Cara Membuat Meja Setrika Mudah dengan Crossbond!

1
1369
meja setrika (2)

Meja setrika ternyata bisa dibuat dengan cara yang mudah. Tak perlu menggunakan alat dan bahan yang rumit dan sulit dicari, yang Anda butuhkan hanyalah kayu, tripleks, dan tentu saja lem andalan Crossbond. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak caranya di bawah ini.

Berdasarkan fungsinya kita bisa membedakan meja menjadi meja makan, meja tamu, sampai meja untuk menyetrika. Yang terakhir ini kerap diabaikan padahal punya fungsi krusial. Meski tak banyak beberapa orang sembarangan menggunakan meja untuk menyetrika padahal fungsinya bukan untuk hal tersebut. Padahal, meja seperti ini punya spesifikasi sendiri yang dihadirkan secara khusus agar kegiatan menyetrika tak begitu melelahkan. Misalnya, tingginya yang dibuat sepinggang sehingga kita tak perlu membungkuk-bungkuk. Meja seperti ini juga biasanya didesain sebagai foldable table atau meja yang bisa dilipat. Jadi, ketika tak dipakai, meja bisa disingkirkan dulu menjadi lipatan yang tak memakan space besar.

Di kalangan pembuat mebel, ironisnya kehadiran meja setrika juga tak sebanyak meja yang lain. Anda bisa menemukan meja ruang tamu dan meja makan dengan mudah, tapi tidak dengan meja untuk menyetrika. Kebanyakan pelaku usaha terpaku untuk membuat mebel yang itu-itu saja. Akibatnya, peluang usaha meja untuk menyetrika tak terpikirkan sama sekali. Padahal, sebetulnya prospek pembuatan meja seperti ini lumayan menguntungkan.

Mudahkah Membuat Meja Setrika?

Selain prospektif, proses pembuatan meja untuk menyetrika juga sangat mudah dilakukan. Meja ini toh tak perlu dibuat dengan teknik ukir yang rumit. Meja juga tak perlu hadir dengan karakter khusus seperti meja dapur yang harus dibuat stainless atau bebas noda.

CS Lem Kayu

Dari segi biayanya, meja untuk menyetrika juga tak membutuhkan dana yang besar. Malah, ongkos produksi pembuatan meja ini sebetulnya tergolong rendah. Anda pun bisa menggunakan kayu solid yang tak begitu populer. Sebab, yang pertama dilihat pada meja seperti ini memang aspek fungsionalnya, bukan aspek estetikanya.
Tertarik untuk mencoba membuat meja seperti ini? Berikut ini kami jelaskan caranya untuk Anda. Cara di bawah ini dapat diikuti Anda yang awam ataupun para pelaku usaha mebel. Agar tak menyulitkan, lemkayu.net akan memberikan panduang yang sederhana dan mudah.

Cara Membuat Meja Setrika dengan Crossbond

Alat dan Bahan

Sediakan dulu perlengkapan di bawah ini sebelum membuat meja untuk menyetrika.

1. Kayu untuk membuat meja. Kayu yang dibutuhkan sebanyak kaki untuk membuat papan, apron 4 buah, kaki 4 buah, penyambung kaki 2 buah, dan penopang papan 2 buah. Untuk lebih jelas, baca artikel kami Panduan Dasar Cara Membuat Meja ya.
2. Lem Crossbond X3 dan Crossbond X4
3. Bahan finishing, sebaiknya gunakan bahan finishing water based yang lebih aman digunakan
4. Kuas
5. Amplas
6. Pemotong kayu seperti gergaji
7. Tripleks
8. Busa tipis
9. Kain sejenis linen atau katun yang dijahit seperti sarung bantal
10. Paku kecil

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Setelah semua perlengkapan di atas siap, ikuti dengan cermat langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Meja Setrika

Langkah 1: Membuat Meja

Pertama, Anda harus membuat rangka dasar meja untuk menyetrika. Proses pembuatan meja ini sebetulnya tak berbeda dengan meja jenis lainnya. Tapi spesifikasinya berbeda. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Tinggi meja sepinggang untuk kondisi menyetrika berdiri, atau sekitar 30 cm saja untuk kondisi menyetrika duduk. Silahkan pilih sesuai selera Anda.
  2. Papan meja harus dibuat memanjang, kira-kira 110 cm. Untuk awalan, buat saja papan yang bentuknya persegi panjang. Kalau Anda memiliki skill yang baik dalam bidang furniture, Anda bisa coba aplikasikan bentuk khas seperti bentuk setrika itu sendiri.

Seperti diterangkan, proses pembuatan meja bisa dilakukan seperti meja lainnya. Buat dulu papan meja dari potongan kayu yang dijajarkan. Lebarnya 30 cm dengan panjang 110 cm. Aplikasikan lem di tiap sisi potongan kayu dengan Crossbond X4. Lalu kuatkan dengan penopang yang diletakkan berlawanan arah dengan jajaran potongan meja. Gunakan perekat, dan kuatkan dengan paku.

Setelah papan stabil, pasang apron seperti biasanya. Gunakan lem Crossbond, lalu kuatkan dengan sekrup sudut. Setelah itu, biarkan kembali agar lem mengering. Pasang kaki kayu pada tiap pojok apron. Gunakan Crossbond lagi, dan kuatkan dengan paku. Setelah itu, Anda tinggal menyambungkan kaki kayu agar lebih kokoh.

Langkah 2: Membuat Alas untuk Menyetrika

Untuk alasnya, siapkan tripleks setebal 1 cm. Rekatkan triplek di atas meja dengan Crossbond. Gunakan paku agar lebih kuat. Selanjutnya, lakukan finishing agar meja terlihat lebih menarik.

meja setrika (2)

Langkah 3: Memasangkan Alas untuk Menyetrika

Buat alas untuk meja setrika. Caranya, gunakan busa tipis yang sudah dimasukkan dalam sarung katun atau linen. Setelah itu, rekatkan alas ini di atas meja. Anda bisa menggunakan paku kecil agar alas benar-benar merekat kuat. Misalnya saja paku-paku payung. Tapi secara umum, pemakaian lem Crossbond sudah sangat kuat.

Segera Pesan Crossbond untuk Membuat Meja Setrika

Sebagai lem dengan kualitas yang baik, adhesive ini unggul dalam hal daya rekat, ketahanan, cover area, solid content, kecepatan kering, dan berbagai keunggulan lainnya. Lem ini juga lebih aman digunakan dari berbagai adhesive yang ada di pasaran. Yang makin menarik, pemesanan Crossbond bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Segera dapatkan Crossbond untuk membuat meja setrika dengan pemesanan online ataupun secara langsung. Ada tiga cara pemesanan adhesive ini yang bisa Anda pilih salah satunya untuk mendapatkan lem ini, yakni:

1. Pembelian secara langsung via website ini. Caranya dengan mengontak Customer Service kami di +62.274.388.301, nomor hotline 082-167-600-693, dan atau email di [email protected] Anda akan segera terhubung dengan Customer Service dan bisa melakukan pembelian.
2. Pembelian di berbagai marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia. Prosesnya dilakukan sesuai tahapan pemesanan di marketplace terkait.
3. Pembelian secara langsung di Bio Service Agent di Yogykarta, Jepara, dan Cirebon.
4. Pembelian di agen-agen adhesive ini yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengetahui lokasi agen, hubungi kontak Customer Service kami.

Proses pembelian lem ini juga memungkinkan Anda memilih jasa pengiriman yang Anda inginkan. Anda bisa memilih menggunakan JNE, Wahana, kantor pos, atau kuris lainnya. Jadi Anda tak perlu khawatir ketika harus memilih kurir yang jarang berada di sekitar lokasi Anda.
Nah, demikianlah cara membuat meja setrika. Mudah sekali bukan? Setelah berhasil membuat meja untuk menyetrika dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa mengembangkan langkah lainnya yang lebih kreatif. Jadi, produk yang Anda hasilkan akan lebih unik dan baik. Nantinya, bukan tak mungkin Anda bisa jadi pengusaha meja untuk menyetrika yang sukses dengan omset besar. Kalau ada kemauan, tentu ada jalan bukan?

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here