10 Macam Gergaji Listrik dari Jigsaw sampai Hole Saw

0
114
macam gergaji listrik

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai jenis-jenis gergaji. Pada artikel ini akan dijelaskan 10 macam gergaji listrik setelah sebelumnya dibahas mengenai gergaji manual.

Gergaji listrik sebagaimana namanya merupakan produk gergaji yang bekerja dengan memanfaatkan tenaga listrik, sehingga proses kerja menjadi lebih cepat, mudah, dan akurat.

Coba bayangkan bila Anda harus membuat potongan mebel dengan gergaji manual. Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra sambil memastikan Anda memotong di garis yang benar. Sementara dengan power saw (istilah bahasa inggrisnya), Anda tinggal mengarahkan saja pada garis yang telah dibuat.

10 Macam Gergaji Listrik

Jigsaw

Jigsaw merupakan jenis gergaji yang mudah digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun. Jigsaw bekerja dengan mata gergaji berputar dari depan ke belakang. Tipe ini sangat ideal untuk memotong kayu pada garis lurus maupun melengkung secara akurat dan juga cepat.

macam-macam gergaji listrik
perawatan kayu alami natural oil

Hanya saja, bila Anda bermaksud membuat potongan mendalam, tipe ini tidak direkomendasikan. Sebab mata pisau bisa melengkung sehingga malah merusak bentuk yang Anda kehendaki.

Circular saw

Circular saw sebagaimana namanya adalah gergaji yang memiliki bentuk membundar. Circular saw menggunakan mata pisau yang dirotasikan untuk kemudian memotong kayu dengan lurus dan rapi. Pengaturan potongan dan sudutnya pun bisa diatur hingga 45 derajat. Tak heran, tipe ini sering dijuluki sebagai rajanya gergaji.

Gergaji Plunge

Macam gergaji berikutnya sering disebut plunge saw dalam Bahasa Inggris. Plunge saw memiliki mata pisau membulat. Alat ini sering digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan khusus. Misalnya untuk pemotongan dengan pengaturan hingga ke angka nol sehingga Anda bisa mulai memotong di bagian tengah objek hingga ke bagian bawah.

Mitre saw

Gergaji mitre adalah gergaji yang bisa digunakan untuk memotong garis lurus ataupun lekukan dengan pola yang teratur. Tipe ini tersedia dalam beberapa varian ukuran. Penggunaannya disarankan untuk proyek woodworking jangka panjang misalnya untuk instalasi panel kayu dan lantai parket.

Sliding mitre saw

Sliding mitre saw adalah satu dari 10 macam gergaji yang paling mirip dengan tipe mitre. Hanya saja, sliding mitre saw bisa digunakan untuk objek yang lebih besar. Penggunaannya juga mudah.

Anda tinggal meletakkan kayu di atas meja kerja. Posisikan gergajinya di depan objek dan silahkan lakukan pemotongan lurus maupun dengan pola mitre.

Scroll saw

Seperti diindikasikan dalam namanya, scroll saw adalah gergaji yang memiliki mata pisau fleksibel dengan gerigi kecil. Tipe ini bisa digunakan untuk memotong puzzle jigsaw menjadi beberapa bagian dan juga bisa digunakan untuk membuat potongan menyudut. Bagi Anda yang membutuhkan gergaji yang akurasinya bagus, pertimbangkanlah untuk membeli tipe ini.

Band saw

Band saw atau gergaji pita merupakan gergaji listrik yang tersedia dalam berbagai ukuran. Ada ukuran besar hingga yang mini dan portable.

Band saw memiliki mata pisau seperti pita yang digerakkan oleh dua roda silinder. Arah gerakannya selalu sama dan terjadi terus menerus. Sehingga band saw tidak bisa dipakai untuk membuat lubang di bagian tengah.

Meskipun demikian band saw adalah gergaji ideal untuk membuat ukiran, belah sisi, hingga untuk memotong kayu yang ukurannya besar. Beberapa band saw juga bisa dipakai untuk memotong logam.

Reciprocating saw

Reciprocating saw merupakan versi mekanis (listrik) dari universal hand saw. Anda akan bisa memotong kayu untuk berbagai kebutuhan dengan lebih mudah menggunakan gergaji ini dibanding universal hand saw.

Table saw

Table saw adalah sebuah mesin khusus yang sudah tertata sedemikian rupa. Untuk menggunakannya Anda bisa meletakkan objek pada permukaan meja supaya bisa dipotong dengan mata pisaunya.

Anda bisa menggunakan table saw untuk membuat potongan sudut yang lurus, potongan yang yang mendalam, dan lain sebagainya. Bila Anda memiliki usaha mebel, tak ada salahnya membeli macam gergaji listrik nomor 9 ini.

Hole saw

Hole saw sebenarnya agak berbeda dengan 10 jenis gergaji yang telah disebutkan di atas. Hole saw sering disebut sebagai drill atau bor saja. Namun hole saw bisa mengebor kayu untuk ukuran lubang yang besar.

Pilih Gergaji Sesuai Kebutuhan

Silahkan beli gergaji yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan. Sebab tidak ada jawaban universal untuk pertanyaan seperti ini.

Contoh, Anda membutuhkan gergaji yang bisa dipakai untuk melubangi kayu. Bila demikian adanya, janganlah membeli band saw dan gergaji lainnya yang setipe. Belilah hole saw dan alat lainnya yang memiliki fungsi serupa.

Gunakan Lem Crossbond untuk Lem Kayu Anda

Kami di lemkayu.net tak lupa ingin mengingatkan kepada Anda untuk menggunakan lem Crossbond. Crossbond adalah lem kayu yang terdiri dari dua tipe. Yang pertama adalah Crossbond X3 untuk perekatan sambungan dan yang kedua adalah Crossbond X4 untuk perekatan laminasi.

Keduanya, sama seperti aneka jenis gergaji listrik di atas bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Jadi silahkan pesan tipe Crossbond yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

3 Poin Penting tentang 10 Macam Gergaji Listrik

  1. Jenis-jenis gergaji sangatlah banyak. Bila dulu telah dijelaskan tentang aneka rupa gergaji manual, di artikel ini dijelaskan tentang aneka macam gergaji listrik.
  2. Setidaknya terdapat 10 jenis power saw yang cukup populer di masyarakat misalnya band saw, screw saw, hole saw, dan masih banyak lagi.
  3. Tiap varian memiliki fungsi sendiri-sendiri. Jadi silahkan beli sesuai kebutuhan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here