Apa Sebenarnya Manfaat Lem Kayu Laminasi?

0
1981
panel kayu

Barangkali, Anda sudah sering mendengar istilah “lem untuk kayu laminasi”. Namun jangan khawatir bila Anda belum memahami apa manfaat lem kayu laminasi tersebut. Informasi di bawah ini akan membantu Anda mengenal fungsi salah satu jenis lem yang paling sering digunakan itu.

Dua Tipe Perekatan

produsen Lem Untuk bambu crossbond
Crossbond X4, lem laminasi

Lem laminasi pada dasarnya adalah tipe lem yang biasa diaplikasikan selain lem konstruksi. Bila lem konstruksi digunakan untuk kebutuhan konstruksi, maka lem laminasi digunakan untuk kebutuhan laminasi.

Tipe perekatan laminasi sendiri biasanya digunakan pada produk-produk yang “diluaskan” hingga ditebalkan. Tujuan khusus perekatan ini tentu memerlukan syarat adhesive yang didesain khusus. Lem biasanya harus memiliki kekentalan medium, daya sebar yang baik, hingga daya serap yang bagus. Tentu saja aspek-aspek lain seperti kekuatan dan ketahanan juga harus dipikirkan.

Berbagai Manfaat Lem Kayu Laminasi

Sebagaimana disebut di atas, lem laminasi digunakan untuk kebutuhan perekatan laminasi. Contoh berbagai manfaat lem ini adalah dalam pembuatan:

Multipleks

Tripleks, multipleks, atau plywood merupakan lembaran kayu yang disusun tumpang tindih menjadi satu. Hasilnya berupa lapisan kayu bertumpuk dengan lebar luas dan sifat lentur. Produk ini bisa digunakan untuk membuat mebel hingga jembatan.

Penggunaan Vinir

Aplikasi veneer tak bisa tidak membutuhkan lem kayu laminasi. Vinir yang berupa lembaran tipis harus diolesi dengan perekat yang baik agar bisa menempel dengan baik juga pada medianya.

mengelem vinir

Pemasangan Lantai

Selain multipleks atau kayu lapis, produk lain yang paling terkenal dengan perekatan laminasinya adalah lantai. Dalam aplikasi pemasangan lantai memang diperlukan lem khusus sebagai adhesive dengan dasarannya maupun dengan komponen lantai yang lain.

Panel Kayu

Panel kayu bisa digunakan sebagai komponen mebel sampai pembuatan dinding dalam bangunan. Aplikasi panel kayu akan membuat bangunan lebih asri, artistik, sampai etnik. Meski di rumah pribadi panel jarang digunakan, namun produk ini telah banyak digunakan untuk restauran, hotel, dan berbagai lokasi rekreasi lainnya.

panel kayu

Selain keempat produk di atas, sebenarnya masih banyak manfaat lem kayu laminasi lainnya. Pada dasarnya kebutuhan perekatan dengan ciri seperti 4 produk di atas pasti akan sangat memerlukan adhesive khusus berupa lem laminasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here