Karena Kayu Penting, Ini Manfaat Lem untuk Kayu yang Jarang Kita Duga

0
1559
lem untuk kayu

lem untuk kayuKayu bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Meskipun demikian, fungsi kayu tersebut tak akan terwujud tanpa adanya bahan-bahan pendukung yang bisa menyambungkannya.

Salah satu bahan yang tak bisa diabaikan dalam pemanfaatan kayu ialah lem untuk kayu. Lem yang berguna merekatkan bagian-bagian sebuah produk memainkan peran krusial yang hampir tak tergantikan. Bersama paku dan berbagai alat-alat penyambung lainnya, lem akan berdampak pada kekokohan hingga estetika produk.

Mengapa Menggunakan Lem untuk Kayu?

Penggunaan lem kayu diterapkan dengan beberapa pertimbangan. Orang bisa saja menggunakan paku, skrup, dan sebagainya, namun lem memiliki kelebihan karena mampu membentuk permukaan kayu yang lebih halus tanpa penampakan bahan non kayu.

Selain itu, untuk aplikasi pembuatan bahan tertentu seperti papan (plywood) dan vinir, maka lem hampir tak tergantikan. Bayangkan saja Anda menempelkan vinir pada sebuah media menggunakan skrup! Tentu hasilnya sangat jelek.

Lem untuk Kayu dan Alat Musik

main gitarKetika orang bicara mengenai lem kayu, kerap yang dibayangkannya adalah industri mebel. Padahal sebagaimana disebut di atas, lem digunakan sejauh kayu digunakan. Salah satunya adalah dalam pembuatan alat musik.

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas bagaimana lem ternyata memiliki pengaruh besar pada berbagai alat musik, termasuk suara yang dihasilkan! Pengaruh seperti ini sangat besar namun sayangnya jarang dimengerti mereka yang baru di bidang pembuatan alat musik.

Jangan Lupa Keamanannya!

Dalam proses penggunaan lem kayu, kita tentu mempertimbangkan banyak faktor mulai dari daya rekat, ketahanan, lama kering, sampai cara aplikasi lem. Namun yang tak boleh dilupakan adalah aspek keamanan adhesive tersebut. Apalagi untuk kebutuhan perekatan yang memang memiliki syarat aman ketat seperti:

  1. Mainan kayu
  2. Alat makan seperti talenan

lem talenan aman

Pada berbagai kebutuhan di atas, syarat aman yang dianjurkan adalah food grade, atau lem aman bersentuhan dengan alat untuk konsumsi. Dengan demikian harapannya, lem tidak menjadi sumber racun dalam pemanfaatan kayu tersebut.

Sangat penting bukan manfaat lem untuk kayu? Mengingat perannya yang memang penting, maka membelinya dengan hati-hati merupakan syarat bila Anda ingin produk kayu yang berkualitas baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here