4 Alternatif Hadirkan Meja Makan Kayu Jati dengan Harga Berbeda

0
944
meja makan jati veneer

Meja makan kayu jati memang begitu memesona. Tetapi, tidak demikian dengan harganya yang selangit. Harga mebel dari jati, termasuk meja makan, terkenal sangat mahal. Padahal, sejatinya ada beberapa cara alternatif untuk menghadirkan jati dengan harga yang berbeda.

Mahalnya Meja Makan dari Kayu Jati

Warna yang cenderung jingga kemerahan dan pola serat yang sangat unik adalah ciri khas keindahan jati. Tectona grandis, pohon kayu jati memang memiliki keindahan yang khas, dan sangat populer karena estetikanya tersebut. Kecantikan jati ini berpadu dengan kualitas unggul jati lainnya seperti kekuatan, ketahanan, dan kemudahannya diolah. Tak mengherankan, kayu ini kemudian menjadi material yang sangat populer dalam industri woodworking, baik furniture ataupun kerajinan.

Namun di sisi lain, keunggulan jati tersebut membuat material itu menjadi mahal harganya. Perbedaan harga mebel jati dengan non jati bisa begitu berbeda sampai berlipat-lipat. Apalagi bila mebel jati tersebut didesain dengan style yang rumit misalnya dengan penambahan ukiran. Hal ini bisa kita lihat pada nominal harga berbagai mebel dari jati, seperti meja makan.

CS Lem Kayu

Meja makan atau dining table memang merupakan salah satu jenis mebel yang banyak dibuat dari kayu jati. Keindahan klasik yang memesona bisa hadir di ruangan Anda dengan meja makan kayu jati ini. Permintaan set dining table dan chair jati juga begitu tinggi baik untuk paasr lokal ataupun ekspor. Namun sekali lagi, penggunaan jati menjadi tantangan karena harganya yang begitu tinggi. Tak hanya itu, supply kayu jati pun sering tersendat karena permintaan yang begitu tinggi akan kayu ini.

Bagi sebagian orang, tentunya harga meja makan jati tersebut menjadi kendala tersendiri. Pengrajin pun seolah tak bisa berbuat apa-apa di tengah meningginya harga mebel jati tersebut. Padahal, sebetulnya ada beberapa cara alternatif yang bisa diterapkan. Misalnya keempat cara di bawah ini. Dengan trik khusus, Anda bisa menghadirkan meja makan dengan keindahan kayu jati yang harganya berlainan.

4 Cara Hadirkan Meja Makan Kayu Jati dengan Harga yang Berbeda

Kayu Solid

Cara pertama ini bisa dibilang adalah cara konvensional. Cara ini sebagaimana cara-cara yang kita kenal, memanfaatkan kayu jati, terutama jati tua untuk membuat mebel. Hasilnya? Secara kualitas, kayu jati tua jelas akan membantu Anda menghasilkan meja makan jati terbaik. Keindahan, kekohan, sampai keawetan terbaik kayu Tectona grandis bisa Anda nikmati. Meja juga bisa dibuat dengan style yang klasik dengan hiasan ukiran untuk menambah kemewahan meja makan tersebut.

Tetapi, cara ini juga memiliki kekurangan. Seperti dijelaskan di atas, pembuatan meja makan dari kayu jati tua sama sekali tidak murah. Sejak awal, harga material kayu jatinya sendiri sudah begitu mahal. Sehingga produk akhirnya pun pasti akan ikut menjadi mahal. Bila pangsa pasar Anda adalah mereka yang tak begitu mempedulikan faktor harga, hal ini tak akan jadi masalah. Tetapi bila target pasar Anda adalah mereka yang harus menggunakan pertimbangan harga secara cermat, tentu cara ini bukan pilihan yang seharusnya diambil.

meja makan kayu jati bagus

Jati Muda

Cara kedua ini bisa dibilang lebih friendly terhadap faktor harga. Caranya, Anda bisa menggunakan kayu jati muda. Produk meja makan kayu jati muda memang akan berbeda dibanding produk meja makan jati tua. Secara umum, jati muda kalah indah, kalah kuat, kalah kokoh, dan kalah awet dibanding kayu jati tua. Akan tetapi, hal-hal tersebut dikompensasi dengan harga jati muda yang lebih murah. Supply kayu jati muda juga secara umum lebih lancar. Lancarnya supply material pokok ini akan membuat proses produksi menjadi lebih lancar. Dengan demikian, biaya produksi bisa dihemat lagi, dan Anda bisa menghadirkan meja makan dari kayu jati yang lebih terjangkau.

Veneer

Selain kayu jati muda, Anda juga bisa menggunakan veneer untuk aplikasi pembuatan meja makan kayu jati yang lebih murah. Veneer sendiri merupakan pelapis kayu yang terbuat dari potongan tipis kayu solid. Veneer sering dibuat dari kayu dengan estetika menarik karena pelapis ini memang berfungsi sebagai pelapis dekorasi.

veneer
veneer

Pemakaian veneer akan membuat Anda lebih berhemat karena material tersebut bisa diaplikasikan pada kayu olahan. Proses perekatannya sendiri dilakukan dengan perekat khusus berjenis lem laminasi. Sebagaimana yang Anda tahu, kayu olahan sendiri bisa dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Pemakaian MDF, HDF, kayu lapis, blockboard, hingga particle board akan membuat biaya pengeluaran pembuatan meja makan menjadi lebih hemat.

Tentu saja ada kekurangan yang ditemukan dibanding meja makan kayu jati solid. Misalnya, dari segi kekokohan dan kekuatan, jelas meja kayu olahan dan veneer jati kalah jauh dibanding meja serupa dari kayu jati solid.

Pelapis Sintetis dengan Motif Jati

Veneer adalah pelapis yang sifatnya alami atau organik. Sebab, pelapis ini terbuat dari kayu yang dipotong dengan sangat tipis. Di pasaran sendiri, pelapis yang bisa diterapkan untuk kayu olahan untuk membuat meja makan kayu jati bukan hanya veneer. Selain veneer, ada juga tipe pelapis non organik atau sintetis. Misalnya saja High Pressure Laminate dan PVC (polyvinyl carbon). Keduanya merupakan pelapis yang didesain oleh manusia secara khusus. Dibanding veneer jati, secara umum pemakaian pelapis sintetis seperti ini lebih murah. Akan tetapi, material tersebut juga memiliki kekurangan, misalnya ketidakmampuannya untuk diamplas atau difinishing ulang seperti veneer. Selain itu, kesan alaminya juga tidak sekuat pada veneer dan kayu solid, meskipun motif dan warna yang diterapkan adalah motif dan warna-warna alami.

Gunakan Crossbond X4 untuk Aplikasi Veneer Jati

lem untuk dinding kayu

Sebagaimana dijelaskan di atas, salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat meja makan kayu jati yang lebih terjangkau adalah dengan menggunakan veneer. Pemakaian veneer lebih hemat karena dikombinasikan dengan kayu olahan. Veneer juga lebih baik dari segi tekstur dan keindahan yang alami, tak seperti pelapis sintetis.

Namun demikian, aplikasi veneer membutuhkan perekat yang tepat. Pertama, perekat tersebut harus termasuk perekat berjenis laminasi. Berikutnya, lem yang diggunakan harus memiliki kualitas lem yang baik mulai dari daya rekatnya tinggi, cepat kering, mudah digunakan, dan lain sebagainya.

Perekat yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X4. Adhesive Crossbond X4 merupakan lem dengan formulasi dasar PVAc water based. Crossbond X4 memiliki berbagai kriteria ideal sebagai lem laminasi. Lem ini:

  1. Sangat kuat
  2. Tahan lama
  3. Daya sebar luas
  4. Ikatan tidak rusak oleh berbagai faktor
  5. Mudah digunakan
  6. Solid content tingi
  7. Hemat
  8. Cepat kering

Tertarik menggunakan lem ini untuk membuat meja makan kayu jati? Segera pesan via kontak CS yang tertera di atas!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here