Mudah! Ini Cara Memperbaiki Kusen Keropos

0
5005
mengganti kayu kusen

Apa jadinya kusen kayu keropos? Selain tak elok, kerusakan pada frame pintu dan jendela tersebut juga bisa membua fungsi pintu tidak optimal. Tentu perbaikan harus segera dilakukan. Apakah langkah-langkah perbaikan tersebut sulit? Tidak juga. Berbekal lem kayu yang bagus, Crossbond, kita bisa memperbaiki kusen keropos dengan mudah dan hasil memuaskan.

Kusen yang Fungsional

Apa itu kusen? Meski kusen tak selebar pintu atau jendela, tapi kegunaannya begitu krusial. Bersama daun pintu atau jendela, kusen membentuk suatu sistem buka tutup yang fungsional. Dengannya, daun pintu bertumpu dan bisa dikunci maupun dibuka. Kusen juga merupakan konektor atau penyambung antara dinding dengan pintu/jendela.

Meski komponen ini penting, tapi hanya sedikit yang memperhatikan keberadaannya. Malah kebanyakan di antara kita abai terhadap bagian ini sampai terjadi kerusakan. Pasalnya, bila sudah mengalami kerusakan, maka fungsi pintu secara keseluruhan bisa terkena dampaknya. Misalnya, pintu menjadi susah dibuka tutup saat kusen mengalami kerusakan bentuk. Maka dari itulah, penting bagi kita untuk memastikan bahwa kondisi bagian ini (baik untuk jendela atau pintu) sangatlah penting.

Kenali Penyebab Kusen Keropos

Ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan kusen di rumah Anda (baik pintu atau jendela) mengalami kerusakan. Salah satunya adalah tatkala rangka tersebut mengalami kekeroposan. Apabila sudah demikian, Anda harus mulai cermat. Pastikan tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih jauh sekaligus mengatasi kerusakan yang ada. Nah, langkah pertama yang dapat dilakukan sebagai respon yang tepat kala menghadapi kusen keropos adalah mengidentifikasi penyebab kerusakan tersebut.

Apa saja yang dapat menyebabkan frame tersebut rusak karena keropos? Berikut ini di antaranya:

1. Keropos akibat Aktivitas Jamur Pembusuk

Berbagai jamur dikenal sebagai pembusuk kayu. Oleh karena itulah, tak jarang kusen-kusen (terutama yang tak difinish dengan baik dan terbuat dari kayu kurang kuat) sering diserang hama-hama seperti ini. Umumnya, kerusakan kusen akibat jamur sangat mudah diidentifikasi. Tubuh jamur hingga spora-sporanya akan mudah diamati. Biasanya, serangan jamur sendiri terjadi di area frame atau kusen yang dekat dengan paparan air.

2. Keropos akibat Aktivitas Bakteri

Pernahkah Anda mengamati bahwa kusen Anda tak berjamur tapi menampakkan pembusukkan seperti adanya jamur? Bisa jadi yang menyerang adalah bakteri pembusuk. Bakteri-bakteri seperti ini tak akan bisa dilihat dengan mata telanjang, akan tetapi biasanya mampu membuat kerusakan parah pada kusen hingga berbagai produk berbahan kayu di rumah Anda. Dan sebagaimana jamur, serangan bakteri kerap terjadi di area pintu atau jendela terpapar air. Misalnya frame pintu dan jendela terluar, kamar mandi, hingga di dekat dapur.

kusen pintu membusuk

3. Keropos akibat Rayap dan Serangga lainnya

Hama lain yang kerap menjadi penyebab Anda harus memperbaiki kusen keropos adalah rayap. Binatang yang dekat kekerabatannya dengan kecoa ini seringkali menjadikan produk kayu sebagai sarang sekaligus sumber makanan. Oleh sebab itulah, rayap menjadi serangga serius untuk berbagai wood products. Selain rayap, ada juga beberapa serangga lain yang dikenal destruktif seperti kumbang bubuk.

4. Keropos akibat Faktor Non Biologis

Kekeroposan pada kusen lainnya yang sering terjadi adalah akibat faktor non biologis. Misalnya akibat faktor terpapar panas dan hujan secara ekstrim sehingga membuat material kayu kusen menjadi rusak.

Meski secara umum kekeroposan kusen bisa disebabkan oleh beberapa hal di atas, tak jarang rusaknya frame diakibatkan oleh lebih dari satu faktor.

Cara Memperbaiki Kusen Keropos

Alat dan Bahan

1. Kayu pengganti
2. Grinder
3. Amplas
4. Wood filler
5. Lem kayu Crossbond
6. Paku dan pukul
7. Kuas
8. Gergaji atau pemotong lainnya
9. Alat ukur
10. Alat tulis

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Langkah-langkah Memperbaiki Kusen Keropos atau Busuk

Di atas, Anda telah dijelaskan beberapa alasan mengapa kusen keropos atau membusuk. Tentukanlah sendiri apa penyebab kusen yang akan Anda perbaiki rusak. Bila kerusakannya disebabkan faktor biologis, ada baiknya Anda atasi dulu hama-hama tersebut dengan obat anti hama. Setelah itu, barulah terapkan langkah perbaikan di bawah ini.

Menggunakan Kayu Saja

Apabila kekeroposan bisa diperbaiki dengan kayu baru, aplikasikan:

1. Potong area kusen yang keropos. Buat agar lubang atau bagian yang perlu ditambal dengan kayu pengganti memiliki bentuk simetris.
2. Ukur dan tentukan bentuk area yang perlu diganti.
3. Potong kayu berdasarkan ukuran dan bentuk area yang akan diganti.
4. Rekatkan dengan lem Crossbond. Perkuat dengan kayu.
5. Lakukan penghalusan supaya sambungan kusen untuk pintu atau jendela, terlihat lebih natural

Menggunakan Kayu dan Filler

Terkadang, kita tak memiliki kayu pengganti yang cukup. Atau bahkan terkadang ada area berlubang yang tak bisa diganti dengan kayu. Oleh sebab itu, diperlukan kombinasi pemakaian kayu dan filler.

1. Potong area kusen yang keropos. Buat agar lubang atau bagian yang perlu ditambal dengan kayu pengganti memiliki bentuk simetris.
2. Ambil kayu seadanya. Tempel dengan Crossbond di area sekitar kusen.
3. Sisa area yang belum tertutupi, tempelilah dengan wood filler. Gunakan wood filler water based karena lem yang digunakan adalah lem water based.
4. Amplas dan haluskan.

Menggunakan Filler

Bagaimana bila kekeroposan kusen hanya di area yang sempit dan tak bisa diganti dengan mudah menggunakan kayu lain? Tenang, Anda masih dapat menggunakan wood filler. Pilihlah wood filler yang warnanya sesuai warna kusen. Contoh bila kusen berwarna putih atau kuning, gunakan wood filler cerah. Sedangkan untuk kusen warna gelap, gunakan wood filler yang juga gelap.

menggunakan filler untuk kusen keropos

Finishing untuk Hasil Perbaikan yang Bagus

Anda mungkin telah selesai mengatasi kekeroposan kusen dari segi “materialnya”. Tapi bagaimana dengan tampilannya? Dengan sambungan kayu atau wood filler, jelas kusen belum bisa dikatakan kembali seperti sedia kala. Oleh sebab itulah langkah-langkah cara memperbaiki kusen keropos di atas tak bisa dianggap selesai sampai proses finishing dilakukan.

Aplikasi finishing sendiri dapat diterapkan dengan mengaplikasikan teknik serta bahan yang sama seperti pada area kusen lainnya. Tapi apabila jenis finishing yang diterapkan dianggap kurang memadai, Anda boleh saja mengganti ulang semuanya. Misalnya bila kusen di rumah Anda yang digunakan sebagai kerangka pintu terluar ternyata dicat dengan cat indoor. Agar lebih kuat tentu lebih baik bila kusen tersebut dicat dengan cat eksterior. Demikian pula untuk rangka-rangka jendela yang menghadap keluar. Cara ini sekaligus akan memberikan proteksi ekstra pada kusen Anda sehingga hasilnya lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

Nah, itulah cara memperbaiki kusen keropos. Sebagaimana dijelaskan di atas, yang pertama mesti dilakukan untuk melakukan perbaikan pada rangka pintu atau jendela tersebut adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya. Identifikasi ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada kusen Anda. Barulah setelah itu dilakukan cara-cara memperbaiki kusen keropos yang tepat.

Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus artikel informative dan bermanfaat lainnya di lemkayu.net.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here