Memilih Lem untuk Deck Pool Tahan Lama? Crossbond Jawabannya!

0
839
lantai kolam renang dari kayu (2)

Berbagai hotel hingga resort sering menyediakan fasilitas kolam renang bagi para tamunya. Keberadaan kolam renang ini tak jarang dipercantik dengan penggunaan deck pool atau lantai kolam renang yang menarik. Misalnya dek pool yang terbuat dari kayu. Yang jadi masalah, pemasangan dek dari kayu tersebut memerlukan adhesive atau lem kayu. Padahal, tak semua lem kayu bisa digunakan. Lantas apa lem untuk deck pool yang tepat?


Memahami Bonding pada Pengeleman

Sebelum membahas mengenai apa lem yang tepat untuk lantai kayu kolam renang, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas mengenai “bonding”. Bonding atau perikatan adalah proses yang jamak terjadi pada reaksi kimia. Pada bahasan mengenai perekatan sendiri, bonding mengacu pada terjadinya ikatan antara media dengan lem, serta lem dengan lem. Bonding akan membuat lem yang semula cair menjadi keras dan kering. Cara kerjanya sendiri sangat beragam tergantung lem yang digunakan. Di pasaran, sampai saat ini, dikenal dua jenis lem yang mengeras dengan cara berlainan, yakni lem reaktif dan lem non reaktif.

Lem reaktif adalah lem yang berproses sebagai lem tatkala dilakukan pencampuran antara dua zat atau satu zat dengan faktor lingkungan. Lem reaktif bisa dibedakan atas lem 1 komponen dan lem 2 komponen. Lem satu komponen adalah lem yang memanfaatkan suatu zat yang akan menjadi lem tatkala bereaksi dengan faktor lingkungan seperti suhu dan kelembaban. Sedangkan lem 2 komponen adalah lem yang beraksi tatkala dua zat dicampurkan satu sama lain.

Adapun, lem non reaktif adalah lem yang tidak perlu terjadinya reaksi dengan bahan atau faktor lain. Lem-lem seperti ini mengeras akibat pengeringan, pengepresan, dan berbagai metode lainnya yang tak bisa disebutkan satu persatu. Tatkala telah mengeras, ia akan mengikat permukaan medianya.

CS Lem Kayu

Apa pentingnya mengetahui ini bila bicara mengenai lem untuk pool deck? Jawabannya sangat penting. Selama ini banyak yang sering mengira bahwa perekatan adalah proses yang sederhana. Toh, yang terlihat memang sangat sederhana. Orang hanya perlu mengoleskan lem pada permukaan media lalu menangkupkannya satu sama lain. Padahal yang terjadi pada proses perekatan tersebut begitu kompleks. Syarat utama terjadinya ikatan adalah ketika molekul lem punya afinitas atau dapat mengikat molekul permukaan media. Bila tidak cocok, maka ikatan tak akan terjadi, dan pengeleman pun gagal dilakukan. Contohnya saja saat Anda mengelem besi dengan lem kayu. Anda bisa mencoba berkali-kali tapi pasti akan gagal juga.

Perlunya Ikatan Lem yang Stabil

Nah dengan memahami bahwa perekatan sejatinya adalah proses kimia, kita pun akan memahami bahwa ikatan yang terjadi tersebut tidak mungkin bersifat permanen. Tak akan ada lem yang dapat mengikat suatu produk untuk selama-lamanya. Namun memang, ikatan lem yang satu dengan yang lain bisa berlainan dari segi rentang waktu. Ada lem yang mampu mengikat media dalam waktu lama, dan ada pula yang tidak.

lantai kolam renang dari kayu (3)

Saat memilih lem untuk pool deck, tentu aspek seperti ini harus diperhatikan. Mengapa? Sebab, selain daya rekatnya yang memang harus kuat, lantai kayu kolam renang berada di lokasi heavy duty. Pada lokasi ini, paparan air hingga panas matahari begitu kuat. Apalagi banyak hotel dan resort yang membangun kolam renangnya di luar bangunan, baik di tamannya ataupun di bagian atas gedung.

Paparan sinar matahari yang tinggi hingga guyuran air hujan bisa menyebabkan ikatan lem menjadi lemah bahkan hilang sama sekali. Bila ini terjadi, maka kualitas lantai kayu akan menurun. Awalnya, ikatan lemah lem tak akan begitu terasakan dampaknya. Namun seiring berjalannya waktu, akan terjadi ketidaknyamanan yang makin hari makin parah. Ketidaknyamanan ini bisa berupa:

1. Tidak kokohnya lantai kayu ketika diinjak. Biasanya akan terasa semacam goyangan kecil pada lantai.
2. Suara berdecit yang makin lama makin menganggu
Selain itu, hilangnya daya rekat lem akibat faktor matahari ataupun air juga dapat membuat pelapukan terjadi lebih cepat. Misalnya, karena lantai lepas satu sama lain, akibatnya air bisa lebih cepat masuk dan merembet pada bagian lantai yang lainnya.

Tips Memilih Lem untuk Deck Pool yang Bagus

Dari persoalan di atas, berikut ini kami sarankan beberapa tips penting untuk memilih lem kayu kolam renang yang cocok dan kualitasnya baik:

1. Pilih lem yang memiliki resistensi pada kelembaban
2. Pilih lem yang resisten pada sinar matahari
3. Pilih lem yang tahan pada perubahan suhu (temperature resistance)

Ringkasnya, pilihlah lem yang didesain untuk outdoor atau eksterior. Lem untuk eksterior umumnya telah diformulasikan secara khusus di mana ikatan yang dihasilkan tak akan mudah rusak.

Tapi selain aspek ketahanan, jangan lupa untuk memperhatikan berbagai aspek lainnya yang juga tidak kalah penting. Misalnya aspek kekuatan lem, keamanan, dampaknya pada kelancaran proses produksi, harganya, dan masih banyak lagi.

Ini Dia Lem untuk Pool Deck yang Tahan Lama

Meski penting, kami tak akan memungkiri bahwa memilih lem yang tepat untuk dek pool memang tak semudah yang dibayangkan. Apalagi bagi mereka yang masih awam. Di Indonesia sendiri, jangankan lantai kayu pool dek, lantai kayu parquet saja masih jarang diterapkan. Akibatnya, banyak tukang bangunan yang sering kesulitan menentukan lem yang tepat untuk dipakai. Tak jarang mereka hanya menggunakan lem untuk lantai kayu seadanya. Bahkan bila lem tersebut hanya untuk indoor saja.

Nah, sebagai bahan rekomendasi, kami merekomendasikan merk lem untuk pool deck yang kualitasnya bagus. Lem tersebut adalah Crossbond X4. Sebagai lem polyvinyl acetate, Crossbond X4 adalah lem polymer disperse. Lem ini akan mengeras akibat proses pengeringan yang berjalan dengan cepat. Ikatannya didesain dengan inner cross linker modifier yang menguatkan perekatan adhesi dan kohesi. Sedangkan resistensinya diperkuat dengan modifikasi modern yang membuatnya dapat diandalkan dalam suasana heavy duty.

Lem Crossbond juga hadir dengan berbagai keunggulan lainnya. Lem ini:

1. Memiliki daya rekat yang sangat baik
2. Tahan lama
3. Cepat kering
4. Mudah digunakan karena merupakan lem non reaktif yang mengikat dengan proses drying
5. Bau tak begitu menyengat
6. Tahan lama
7. Ramah lingkungan

Lem untuk Deck Pool

Lem ini juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. lem untuk pool deck ini akan membantu Anda mewujudkan kolam renang atau pool yang indah, menawan, dan awet.

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here