Tutorial Mudah Membuat Meja Hiasan dengan Ranting dan Tali

0
1612

Sering disepelekan, keindahan meja hiasan bisa membuat ruangan menjadi cantik. Di kesempatan ini, kami akan bagikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk membuat berbagai meja hias tersebut. Ada setidaknya 3 panduan atau tutorial yang bisa Anda ikuti di bawah ini. Yang jelas, gunakan Crossbond pada berbagai cara tersebut.

Make Over Meja Lama dengan Ranting

Deskripsi Meja Hiasan yang akan Dibuat

Produk yang akan dibuat adalah meja yang dihias dengan menggunakan ranting. Rangka awal meja bisa dibuat baru, atau menggunakan meja lama yang sudah ada. Pada langkah-langkah di bawah ini, meja hanya dimake-over atau berasal dari meja yang lama.

Alat dan Bahan

1. ranting pohon
2. lem Crossbond
3. Biopolish atau bahan finishing (sesuai selera)
4. papan tripleks
5. paku dan peralatan woodworking standar lainnya

Langkah-langkah Membuat Meja Hiasan dari Ranting

CS Lem Kayu

1. Siapkan meja lama yang akan diubah menjadi meja hias. Sebaiknya pilih produk yang ukurannya kecil. Anda juga bisa makeover dari meja hias yang sudah ada. Bersihkan supaya benar-benar bebas dari debu dan kotoran, bila perlu lakukan pengamplasan. Selanjutnya, pastikan meja rata dan kering.
2. Potong tripleks. Tripleks akan dipakai untuk menutupi seluruh sisi samping meja. Jadi, ukur dulu meja Anda dan tentukan potongan tripleks berdasarkan ukuran tersebut.
3. Rekatkan tripleks pada seluruh sisi meja sehingga kini meja seperti lemari kecil tanpa pintu. Gunakanlah Crossbond untuk melakukannya. Agar makin kuat, lakukan pemakuan di beberapa sisi.
4. Biarkan lem mengering. Gunakan clamp press bila Anda memilikinya. Bila tidak, Anda bisa coba untuk memastikan tripleks tidak berpindah posisi dengan menalinya atau menjepit meja dengan benda lain. Intinya, pastikan papan tak berpindah posisi sebelum lem benar-benar kering.
5. Sementara itu, siapkanlah ranting kayu. Pilih ranting yang bagus. Jangan yang terlalu rapuh. Juga, jangan memilih ranting yang berjamur dan punya indikasi kerusakan lainnya.
6. Bersihkan ranting. Potong sesuai ukuran tinggi meja. Dan buat dalam jumlah banyak yang sekiranya akan menutupi seluruh sisi meja (seluruh bagian tripleks).
7. Dengan Crossbond, rekatkan potongan ranting pada seluruh sisi meja,
8. Selesai. Kini Anda tinggal menerapkan finishing sesuai selera. Bila Anda tak ingin mengecatnya, Anda bisa coba gunakan semir kayu atau wood polish Biopolish.

Membuat Meja Hiasan dengan Serat Alam

Deskripsi Meja Hiasan yang akan Dibuat

Meja akan dihias dengan anyaman atau tali serat alam yang dililitkan sedemikian rupa. Pada contoh ini, meja yang dimaksud adalah meja bundar dengan kaki meja tunggal.

Alat dan Bahan

1. Tali serat alam
2. Meja dengan satu kaki
3. Bahan finishing atau cat
4. Lem Crossbond
5. Gunting dan berbagai perlengkapan woodworking standar lainnya
6. Kuas

Langkah-langkah Membuat Meja Hiasan dari Serat Alam

1. Siapkan meja lama yang akan diubah menjadi meja hias. Sebaiknya pilih produk yang ukurannya kecil. Anda juga bisa makeover dari meja hias yang sudah ada. Bersihkan supaya benar-benar bebas dari debu dan kotoran, bila perlu lakukan pengamplasan. Selanjutnya, pastikan meja rata dan kering.
2. Siapkan tali serat alam. Gunakan berbagai tali serat alam yang Anda punya. Tapi sebaiknya pilih yang belum difinish, agar tali lebih mudah untuk ditempelkan.
3. Olesi bagian kaki meja dengan lem Crossbond. Olesi secara merata dan secukupnya.
4. Lilitkan tali mengelilingi kaki meja sampai semua permukaan kaki terlilit.
5. Aplikasikan finishing dengan tampilan yang Anda suka. Anda bisa menerapkan warna natural transparan ataupun menerapkan warna-warna solid yang menarik.
6. Selesai! Kini Anda punya meja hias dengan penampilan yang sangat “vintage”. Meja seperti ini akan cocok diletakkan di ruangan dengan style interior desain coastal, farmhouse, dan masih banyak lagi.

meja hiasan tali 2

Membuat Meja Hiasan dengan Akar dan Burl atau Bisul Pohon

Deskripsi Meja Hiasan yang akan Dibuat

Kali ini, meja benar-benar dibuat baru. Jadi bukan sekedar makeover meja. Bahan yang digunakan bisa berupa bagian bonggol akar atau burl. Burl atau bisul pohon adalah bagian bulat menonjol di batang yang biasanya terbentuk akibat luka atau kelainan jaringan. Burl dan bonggol agak sulit didapatkan. Benda ini kerap jadi incaran berbagai pelaku usaha mebel ekspor. Apabila Anda baru menebang pohon dan memiliki burl-burl ini di batang pohon tersebut, segera manfaatkan untuk kebutuhan Anda sendiri.

Alat dan Bahan

1. Burl atau bisul atau bonggol pada pohon
2. lem Crossbond
3. 4 potongan kayu sebagai kaki meja
4. dowel
5. gergaji dan berbagai perlengkapan woodworking standar lainnya
6. clamp press
7. bor
8. bahan finishing dengan warna sesuai selera. Tapi kami sarankan untuk mengaplikasikan warna natural transparan agar keindahan burl serta bonggol betul-betul terekspos dengan cantik.

Langkah-langkah Membuat Meja Hiasan dari Ranting

1. Siapkan dulu burl atau bonggol yang hendak digunakan
2. Potong bagian pohon tersebut. Potonglah dengan ketebalan yang baik agar nanti bisa disambungkan dengan dowel. Selain itu, burl yang tebal juga akan membuat meja terlihat lebih kokoh.
3. Amplas burl atau bonggol sampai benar-benar halus dan merata.
4. Siapkan kaki meja. Anda bisa menggunakan kaki meja tunggal, atau 4. Amplas potongan kayu untuk kaki sampai halus dan rata.
5. Buat lubang untuk aplikasi dowel menggunakan bor, baik pada kaki ataupun pada papan meja.
6. Oleski dowel dengan Crossbond X3, lalu pasang kaki di burl. Lakukan satu per satu sampai seluruh kaki terpasang. Gunakan clamp press agar ikatan Crossbond benar-benar kuat.
7. Aplikasikan finishing pada meja hiasan tersebut. Sebagaimana disebut di atas, kami menyarankan untuk mengaplikasikan warna natural transparan agar keindahan burl serta bonggol betul-betul terekspos dengan cantik.
8. Selesai! Kini Anda memiliki meja hias yang sangat menawan. Jangan lupa, rawat terus meja tersebut agar tidak mudah rusak dan selalu terlihat indah.

Mengapa Crossbond?

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Seperti dijelaskan di atas, adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond. Mengapa Crossbond? Sebab lem PVAc water based ini memiliki berbagai aspek yang membuatnya unggul dibanding adhesive lain. Misalnya dalam hal daya rekat, Crossbond diformulasikan dengan inner cross linker modifier. Lem ini juga tahan kelembaban meskipun merupakan lem putih (polyvinyl acetate). Selain itu, Crossbond juga mudah digunakan oleh orang awam. Anda yang tak memiliki skill khusus pun bisa menggunakan lem ini dengan baik karena cara kerjanya yang memang sederhana namun bisa memberikan ikatan atau bonding strenght sangat kuat.

Nah, demikian artikel kali ini mengenai cara membuat aneka meja hiasan. Menarik bukan? Update terus artikel dari kami untuk mendapat tutorial unik lainnya ya. Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here