4 Cara Mudah Membuat Meja Kursi dengan Style Vintage!

0
555
kursi vintage

Menjadi salah satu tampilan kegemaran orang, kali ini lemkayu.net akan secara khusus membagikan beberapa tips supaya meja kursi Anda tampil dengan gaya vintage. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, segera baca tipsnya di bawah ini.

Style Vintage yang Memukau

Apa itu style vintage? Sekilas, style seperti ini akan membuat orang terbayang berbagai hal yang terkait dengan masa lalu mereka. Misalnya, dalam hal busana, kita tiba-tiba mengingat bagaimana gaya busana pada dekade 1970an yang begitu berbeda dengan gaya busana saat ini. Bayangan ini bisa muncul karena kata Vintage memang lekat hadir di publik sebagai salah satu gaya fashion. Namun sebetulnya, Vintage tak sekedar soal gaya berbusana saja. Lebih luas, Vintage adalah gaya yang mengacu pada berbagai hal yang lawas.

CS Lem Kayu

Seberapa lawas yang dimaksud? Pertanyaan ini sering menimbulkan perdebatan tersendiri. Tetapi secara umum, orang akan menyebut bahwa sesuatu yang lebih dari 15 tahun pantas disebut “lawas”. Namun tentu saja, ia tak selawas produk antik yang usianya biasanya jauh lebih tua dari itu.

Kesan lawas sendiri entah bagaimana mampu membuat orang menyukainya. Ada beberapa alasan yang coba mengungkap mengapa orang menyukai kesan lawas yang direpresentasikan oleh gaya Vintage, misalnya saja:

  1. Mengembalikan ingatan yang baik terhadap masa lalu
  2. Sebagai alternatif yang berbeda dari gaya yang berlaku saat ini
  3. Secara khusus memang menyukai elemen-elemen pada gaya lawas

Apapun alasannya, sebenarnya sah-sah saja bila orang menyukai gaya tersebut. Pun demikian ketika menerapkannya pada berbagai produk non fashion. Misalnya saja pada mebel.

Mebel?

Ya, mebel pun bisa hadir dengan kesan vintage. Mebel vintage punya ciri tersendiri yang terlihat sangat unik bila kita bandingkan dengan mebel dengan kesan modern. Penggemar mebel seperti ini pun tidak sedikit. Ia memiliki pangsa pasar yang sangat setia. Beberapa pelaku usaha seperti pemilik kafe dengan desain Vintage juga selalu membutuhkan mebel yang dibuat dengan gaya tersebut. Menarik bukan?

Cara Membuat Meja Kursi Jadi Vintage

meja kursi vintage

Menjadi gaya yang disukai banyak orang, sejatinya vintage atau vintage bisa kita terapkan untuk membuat mebel kita lebih menarik. Misalnya saja pada meja dan kursi yang kita buat. Pelaku usaha mebel sebetulnya sudah ada yang sudah menjual produk dengan gaya vintage. Tapi tidak banyak. Kebanyakan tukang mebel di Indonesia hanya membuat produk dengan desain yang itu-itu saja. Padahal sebetulnya tidaklah sulit untuk membuat mebel dengan gaya seperti ini. Berikut ini kami bagikan tips untuk membuat meja kursi dengan style Vintage.

Finishing

Tipe finishing untuk style Vintage adalah tipe finishing lawas plus warna yang sering digunakan zaman dulu. Misalnya, dulu orang suka mengecat dengan warna tosca. Nah, aplikasikanlah cat dengan warna tosca lalu beri kesan tua. Caranya? Banyak! Misalnya:

  1. Memberikan efek tergores. Caranya mudah saja, dengan menggores langsung mebel tersebut tapi tidak sampai pada kayunya. Lalu melapisinya dengan clear coat matt.
  2. Memberikan kesan terpapar cuaca
  3. Memberikan efek patina
  4. Memberikan efek terkena korosi

Jadi dari segi tampilan, produk bukan hanya hadir dengan warna yang dipakai zaman dulu. Tetapi ada kombinasi warna zaman dulu dan kesan tua yang muncul setelah usianya begitu lama. Untuk lebih jelas mengenai berbagai cara menimbulkan efek di atas sendiri, Anda bisa baca berbagai tutorial finishing kayu “tua” seperti di catkayu.com.

Bahan yang Digunakan

Bahan atau material yang digunakan ternyata juga bisa mempengaruhi kesan vintage. Meja kursi vintage sendiri salah satunya akan tampil maksimal dengan pemakaian kayu pallet. Kayu pallet merupakan potongan kayu bekas peti kemas. Kayu seperti ini, meski tergolong kayu bekas justru bisa memberikan kesan yang sangat berbeda.

Untuk jenisnya, pallet biasanya berasal dari kayu pinus atau jati belanda. Kedua kayu ini bukan kayu kelas I namun memiliki tampilan yang sangat unik. Dan karena hadir dalam bentuk potongan papan, meja kursi yang dibuat umumnya lebih spesifik. Misalnya, untuk mejanya bisa hadir seperti bentuk peti kemas itu sendiri. Jadi kesan vintage bisa benar-benar terlihat.

kayu pallet

Efek Tambahan

Selain cat dan material, Anda juga bisa memberikan efek tambahan tersendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan tali. Caranya, lilitkanlah tali pada kaki meja, terutama meja dengan kaki tunggal. Begitu juga dengan kursinya. Rekatkan tali dengan lem Crossbond X4. Setelah itu, aplikasikan finishing dengan warna yang sesuai dengan warna tali. Akan lebih baik bila kesan lawas dikedepankan. Misalnya dengan memilih warna rustic sampai weathered color. Selain bisa menghasilkan produk dengan kesan tua, pemakaian tali seperti ini juga cocok diterapkan untuk meja kursi yang ingin didesain dengan gaya beachb style.

meja hiasan tali 2

Gambar

Anda juga bisa menggunakan gambar untuk memperkuat kesan vintage atau vintage. Pilih saja gambar yang populer pada zaman dulu atau yang sekiranya cocok dengan zaman dulu. Misalnya, bila Anda ingin membawa kesan floral yang menawan, Anda bisa memilih gambar bunga. Atau bila Anda ingin kesan yang lebih cool, Anda bisa menerapkan gambar british flag (Union Jack) pada meja kursi Vintage.

Selain melakukan pelukisan secara langsung, Anda juga bisa menerapkan decoupage. Pada teknik decoupage kita tinggal menempelkan gambar saja pada sebua mebel. Setelah itu, produk dilapisi dengan clear coat atau varnish yang warnanya bening. Jadi, seolah-olah gambar tersebut adalah hasil lukisan yang nyata. Meski, agar hasilnya baik, tentu kita tak bisa sembarangan menempelkannya begitu saja.

meja kursi vintage union jack

Gunakan Crossbond untuk Membuat Meja Kursi Vintage Makin Berkualitas

Masalah tampilan furniture memang penting kita perhatikan. Tapi, tentu saja masalah tampilan bukan masalah yang bisa diperhatikan sampai mengabaikan persoalan yang lain. Salah satunya persoalan kekuatan meja dan kursi. Kekuatan atau kekokohan mebel ini sangat penting. Tak sekedar agar meja dan kursi awet, aspek kekokohan juga terkait dengan keamanan penggunanya. Bayangkan saja bila Anda membuat meja dan kursi yang tidak aman. Lalu penggunanya mengalami kecelakaan gara-gara hal tersebut. Bisa-bisa Anda dituntut publik dan brand Anda dianggap jelek untuk selamanya.

Nah, agar meja dan kursi yang Anda buat lebih kokoh, kami punya tips tersendiri dengan menggunakan Crossbond. Pemakaian lem yang bagus seperti Crossbond akan menstabilkan dan memperkokoh area penyambungan. Sebagai dampak baiknya, struktur produk akan makin mantap dan tidak mudah goyah. Apalagi, Crossbond secara khusus memang didesain untuk perekatan mebel dengan inner cross linker modifiernya. Sangat menarik bukan? Lem ini juga terjangkau dan akan membuat harga meja dan kursi buatan Anda menjadi lebih murah.

meja pallet vintage

Tunggu apalagi? Gunakanlah Crossbond untuk membuat meja kursi berkualitas unggulan!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here