Mengenal Jenis Lem untuk Sambungan Kayu

0
3129
penyambungan kayu

penyambungan kayuSambungan kayu dapat dihasilkan dengan lem atau tanpa lem. Pada sambungan dengan lem, pemilihan jenis adhesive jelas amat krusial menentukan keberhasilan proses tersebut. Lantas seperti apa lem untuk sambungan kayu yang tepat menurut ragamnya? Berikut ini dijelaskan beberapa jenis lem. Pilihlah yang menurut Anda tepat sesuai tipe penyambungan dan kebutuhan perekatan secara keseluruhan.

Jenis Lem untuk Sambungan Kayu

Lem PVA

lem untuk sambungan kayu Crossbond™ X3
Crossbond™ X3

Lem Polyvinyl Acetate atau lem PVA adalah lem yang paling banyak digunakan oleh pelaku industri dan perseorangan. Lem ini terdiri dari berbagai tipe dan memiliki karakter masing-masing. Misalnya lem Crossbond™ yang secara khusus diformulasikan untuk perekatan konstruksi kayu dan lem Phaeton untuk perekatan yang lebih umum. Meski demikian, pada dasarnya lem ini tergolong sebagai produk yang paling mudah diaplikasikan.

Hide Glue atau Lem Kulit

Hide glue atau lem kulit adalah salah satu jenis lem yang paling lama digunakan manusia. Lem ini telah ditemukan sejak berabad lampau dan sebagaimana namanya, terbuat dari kulit binatang. Cara menggunakan lem hide adalah dengan memanaskan granula/partikel hide glue dengan air. Selanjutnya, tunggu hingga hide glue berubah menjadi solid atau padatan. Jenis adhesive ini jelas sangat cocok untuk kebutuhan pengeleman struktural di mana lem bukan sekedar sebagai bahan perekat, tetapi juga untuk mengisi gap.

Lem Epoksi

CS Lem Kayu

Lem untuk sambungan kayu yang termasuk jenis ini, terdiri dari dua komponen yakni resin dan hardener. Keduanya berupa cairan dan bila dicampur, akan tercipta padatan seperti lem resin. Keunggulan jenis lem ini adalah sifatnya yang tahan air dan mampu mengisi celah pada kayu.

Cyanoacrylate

Lem CA atau lem Cyanoacrylate adalah jenis adhesive yang digunakan untuk merekatkan dua material yang keras. Keunggulan lem ini adalah sifatnya yang cepat kering. Sedangkan aplikasinya dapat diterapkan pada berbagai jenis sambungan, termasuk untuk merekatkan kayu secara temporer seperti pada saat clamping.

Lem Polyurethane

Jenis lem polyurethane dapat dengan cepat mengering dan memiliki sifat tahan air. Tetapi, kecepatan kering lem yang begitu tinggi justru kadang menyulitkan para pekerja.

Manakah lem untuk sambungan kayu yang paling tepat? Jawabannya, tentu tergantung kebutuhan Anda hingga kondisi kayu itu sendiri. Selain itu, pertimbangkan pula hal-hal seperti sifat tahan air lem, kemampuannya mengisi gap, dll.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here