Cara Mudah Membuat Foot Steps Kayu di Taman dengan Crossbond

0
1539
jalan setapak kayu

Walkway, foot steps, atau jalan setapak ternyata bisa dibuat dari kayu! Dan jalan setapak kayu seperti ini pasti bisa membuat taman Anda jauh lebih cantik dan menarik. Uniknya lagi, untuk membuat foot steps kayu ternyata bukanlah pekerjaan yang susah dilakukan. Dengan cara super sederhana, Anda pasti bisa menghasilkan sendiri jalan setapak cantik untuk menghiasi kebun Anda.

Foot Step atau Walkway Cantik di Taman

Siapa tak suka dengan adanya taman di rumah? Setelah seharian lelah dengan aktivitas yang menumpuk, taman bisa dijadikan sarana untuk rekreasi yang murah dan mudah. Anak-anak sekolah bisa belajar di area tersebut. Pun demikian orangtuanya yang membutuhkan istirahat pasca bekerja seharian. Tapi tentu saja, taman-taman tersebut harus terlebih dahulu dibuat menarik. Hadirnya bebungaan, misalnya, pasti dapat memberikan suasana sangat apik di kebun Anda. Apalagi adanya gazebo dan pergola yang bisa membantu Anda berleha-leha di kebun sendiri.

Nah, selain bunga ataupun gazebo, ada cara sangat unik untuk membuat taman Anda lebih menarik. Cara tersebut adalah dengan menghadirkan walkway berupa jalan setapak. Kesannya sepele, tapi sentuhan walkway ini bisa memperkuat keindahan taman Anda. Apalagi bila walkway yang dibuat berasal dari log kayu.
Mengapa kayu? Sebab kayu bisa memberikan kesan natural yang menawan. Foot steps atau jalan setapak kayu juga bisa dibuat dengan memanfaatkan pohon yang baru di tebang di tempat Anda. Langkah-langkah pembuatannya pun sangat sederhana. Kehadiran bagian ini pun sudah lama diterapkan di berbagai hunian rekreatif. Misalnya saja resort, villa, hingga berbagai restaurant. Dibanding menyediakan jalan setapak yang biasa, rupanya jalan setapak kayu memberikan kesan yang lebih apik.

CS Lem Kayu

ide pagar bambu 4

Cara Membuat Foot Steps Kayu di Taman

Alat dan Bahan

Untuk menyiapkan potongan log, sediakanlah peralatan sebagai berikut:

1. Batang pohon dengan dahan atau cabangnya dengan ukuran cukup lebar. Setidak-tidaknya bagian batang memiliki ukuran maksimal hingga diameter 30 cm.
2. Gergaji untuk memotong batang pohon.
3. Amplas untuk menghaluskan permukaan potongan log
4. Politur, cat, atau coating sesuai selera Anda
5. Kuas untuk aplikasi finishing
6. Wadah cat/bahan finishing
7. Tali raffia
8. Meteran

kayu yang digunakan

Untuk membuat jalan cor di taman Anda:
1. Semen, pasir, sprit
2. Pacul

Untuk aplikasi potongan log pada jalan:
1. Batu-batu taman (opsional)
2. Lem Crossbond X4 untuk merekatkan potongan log kayu
3. Kuas untuk aplikasi Crossbond X4

Langkah-langkah Membuat Foot Steps di Taman

Foot steps yang akan dibuat di bawah ini bukan hanya memperhatikan aspek keindahan saja. Lebih dari itu, kami juga memperhatikan aspek keawetan jalan setapak kayu tersebut sehingga proses pembuatannya tidak asal tempel di tanah saja.

Langkah-langkahnya sendiri akan kami bagi menjadi 3. Yang pertama adalah menyiapkan potongan log untuk jalan setapak tersebut.

1. Siapkan batang pohon dan dahannya yang akan digunakan. Seberapa banyak? Jawabannya tergantung luas jalan yang ingin dibuat. Jadi silahkan ke taman sebentar, dan buat gambaran area foot steps menggunakan tali raffia. Ukurlah panjang dan luas foot steps. Setelah itu hitung kira-kira seberapa banyak potongan kayu bulan besar yang dibutuhkan dan potongan bulat kecil yang diperlukan. Tak perlu benar-benar tepat. Anda cukup mengira-ira. Yang pasti, pastikan dulu Anda tidak kekurangan kayu. Jadi ada baiknya Anda menentukan luas jalan walkway berdasarkan banyaknya kayu yang dipunyai.
2. Potong batang pohon untuk menghasilkan potongan log melingkar (bulat). Sebaiknya buat potongan yang cukup tebal supaya jalan setapak lebih awet.
3. Amplas potongan-potongan log bulat tersebut supaya halus.
4. Keringkan.
5. Setelah kering, siapkan bahan finishing yang ingin dipakai. Ingat, gunakan bahan finishing untuk eksterior saja.
6. Aplikasikan bahan finishing menggunakan kuas atau spraying gun.
7. Biarkan hingga kering. Ulangi bila perlu.

Sementara menunggu semua lapisan coating keren, siapkanlah jalan setapak di taman Anda:

membuat dasar stepping wood

1. Gali area jalan setapak yang sudah dibetengi dengan tali raffia. Gali supaya nantinya jalan setapak tidak menonjol. Kedalaman galian bisa dipertimbangkan dari tebal log kayu dan ketebalan dasar jalan yang diaplikasikan.
2. Pada beberapa tutorial cara membuat foot steps kayu di taman, kadang orang akan langsung menyarankan Anda untuk meletakkan potongan kayu secara langsung. Tapi cara tersebut sebenarnya tidak baik karena foot step cenderung kurang awet. Kelembaban tanah akan dengan cepat merusak kayu-kayu foot step menjadi licin, berjamur, dan berayap. Maka, kami sarankan pembuatan dasaran jalan dengan semen, pasir, dan sprit (batu-batu kecil).
3. Tunggu hingga jalan mengering.

Setelah jalan mengering, kini saatnya menempelkan potongan log walkway pada jalan cor sederhana tersebut.

1. Rekatkan log potongan kayu sepanjang jalan cor yang Anda buat.
2. Untuk merekatkannya, mulailah dari potongan kayu berukuran besar.
3. Setelah semua yang ukurannya besar direkatkan, barulah tempelkan yang ukurannya kecil di sela-sela potongan log yang besar.
4. Tekan log yang sudah direkatkan. Untuk log yang besar, biasanya beban mereka sudah secara otomatis membuat perekatan baik, tapi untuk yang ukurannya kecil, tak jarang butuh beban tambahan agar hasil perekatan lebih bagus.
5. Usahakan agar tidak ada celah yang terlalu lebar pada foot steps Anda.

Tips untuk Membuat Foot Step di Taman

1. Kami menyarankan penggunaan kayu yang tahan lama. Tak semua kayu cocok digunakan dalam pembuatan foot steps atau walkway ini karena faktor dekomposisinya sangat besar. Pilih kayu yang terkenal bagus ketahanannya.
2. Sebaiknya, gunakan dulu obat pengawet kayu. Obat pengawet kayu terdiri dari obat anti jamur dan anti serangga. Pemakaiannya tergantung dari tiap produk obat yang dipakai. Penggunaan obat pengawet yang bagus akan memungkinkan Anda menggunakan kayu-kayu yang kurang tahan lama.
3. Kami sangat menyarankan pemakaian coating untuk outdoor yang kualitasnya bagus. Bila memungkinkan, gunakan coating berbasis PU atau polyurethane. Secara umum, top coat PU memiliki sifat anti gores, tahan panas, tahan air, hingga tahan solvent.
4. Lakukan perawatan harian dan secara berkala. Misalnya setiap 6 bulan sekali, lakukan finishing ulang.
5. Bila Anda ingin mewarnai foot step kayu ini, pilih produk dengan pewarna pigmen, bukan dye. Pigmen jauh lebih baik pada kondisi outdoor dibanding dye.
6. Percantik walkway kayu Anda menggunakan batu-batu taman.
7. Agar kelihatan natural, jangan cabuti rumput yang tumbuh di sekitar foot steps.

lem untuk dinding kayu

Nah demikianlah cara membuat foot steps kayu taman dengan mudah dan murah. Dengan cara dan kiat di atas, dijamain walkway Anda lebih tahan lama. Semoga bermanfaat ya! Terus ikuti aneka kreasi dengan kayu dan Crossbond lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here