satu atau beberapa kategori bahan yang khas. Lem kertas cocok untuk kertas, lem kayu cocok untuk kayu, dan seterusnya.

Ketika kita menggunakan lem yang salah, ada 2 kemungkinan yang harus dihadapi. Pertama, lem sama sekali tidak bisa merekatkan bahan yang ingin kita rekatkan. Kedua, lem bisa merekatkan bahan namun lebih cepat lepas.

Perilaku Penghuni Bangunan

Perilaku penghuni bangunan juga bisa menjadi penyebab lepasnya wallpaper dari tembok. Utamanya, bila ada anakkecil di rumah. Kebiasaan si kecil yang suka iseng pada benda-benda di sekitarnya pada akhirnya akan membuat perekatan wallpaper lepas. Meski, sebenarnya, hal ini bisa diakali dengan memastikan pelapisan wallpaper yang rapi tanpa bagian yang bisa ditarik. S

Kerusakan pada Wallpaper

Sama seperti adhesive, wallpaper pun memiliki kualitas yang beragam. Ada yang bagus, namun ada juga yang buruk. Wallpaper yang buruk pada akhirnya memang lebih mudah lepas dibanding yang baik. Ini bisa dikarenakan penggunaan bahan-bahan di bagian rekatan yang memang sulit merekat.

Atau, karena kerusakan pada bahan secara umum. Bila yang terakhir yang terjadi, cirinya wallpaper terlihat tidak lagi mulus dan mudah robek di sana-sini.

2 Cara Memperbaiki Wallpaper Mengelupas

Kita sudah membahas mengenai 5 hal yang menyebabkan lepasnya pelapis dinding tersebut. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Ripped wallpaper

Mengganti Wallpaper

Silahkan ganti wallpaper Anda bila:

  1. Sudah robek di sana-sini
  2. Pengelupasan terjadi bukan di area perekatan, tapi lapisan-lapisan wallpapernya sendiri yang lepas
  3. Pasca pengelupasan, bagian belakang wallpaper tampak rusak dan tak bisa dilem lagi

Namun, penggantian pelapis ini idealnya dibarengi dengan antisipasi masalah yang sama di kemudian hari. Contoh, bila wallpaper rusak karena kelembaban tembok yang tinggi (akibat terpapar hujan dari luar), maka sebaiknya atasi dulu hal itu dengan aplikasi cat outdoor anti bocor.

Bila kita mengganti wallpaper atau memilih melakukan pengecatan, sementara masalah utamanya belum diatasi, kita hanya akan rugi dua kali. Tak mau itu terjadi, bukan?

Cara Memperbaiki Wallpaper Mengelupas dengan Lem Phaethon

Anda tidak harus mengganti wallpaper secara keseluruhan apabila:

  1. Area yang lepas dari tembok tidak banyak
  2. Area yang lepas dari tembok cukup luas, namun kondisi wallpaper masih baik dan bisa direkatkan.

Untuk menentukan poin kedua, Anda bisa trial dan eror dulu. Cek apakah lem bisa merekatkan pelapis ke permukaan dinding.

Bila masih memungkinkan, silahkan lem lagi saja wallpaper Anda. Tapi kami sangat menyarankan untuk menggunakan lem yang tepat. Sebab 90% masalah lepasnya pelapis dari tembok, dikarenakan lem yang tidak tahan lama.

 cara memperbaiki wallpaper mengelupas

Lem yang kami sarankan dan kami sediakan adalah lem Phaethon. Ada dua jenis adhesive Phaethon yang sama-sama bisa digunakan untuk pelapisan wallpaper. Pertama, Ultra Phaethon untuk merekatkan wallpaper yang terbuat dari bahan kertas dan kain serta turunannya. Kedua, lem Eva Phaethon untuk merekatkan wallpaper yang bagian belakangnya adalah bahan sintetis (seperti plastik atau PVC).

Silahkan gunakan kedua lem tersebut dengan tepat. Pelapisan tembok Anda akan lebih awet dan tak mudah lepas.

Kelebihan Lem Phaethon sebagai Cara Memperbaiki Wallpaper Mengelupas

Kedua jenis lem Phaethon memiliki kelebihan yang tak dimilih lem-lem lainnya:

  1. Mudah digunakan
  2. Harga yang terjangkau
  3. Saling melengkapi, keduanya ditujukan untuk bahan wallpaper yang berbeda
  4. Daya sebar yang luas sehingga sangat cocok untuk perekatan pada keperluan seperti ini
  5. Merupakan lem yang eco friendly sehingga kondisi dalam ruangan tidak tercemari
  6. Sangat kuat
  7. Daya rekat yang stabil atau tahan lama

Bagi Anda yang tertarik, silahkan hubungi kontak CS kami untuk informasi lebih jauh. Kami menyediakan lem Ultra Phaethon dan Eva Phaethon untuk pembelian secara daring atau secara langsung. Bila Anda ingin membeli secara langsung, kunjungi Bio Service Point.

Dengan senang hati, kami akan menyambut kedatangan Anda. Namun bila Anda ingin membeli secara daring, silahkan saja kontak CS kami atau beli di online shop langganan Anda. Produk kami telah tersedia di berbagai toko online dari Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Penutup

Pelapisan wallpaper ke dinding adalah salah satu cara untuk membuat tembok terlihat indah. Namun karena satu atau lain hal, wallpaper bisa mengelupas. Ketika itu terjadi, hal pertama yang harus kita lakukan idealnya adalah mencari sumber kerusakan.

Sumber persoalan itu sendiri beragam. Ada yang disebabkan karena tingginya humiditas hingga kualitas wallpaper yang buruk. Bila kerusakan sudah terjadi demikian parah, sebaiknya ganti saja pelapis tersebut sambil memastikan dulu penyebab kerusakan tertangani dengan baik.

Adapun, bila pengelupasannya masih di area yang kecil atau luas namun masih bisa dilem kembali, gunakanlah lem Phaethon. Gunakan Eva Phaethon bila wallpaper Anda adalah wallpaper yang menggunakan material sintetis menyerupai plastik di bagian belakang. Namun bila wallpaper Anda murni menggunakan bahan kertas atau kain organik, Anda bisa menggunakan Ultra Phaethon.

Semoga informasi tentang cara memperbaiki wallpaper mengelupas ini bermanfaat bagi Anda ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here