Cerdas dan Tepat dalam Memilih Lem untuk Kayu Balsa

0
3301
pesawat-kayu-balsa

Pernahkah Anda berpikir tentang efek lem pada kualitas pesawat aero modeling dari kayu balsa?Sebab faktanya, kualitas lem untuk kayu balsa memang sangat menentukan bagus tidaknya produk tersebut.

pesawat-kayu-balsaKayu balsa adalah material utama yang banyak dicari untuk pembuatan pesawat aero modeling. Sifat kayunya yang ringan sangat pas untuk keperluan tersebut. Namun tentu saja guna balsa tersebut tak akan begitu berarti bila tak ditunjang dengan bahan-bahan berkualitas.

Contohnya lem. Sebaik apapun kualitas kayu balsa yang dipakai, tanpa lem yang tepat, maka pesawat itu pun tak akan berhasil dibuat. Pemilihan jenis lem sendiri harus dilakukan dengan cermat.

CS Lem Kayu

Jangan salah! Lem bukan hanya berfungsi menyambung satu komponen dengan yang lain. Bahan ini juga berefek pada estetika hingga fungsionalitas pesawat yang lebih luas.

Crossbond™ sebagai Lem untuk Kayu Balsa

Saran produk kami untuk perekatan kayu balsa adalah Crossbond. Secara umum, lem ini memiliki kriteria ideal baik dari aspek daya rekat, estetika, hingga keamanannya.

Daya Rekat

Crossbond didesain dengan daya rekat kuat yang cocok untuk pengeleman balsa. Harus diingat, keberhasilan pengeleman bukan hanya tergantung dari bahan lemnya saja, tapi kecocokan bahan itu dengan media yang akan dilem.

Tidak Menimbulkan Glue Line

Banyak bahan perekat yang menimbulkan garis lem. Masalah ini bisa diatasi apabila Anda memanfaatkan Crossbond™ yang berubah warna menjadi bening doff saat kering.

Tidak Bau

Lem untuk kayu balsa ini menggunakan bahan dasar pva (Crossbond™ X3) dan resin alifatik (Crossbond™ X4). Secara khusus keduanya juga diformulasikan agar tidak menimbulkan bau yang mengganggu konsumen.

Aman dengan Standar Internasional

Crossbond didesain dengan standar Amerika Serikat serta Uni Eropa, Environmental Protection Agency dan EU REACH Regulation.

Cepat Kering dan Mudah Diaplikasikan

Kecepatan kering Crossbond™ sangat baik sehingga tak akan menyebabkan perlambatan proses produksi. Lem ini juga bisa diaplikasikan dengan sangat mudah bahkan oleh masyarakat awam.

Cara Menggunakan Lem untuk Kayu Balsa, Crossbond™

    1. Menyiapkan media yang akan dilem. Ratakan dulu, bersihkan, dan keringkan.
    1. Oleskan lem pada media. Bila Anda menggunakan Crossbond X 4, pengolesan cukup dilakukan pada salah satu permukaan media saja.
    1. Rekatkan.
    1. Tunggu dan gunakan clamp press sekitar setidaknya 60 menit.
  1. Selesai.

Cara Membeli Lem untuk Kayu Balsa dan Harganya

Berikut ini daftar harga Crossbond™ X 3 dan X 4:

 

Crossbond X 3

Crossbond X4

Keterangan

Lem antar komponen dari polyvinyl acetate

Lem non komponen dari resin alifatik

Harga

Rp. 45.000,-

Rp. 50.000,-

Pembelian Crossbond™ dilayani untuk pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Silahkan hubungi kami 082 167 600 692 untuk mengontak CS Bio Industries. atau menghubungi ke:

  1. Bio Center Yogyakarta Phone / fax: 0274 388301 Hp / WhatsApp: Klik Di Sini e-mail: [email protected]
  2. Bio Service Point Jepara Phone: 0291 598992 e-mail: [email protected]
  3. Bio Service Point Cirebon Phone: 0231 320759 e-mail: [email protected]
  4. Agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here