Mau Beli Lem Triplek Tahan Air? Baca Dulu Penjelasan di Bawah Ini

0
123

Kenapa lem triplek tahan air banyak dicari? Jawabannya tentu saja karena lem dengan kualitas tersebut bisa memberikan resistensi yang luar biasa. Dan sebagai efeknya, produk plywood yang direkatkan bisa digunakan untuk kebutuhan heavy duty yang sering terpapar dengan air. Masalahnya, memangnya ada adhesive dengan kualitas tersebut?

Ketika hendak membeli lem untuk plywood, tentu ada berbagai faktor yang harus kita pertimbangkan. Kita harus memerhatikan daya rekat, efeknya pada estetika, hingga harganya. Terlebih, bila kita sedang mencari adhesive untuk kebutuhan usaha. Tentu aspek-aspek yang harus diperhatikan tidak sedikit. Salah beli bisa berakibat pada kerugian yang dialami usaha Anda.

Salah satu aspek yang begitu penting diperhatikan kala membeli lem kayu lapis adalah aspek ketahanan. Ketahanan lem berbeda dengan daya rekatnya. Ketahanan lem mengacu pada derajat kestabilan ikatan lem tatkala terpapar berbagai faktor eksternal. Misalnya saja ketika terpapar dengan air.

Lem Triplek Tahan Air

Ketahanan lem pada air sebenarnya sudah sering diujikan. Caranya pun begitu sederhana. Pertama, kita mengaplikasikan lem pada 2 media hingga kering. Setelah perekatan tersebut stabil, media yang dilem kemudian direndam pada air bersih dengan pH netral.

CS Lem Kayu

Semakin lama ikatan lem lepas, maka produk akan disebut sangat tahan air. Sebaliknya, semakin cepat ikatan lem lepas, maka produk akan disebut sangat tidak tahan air.

Secara spesifik, pengujian juga bisa dilakukan dengan jenis paparan air yang berbeda-beda. Misalnya, untuk menguji ketahanan lem pada air untuk garden furniture, kita bisa mengetesnya menggunakan air hujan. Namun untuk mengetes ketahanan air untuk kayu kapal, tentu pengetesannya pun harus melibatkan air asin dan berombak.

lem triplek tahan air

Kenapa Orang Mencari Lem Triplek Tahan Air?

Tentu ada alasan khusus kenapa beberapa orang merasa perlu mendapatkan lem triplek yang waterproof. Umumnya, mereka:

  1. Mencari lem untuk membuat garden furniture
  2. Mencari lem untuk membuat moda transportasi air seperti perahu dan kapal
  3. Mencari lem untuk membuat wadah air seperti bak kayu

Untuk kebutuhan-kebutuhan seperti ini, sifat waterproof memang begitu dicari. Secara umum pun sifat tahan air pasti sangat menguntungkan. Produk akan jauh lebih tahan lama karena ikatan lemnya begitu stabil.

Baca juga: Mengenal Jenis Lem Kayu untuk Furnitture

Memangnya Ada Lem Triplek Tahan Air?

Mendapatkan lem yang memiliki ketahanan pada air memang hal yang menguntungkan. Namun masalahnya, produk seperti itu belum tentu ada di pasaran.

Lem yang tahan air umumnya menggunakan formula yang keras seperti epoxy dan PU. Namun formula adhesive tersebut biasanya diterapkan pada perekatan pipa, logam, hingga keramik. Kadang-kadang, ketika diaplikasikan pada plywood, lem justru akan merusak kayu lapis secara kimiawi.

Lagipula, dari aspek pemakaian, sebenarnya pun lem plywood yang waterproof tak begitu diperlukan. Sebab plywood sendiri jarang digunakan untuk membuat produk yang rentan terkena air.

Plywood umumnya dipakai untuk membuat produk indoor seperti almari hingga meja. Sebab, plywood sendiri tidak waterproof. Oleh karena itu, pengolahan material ini tak begitu membutuhkan dukungan bahan yang punya resistensi baik pada air.

Untuk Lem yang Tahan Lembab, Kami Punya Dua Solusinya

Seperti diterangkan di atas, hampir tidak berguna mencari lem plywood yang waterproof. Bilapun Anda mendapatkannya, kemungkinan besar formulasinya terlalu keras untuk bahan kayu lapis.

Akan lebih realistis bila Anda mencari lem tahan lembab. Lem seperti ini bisa digunakan untuk membuat furniture interior berbahan kayu lapis yang tahan lama. Dengan demikian, lem-lem tersebut sangat cocok digunakan dalam industri pengolahan plywood yang biasanya memang difokuskan sebagai material mebel indoor.

Nah, untuk keperluan ini, kami memiliki dua produk yang bisa Anda gunakan.

lem triplek tahan air

Lem Crossbond

Lem pertama yang kami sarankan adalah Crossbond. Terdapat dua jenis Crossbond yang bisa digunakan, yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 digunakan untuk mengelem joint atau sambungan kayu. Sedangkan CrossbodnX4 digunakan untuk merekatkan permukaan lebar, seperti veneer dengan plywood, atau plywood dengan plywood.

Crossbond sendiri menggunakan formula PVAc (untuk Crossbond X3) dan PVAc modified khusus untuk outdoor (Crossbond X4). Keduanya, meski bukan lem triplek tahan air, namun memiliki resistensi yang sangat baik pada berbagai faktor lainnya. Lem ini pun sangat rekat, hemat, tidak merusak estetika, dan mudah menyebar.

Lem Eva Phaethon

Lem kedua yang kami sarankan adalah Eva Phaethon. Eva Phaethon merupakan lem dengan formula ethylene vinyl acetat. Lem ini pun merupakan lem tahan kelembaban yang baik, meski bukan lem triplek tahan air.

Eva Phaethon bisa digunakan untuk merekatkan plywood dengan bahan pelapis sintetis seperti HPL (High Pressure Laminate) dan PVC. Pasalnya, lem ini memiliki kemampuan merekatkan media dengan porositas berbeda. Seperti yang kita tahu, kayu olahan adalah kayu dengan porositas tinggi, sedangkan pelapis seperti High Pressure Laminate hampir tak memiliki porositas sama sekali.

Dan sama seperti lem Crossbond, Eva Phaethon pun hadir dengan kualitas yang lengkap. Lem ini bukan hanya murah, namun juga sangat rekat, hemat, dan sangat mudah menyebar.

Beli Lem Triplek Tahan Lembab di Sini!

Yuk, beli dan dapatkan lem Crossbond dan Eva Phaethon di lemkayu.net. Kedua produk tersebut memang kami sediakan di sini. Anda tinggal memesan saja ke Customer Service kami, dan Customer Service akan memandu Anda dalam proses pembelian yang cepat, mudah, dan terpercaya.

Selain itu, tentu saja Anda juga bisa melakukan pembelian secara konvensional atau langsung. Anda tinggal mendatangi kami di Bio Service Point dan agen Bio Industries. Kehadiran Anda selalu kami nantikan lho.

Baca juga: Jenis-jenis Particle Board

Simpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan:

  1. Dalam membeli adhesive, apalagi untuk membangun usaha kita, ada berbagai aspek yang harus diperhatikan. Selain aspek daya rekat, harga, dan keindahan, kita juga perlu memerhatikan ketahanan.
  2. Secara definitive, ketahanan lem bisa diartikan sebagai kestabilan daya rekat lem ketika terpapar berbagai faktor eksternal. Semakin stabil, maka lem semakin tahan lama.
  3. Salah satu aspek yang bisa digunakan untuk menilai ketahanan produk adhesive adalah air.
  4. Pengujian ketahanan lem pada air bisa ditentukan dari lamanya perekatan bertahan ketika produk yang direkatkan tersebut dicelupkan pada air.
  5. Namun, mencari lem seperti itu sangat sulit. Kebanyakan merupakan lem berformula keras untuk merekatkan logam seperti besi.
  6. Selain itu, meski lem sudah tahan air pun, plywood bukanlah bahan yang tahan terhadap air.
  7. Akan lebih tepat mencari lem yang tahan kelembaban. Dan untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa mengandalkan produk kami, yakni lem Crossbond dan lem Eva Phaethon.

Semoga penjelasan tentang lem triplek tahan air ini bermanfaat ya. Terus ikuti berbagai informasi menarik yang lain di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here