7 Model Meja Tamu Cantik: Mana yang Anda Suka?

0
1144
meja tamu

Ada beragam jenis model meja tamu yang bisa Anda pilih. Kali ini kami akan bagikan 11 contoh model meja ruang tamu yang menawan. Tak sekedar memilih, Anda yang tertarik membuat meja cantik seperti itu juga dapat melakukannya dengan tips-tips tersendiri. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kebanyakan dari kita pasti peduli dengan kondisi ruang tamu dibanding ruangan lainnya. Digunakan untuk menjamu orang yang bertandang, ruang seperti ini memang punya arti besar. Karena itulah, berbagai perabot di dalamnya pun juga harus kita pilih dengan cermat. Misalnya saja meja untuk ruang tamu.
Meja untuk ruang tamu adalah meja spesifik yang difungsikan untuk menjamu mereka yang berkunjung. Bila Anda perhatikan, Anda akan menemukan bahwa meja ini:

  1. Memiliki ketinggian yang rendah. Tingginya biasanya sama dengan dudukan sofa atau kursi pasangannya. Coba bandingkan dengan meja makan yang biasanya lebih tinggi.
  2. Memiliki ukuran yang cukup luas sebagai tempat untuk menempatkan makanan kecil hingga minuman. Namun meja biasanya tak cukup luas untuk menempatkan makanan seperti nasi dan lauk pauk.
  3. Didesain menarik dan sepaket dengan kursi atau sofanya.

Terkait poin ketiga, meja seperti ini sering didesain menarik karena memang merepresentasikan rumah kita di hadapan orang lain. Karena itulah, aspek ini harus benar-benar diperhatikan. Mulai dari warna sampai desainnya, hendaknya kita tidak abai terhadap kualitas furniture ini. Nah, bagi Anda yang ingin membeli meja seperti ini dan masih bingung dengan tampilannya, simak aneka model meja ruang tamu di bawah ini. Sebetulnya ada sangat banyak model meja ruang tamu, hanya saja tentu tak bisa disebutkan satu per satu.

Aneka Model Meja Tamu yang Bisa Dipilih

Shabby Chic

Gaya pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah style desain shabby chic. Shabby chic mengkombinasikan kesan lawas dengan kesan lembut. Warna-warna pastel seperti putih susu, pink, dan hijau tosca dipadukan dengan aksen tua seperti pemberian kesan mengelupas di sana-sini. Meja juga dibuat dengan model lama khususnya gaya Eropa masa lalu.

Baca Juga:  Mengenal Kape atau Scrapper untuk Menghilangkan Cat hingga Instalasi Lantai Kayu

Beach Style

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Suka dengan suasana pantai dan ingin menghadirikannya di ruang tamu? Pilih saja meja tamu beach style. Sebagaimana namanya, gaya ini memiliki kesan pantai yang kuat. Warna dipilih dari warna khas pantai mulai dari krem pasir, putih, biru laut, hingga hijau. Elemen-elemen hiasan dari laut seperti bintang laut hiasan juga bisa digunakan.

Bohemian

Bohemian adalah sebuah gaya unik yang dimodifikasi dari gaya yang banyak ditemukan di kalangan gypsi. Bohemian memadukan kesan hangat, natural, etnik, dan messy. Bagi Anda yang ingin suasana tamu relaks, gunakan perabot dengan style tersebut, dan aplikasikan bohemian sebagai interior desain Anda.

meja tamu (2)

Tradisional

Gaya tradisional memang adalah gaya yang sangat umum. Meski demikian, gaya ini tetap bisa memberikan kesan yang menawan. Coba saja bayangkan, siapa yang bisa menolak keindahan meja tradisional dengan ukiran Jepara?

meja bundar ukiran

Boat Recycle

Boat style adalah gaya yang sangat spesifik. Biasanya meja tamu dengan gaya ini dibuat dengan kayu peti kemas, warna mencolok yang berbeda satu sama lain, dan kesan tua. Kesan tua tersebut dihasilkan dari aplikasi finishing di mana beberapa bagian cat dirusak secara sengaja.

Post Modern

Ecletisme atau pencampuran gaya adalah ciri dari meja tamu yang didesain dengan style postmodern. Gaya ini sangat spesifik sehingga respon orang terhadap gaya ini cenderung ekstrim, baik sangat menyukainya atau justru tidak menyukainya sama sekali.

meja bundar postmodern (2)

Minimalis dan Modern

Gaya minimalis dan modern adalah gaya yang merefleksikan kehidupan era ini. Efisiensi dan efektivitas adalah nilai utama kedua gaya tersebut. Meski demikian, sebetulnya keduanya memiliki perbedaan. Gaya minimalisme umumnya memiliki warna netral, sedangkan gaya modern sering menggunakan warna yang mencolok.

Baca Juga:  Kegagalan Konstruksi Penyambungan Kayu: Kenapa?

Bagaimana Cara Membuat Model Meja Tamu yang Bagus?

Menarik sekali bukan berbagai model meja di atas? Tapi ingat, agar meja terlihat benar-benar bagus, ruang tamu di mana meja akan ditempatkan juga harus didesain secara spesifik. Yang pertama Anda perlukan adalah menentukan konsep ruang tamu. Apakah ruangan tersebut akan dibuat dengan style bohemian? Coastal? Atau colonial? Sangat banyak ide yang bisa dieksplore untuk membantu Anda mewujudkan ruang tamu yang menawan.

Nah, untuk tips ini, kami akan khusus buatkan bagi Anda yang hendak membuat meja ruang tamu. Selama ini, bila Anda perhatikan, kebanyakan meja ruang tamu dibuat dengan model yang itu-itu saja. Bahkan kerap tampilannya sudah seperti seragam. Bagi dunia usaha, sebetulnya hal ini kurang baik. Jadi, dengan jenuhnya pasar dengan model serupa seperti itu, Anda bisa memetik keuntungan dengan membuat meja tamu yang lebih unik. Pilih desain yang sekiranya disukai pasar tapi tetap beda. Anda mungkin tak bisa memilih desain yang terlalu khas dan spesifik seperti coastal dan patina. Tapi Anda bisa coba desain seperti shabby chic hingga beach style.

Bagaimana cara membuatnya? Tak sulit. Beberapa tips di bawah ini pasti bisa membantu.

  1. Mulailah untuk mempertimbangkan menggunakan bahan non konvensional. Misalnya menggunakan kayu palet atau kayu peti kemas.
  2. Buat desain meja yang spesifik, misalnya dengan menambahkan elemen-elemen seperti hiasan dari benda laut.
  3. Aplikasikan finishing non konvensional. Misalnya aplikasi finishing patina, aplikasi finishing rustic, dan masih banyak lagi.

Gunakan Lem Cepat Kering Crossbond untuk Membuat Meja Tamu yang Bagus

Selain memperhatikan beberapa tips di atas, dalam proses pembuatan meja tamu yang bagus, lem dengan kualitas baik juga sangat diperlukan. Salah satu yang paling penting diperhatikan bahkan menjadi penentu utama kualitas lem adalah daya rekatnya.

Baca Juga:  Mengenal Jenis-jenis Furniture dan Adhesive Terbaik untuk Pembuatannya

Daya rekat lem sebetulnya dipengaruhi oleh sifat kimia lem tatkala berinteraksi dalam proses perekatan. Area perekatan bisa dibagi menjadi area kohesi, area adhesive (antar lem dengan media), dan area intermediate.Daya rekat lem dipengaruhi kekuatan dan kestabilan area tersebut. Atau, dengan kata lain, daya rekat lem terkait dengan ikatan lem dengan media, dan ikatan molekul lem dengan molekul lem itu sendiri.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Di pasaran sendiri, sudah terdapat banyak lem kayu yang bisa dipilih. Ada berbagao formulasi lem sampai merk yang sangat beragam. Tapi sampai saat ini, banyak lem yang dibuat tanpa memperhatikan dengan baik area bonding kohesi hingga adhesinya. Hanya sedikit adhesive yang didesain spesifik memperhatikan hal itu. Salah satu yang paling unggul kualitasnya adalah Crossbond.

Crossbond merupakan PVAc water based glue yang didesain secara modern dengan menerapkan ilmu pengetahuan terbaru. Selain memiliki daya rekat yang kuat, adhesive ini juga sangat aman digunakan, tahan lama, tidak menyebabkan glue line, cepat kering, mudah digunakan, dan bisa dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Penggunaan Crossbond pun akan membantu Anda menghasilkan produk meja tamu dengan kualitas paling baik.

Nah, sampai di sini pembahasan mengenai meja tamu. Bagaimana? Sangat menarik bukan aneka model dan desain meja di atas? Tak hanya ukiran, ternyata meja juga bisa dipercantik dengan berbagai cara. Dan cara untuk membuat aneka meja tersebut sebetulnya tidak susah-susah amat asalkan Anda mau mencoba.

Semoga bermanfaat ya.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here