Kantor Lebih Bergairah dengan Meja Kerja Minimalis

0
1160
meja kantor minimalis (2)

Tahukah Anda bahwa salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun suasana kerja yang baik adalah dengan memperhatikan perabotnya? Mungkin seolah sepele, tapi kenyataannya, ada pengaruh antara kedua hal tersebut. Karena itulah, Anda mungkin perlu mempertimbangkan membeli meja kerja minimalis dibanding meja kerja jenis yang lain.

Bayangkan Anda bekerja di kantor yang lingkungannya tak ideal. Cat dindingnya sudah lusuh, ukuran kantornya kecil, dan perabotannya pun tak nyaman digunakan. Pasti mempengaruhi suasana kerja bukan? Beda rasanya ketika kita bekerja di kantor yang lingkungannya mendukung. Apalagi bila suasana kantor memang dibuat sedemikian rupa supaya pekerja nyaman.

Lingkungan kantor memang sangat berpengaruh pada kinerja seluruh pekerjanya. Dan efek yang ditimbulkan pun tak sekedar soal aspek kenyamanan. Lingkungan kantor akan mempengaruhi persepsi pekerja terhadap tingkat prospektivitas pekerjaan di kantor tersebut. Semakin baik persepsinya, akan semakin bagus performa pekerja. Karena itulah, perusahaan-perusahaan di negara maju atau di Indonesia yang dibangun dengan konsep modern, tak pernah abai terhadap lingkungan perusahaannya. Bahkan banyak yang berusaha menghadirkan lingkungan kerja yang lebih relaks dan tidak monoton. Hal-hal demikian muaranya adalah untuk membuat pekerja lebih nyaman bekerja sehingga produktivitasnya meningkat.

Membuat Kantor dengan Konsep yang Kuat

Untuk meningkatkan performa kinerja, kantor harus dibuat dengan khusus. Salah satunya adalah dengan menciptakan konsep yang kuat. Dari konsep tersebut perlu ada nilai-nilai yang ditunjukkan. Misalnya, untuk membangun kantor yang energic, kita bisa menggunakan warna orange yang ceria. Beberapa bagian kantor harus didekorasi sehingga menciptakan lingkungan kerja yang dinamis. Beda lagi bila kita ingin menciptakan suasana kantor yang efisien dan elegan. Untuk kedua style tersebut, barang kali kita bisa menerapkan style minimalis. Seperti apa perwujudan style ini dan apakah cocok diterapkan untuk kantor? Yuk simak di bawa ini.

Mengaplikasikan Style Minimalis

CS Lem Kayu

meja kantor minimalis (2)

Minimalisme adalah sebuah gaya yang sangat spesifik. Style ini berkembang pasca perang dunia kedua dan merupakan perlawanan atas ekspresionisme abstract. Beberapa kalangan menyebut style ini adalah style yang menerapkan modernisme pada aspek reduktivitasnya saja. Jadi bila pada style modern, warna cerah digunakan, pada style minimalis warna cerah dihindari. Yang diambil pada gaya modern hanyalah sekedar jargon “The Less is More.” Ciri dari style desain ini adalah:

  • hanya menggunakan elemen yang fungsional.
    tiap elemen diperhatikan dengan baik
    Reduksionis, elemen yang tak berguna akan dibuang
  • the less is more, bila pada style lain digunakan tambahan elemen untuk memperindah produk, tidak demikian pada minimalisme
    nilai yang diusung adalah nilai efisiensi, efektivitas, keterbukaan, dan kesederhanaan
    menggunakan warna-warna netral, monokromatis, dan organic atau natural
  • menghindari pemakaian kain wol, rajutan, tenunan, ukiran, dan sejenisnya

Pada perkembangannya, style ini diterapkan pada berbagai bidang, mulai dari fashion, bangunan, sampai mebel. Ketika diterapkan pada bangunan sendiri, perabot yang dipakai harus memiliki style yang sama. Karena itulah bagi Anda yang ingin mendesain ruang dengan gaya ini, tidak bisa tidak Anda harus menggunakan meja kantor yang juga minimalis.

Menggunakan Meja Kerja Minimalis

meja kerja minimalis (2)

Seperti disebut di atas, untuk mewujudkan suasana kantor minimalis, maka perabotannya juga harus hadir dengan style serupa. Meja kerja dengan gaya minimalis sendiri sebetulnya punya fungsi serupa dengan meja yang lain. Meja ini bisa berupa meja direktur, meja untuk karyawan, meja resepsionis, sampai meja untuk rapat. Yang membedakannya hanyalah desain atau gaya yang diterapkan. Mengikuti style minimalis, meja biasanya dibuat tanpa ukiran, elemennya sangat mendasar, semua bagian fungsional, sampai menggunakan warna netral yang organik atau cenderung monokromatik.

Selain bisa diterapkan pada ruangan gaya minimalis, meja seperti ini juga bisa diterapkan pada ruangan dengan gaya lain. Misalnya saja gaya modern dan kontemporer. Agar bisa “blend” atau berpadu dengan baik, Anda tinggal menambahkan elemen-elemen khusus. Misalnya saja memadukannya dengan kursi warna cerah untuk memberikan kesan yang lebih modern.

Berapa Harga Meja Kerja Minimalis?

Harga meja ini sangat variatif. Umumnya harganya berkisar di antara angka ratusan ribu rupiah. Tapi banyak juga yang harganya mencapai jutaan rupiah. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor mulai dari bahan yang digunakan untuk membuat meja, ukuran meja, komponen meja, sampai keindahan atau tingkat estetika mebel tersebut. Brand atau merk juga sering mempengaruhi tingkat harga office table itu.

Memesan Meja Kerja Minimalis di Toko Mebel Biasa

Anda mungkin bertanya-tanya, di manakah tempat terbaik untuk mendapatkan mebel seperti ini? Di pasaran, mendapatkan mebel dengan gaya minimalis memang tak semudah membeli mebel dengan gaya kontemporer sampai tradisional. Pun demikian membeli produk mebel kategori office furniture. Kalaupun ada, kerap harga berbagai produk tersebut begitu tinggi.

meja bundar minimalis

Untuk mengatasi ini, sebetulnya Anda bisa mencoba memesan di toko mebel langganan, sampai toko mebel samping jalan. Berbagai toko furniture tersebut umumnya berskala kecil dan menengah di mana penjualnya adalah produsen mebel itu sendiri. Melakukan pemesanan di toko seperti ini akan memungkinkan Anda bernegosiasi dengan harga yang lebih terjangkau. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan spesifitas produk yang lengkap.

Membuat Meja Kerja Minimalis

Di atas, kami memberikan tips bagi pihak perusahaan untuk memesan meja kerja dengan style minimalis di toko mebel biasa. Hal ini akan menjadi keuntungan bersama untuk kedua belah pihak. Yang disayangkan memang, banyak tukang mebel di Indonesia, terutama yang bekerja di level UKM tidak terbiasa membuat meja selain meja makan dan meja tamu. Coba saja perhatikan jenis produk yang mereka jual. Kalau bukan mebel seperti meja ruang tamu, yang dijual adalah meja belajar lipat. Desainnya pun cenderung monoton. Biasanya meja dibuat dengan model yang biasa. Kalaupun ada hiasan, biasanya berupa ukir-ukiran. Kondisi ini jelas tidak baik. Kalau Anda ingin berkembang, ada bagusnya untuk mencoba membuat produk yang lain. Salah satunya adalah meja kerja minimalis.

Mudahkah produk seperti ini dibuat?

Jawabannya, tidak sesulit yang Anda kira. Style minimalisme tak membutuhkan keterampilan kerajinan khusus seperti membuat ukiran. Pada dasarnya yang terpenting adalah memastikan desainnya terwujud dengan baik. Andalkan saja berbagai spesifitas meja minimalis yang disebut di atas. Perhatikan komponen meja (pastikan semuanya konvensional) dan aplikasikan finishing yang tepat.

Untuk menurunkan biaya produksi, Anda bisa menggunakan kayu olahan seperti MDF dan pelapis veneer. Cara ini akan membuat produk Anda mampu bersaing di tingka nasional ataupun internasional. Sebab saat ini banyak produk meja kerja minimalis terutama dari Tiongkok yang menggunakan kayu olahan sehingga membuat produk mereka jauh lebih murah. Untuk perekatnya sendiri, andalkan selalu lem laminasi terbaik Crossbond X4.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here