Butuh Lem Pipa? Sebaiknya Anda Baca Ini Dulu agar Tak Salah Pilih

0
158
lem pipa

Apa ya lem pipa yang bagus untuk digunakan? Apakah Eva Phaethon dapat diandalkan untuk perekatan bahan ini? Mari, temukan jawabannya di bawah ini.

Pipa merupakan produk serbaguna yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahan berbentuk silindris memanjang ini biasa digunakan untuk saluran air, kabel, dan untuk pembuatan alat-alat tertentu.

Hampir selalu, pipa menggunakan bahan sintetis PVC. Sifat semua bahannya uumnya adalah tahan air, sangat solid (rapat), dan bukan merupakan penghantar panas yang baik. Sifat-sifat ini disesuaikan dengan manfaat pipa yang umumnya dipakai untuk sistem perairan hingga kelistrikan.

Dalam hal ini, pipa menawarkan dua fungsi:

  1. Sebagai saluran atau tempat untuk mengalirnya zat tertentu dari sebuah sumber ke tempat lain
  2. Sebagai pelindung, yakni untuk melindungi bahan seperti kabel agar lebih aman
CS Lem Kayu

Beberapa seniman kontemporer menggunakan pipa untuk karya-karya mereka. Namun, penggunaan bahan ini untuk kebutuhan seni jelas sangat terbatas. Pipa lebih sering dimanfaatkan menurut fungsinya, bukan untuk menampilkan suatu estetika tertentu.

Perlu Direkatkan dengan Lem Pipa yang Bagus

Masyarakat telah memanfaatkan pipa dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dan kadang-kadang, dalam pemanfaatan tersebut, ada kalanya kita perlu mengelem pipa. Tapi merekatkan bahan PVC jelas tidak mudah.

Kita bisa saja merekatkan kayu atau bambu dengan lem PVAc yang dijual di pasaran. Kita juga bisa dengan mudah merekatkan wallpaper menggunakan adhesive seperti Ultra Phaethon. Tapi pipa PVC?

Pipa PVC memiliki porositas sangat rendah. Merekatkan bahan yang porositasnya rendah bukanlah sesuatu yang enteng. Dalam hal ini, lem yang dibutuhkan sangat spesifik. Namun secara umum kita bisa membedakannya menjadi 2.

Untuk Kebutuhan Heavy Duty di Mana Kebocoran Tak Boleh Terjadi

Sambungan pipa kadang dibutuhkan dengan spesifikasi yang tinggi. Area sambungan benar-benar harus lekat dan tak boleh bocor.

Untuk kebutuhan seperti ini, Anda sebaiknya membeli produk “semen PVC” atau PVC cement. Produk tersebut tersedia dalam berbagai merk dan harga. Kinerja pengelemannya sangat khas, di mana lem bersifat seperti las (welding).

Tips untuk aplikasi lem pipa PVC seperti ini:

  1. Lakukan dengan cepat sebab bila tidak area rekatan akan mengering
  2. Area sambungan harus dibersihkan dan dikeringkan dulu
  3. Area yang dipotong untuk disambung sebaiknya diamplas halus supaya tidak bergerigi dan menyebabkan perekatan kurang sempurna
  4. Alat keamanan diri harus dipakai karena pengeleman dengan bahan seperti ini bisa menyebabkan iritasi hingga reaksi yang tak diinginkan lainnya
  5. Putar pipa ketika dimasukkan ke pipa yang lain supaya lem menyebar
  6. Tunggu lem mengering, jangan terburu-buru

Untuk Kebutuhan Pengeleman Biasa

lem pipa

Pengeleman menggunakan PVC cement memang tricky. Namun hasil sambungannya nanti benar-benar kuat dan bagus. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan heavy duty.

Akan tetapi, seperti dijelaskan di atas, tidak semua perekatan pipa adalah perekatan heavy duty. Kadang, kita perlu lem untuk kebutuhan yang lebih ringan. Misal, kita memiliki sisa pipa tak terpakai yang hendak digunakan untuk membuat rak dan kerajinan.

Untuk kebutuhan seperti ini tentu Anda tak perlu mencari adhesive PVC cement yang mahal itu. Anda cukup menggunakan adhesive yang bisa merekatkan permukaan media dengan porositas yang rendah. Misalnya saja dengan menggunakan adhesive multipurpose yang salah satu merk-nya adalah Eva Phaethon.

Eva Phaethon sebagai Lem Pipa Andalan

Eva Phaethon adalah lem dengan bahan utama ethylene vinyl acetate. Lem ini merupakan multipurpose adhesive EVA based yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Selama ini, kami sering merekomendasikan Eva Phaethon untuk perekatan bahan HPL, jilid buku, dan wallpaper. Namun sebagai lem multifungsi, guna adhesive ini sebetulnya sangat beragam, termasuk untuk membuat kerajinan atau perabot yang menggunakan bahan pipa.

Cara aplikasi Eva Phaethon pun sederhana saja, yakni:

  1. Pembersihan dan pengeringan permukaan yang hendak dilem
  2. Pengolesan Eva Phaethon di salah satu permukaan media saja
  3. Perekatan antar kedua pipa atau bahan yang ingin disatukan
  4. Pengeringan
  5. Selesai!

Sebagai lem pipa, khusunya untuk keperluan non heavy duty, lem ini pun tetap menawarkan beberapa keunggulan seperti:

  1. Tidak glue line, dan warna lem akan samar pada pipa. Aspek estetika Eva Phaethon tak perlu dipertanyakan lagi.
  2. Memiliki daya rekat yang sangat kuat untuk bahan dengan porositas rendah seperti PVC, HPL, dan lainnya
  3. Bukan hanya bisa digunakan untuk merekatkan pipa dengan pipa, namun lem ini juga bisa digunakan untuk merekatkan bahan pipa dengan non pipa.
  4. Penggunaan yang hemat dan harga yang lebih terjangkau.
  5. Secara umum merupakan lem yang mudah digunakan
  6. Aspek keamanan yang baik sehingga cocok untuk pembuatan aneka produk yang eco friendly (ramah lingkungan)

Kontak dan Pemesanan

cara memperbaiki wallpaper mengelupas

Penggunaan lem pipa yang bagus pada akhirnya diperlukan untuk hasil yang juga bagus. Dan seperti dijelaskan di atas, untuk keperluan perekatan non heavy duty, Anda bisa menggunakan produk kami, Eva Phaethon.

Pemesanan Eva Phaethon bisa dilakukan dengan menghubungi CS kami apabila Anda tertarik. CS akan memroses pesanan Anda dan segera mengirimkannya setelah dilakukan pembayaran. Sedangkan untuk pembelian konvensional atau secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point.

Dengan membeli Eva Phaethon, Anda juga berhak mendapatkan layanan konsultasi gratis dari kami. Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi CS kami apabila Anda merasa kesulitan mengaplikasikan lem ini. Atau, Anda hanya sekadar butuh beberapa tips untuk aplikasinya.

Penutup

Berdasarkan penjelasan panjang tentang lem pipa di atas, beberapa poin bisa kita ringkas sebagai berikut.

  1. Pipa adalah bahan berbentuk silindris yang biasanya terbuat dari material sintetis seperti PVC. Pipa sering digunakan untuk saluran air hingga untuk pelindung kabel.
  2. Kadang kala, ada juga yang menggunakan material ini untuk membuat benda kerajinan dan perabot rumah tangga. Hanya saja, penggunaan untuk kebutuhan ini tidaklah begitu besar.
  3. Dalam penggunaannya, pipa kadang kala perlu direkatkan satu sama lain, atau ditempelkan ke material yang lain. Masalahnya, sama sekali bukan hal yang mudah untuk mendapatkan lem yang tepat untuk material ini.
  4. Meski demikian, secara umum kita bisa membedakan lem menurut dua tipenya. Pertama adalah lem untuk kebutuhan heavy duty. Lem ini harus benar-benar merekatkan tanpa kebocoran. Untuk keperluan tersebut, Anda bisa menggunakan lem cement pipa khusus. Silahkan ke toko bangunan dan tanyakan lem cement PVC.
  5. Adapun untuk kebutuhan kedua, diperlukan lem non heavy duty. Misalnya untuk membuat kerajinan dan barang-barang dengan pipa. Untuk kebutuhan seperti ini, Anda dapat menggunakan adhesive kami, lem Eva Phaethon yang berformula ethylene vinyl acetate (EVA).

Semoga informasi mengenai lem pipa ini bermanfaat ya. Update dan simak beragam artikel informative lainnya di situs adhesive andalan, lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here