Lem untuk Wooden Craft Harus Kuat dan Tak Timbulkan Glue Line

0
1085
wooden-craft-kerajinan-kayu

wooden-craft-kerajinan-kayuPerhatikanlah berbagai kerajinan kayu atau wooden craft yang akhir-akhir ini makin marak di supermarket. Ada satu kelemahan yang hampir dimiliki semua produk craft tersebut, yakni kekuatannya. Hubungan antar komponen kerajinan tampak tidak kuat. Penyebabnya tak lain karena kualitas lem untuk wooden craft yang digunakan kurang baik.

Kadangkala berbagai produk tersebut juga tampak menarik kecuali saat kita mengamati detilnya. Pada waktu itu, kita bisa melihat garis-garis atau noda lem yang menyebabkan estetika craft kurang sempurna. Lagi-lagi, permasalahannya disebabkan kualitas adhesive atau lem yang buruk.

Biasanya pengrajin craft beralibi menggunakan lem kayu yang kualitasnya rendah untuk menekan biaya produksi. Bahkan beberapa usaha craft menggunakan jenis lem yang salah, seperti lem yang kekuatannya hanya cocok untuk kertas. Jelas saja produk yang dihasilkan memiliki kualitas buruk.

Padahal, bila kita mau mencari produk lem di pasaran, banyak alternatif terjangkau yang kualitasnya tetap menjanjikan. Dengan kata lain, biaya produksi tetap bisa ditekan, namun tanpa mengorbankan kualitas kerajinan kayu tersebut. Daya jual pun meningkat karena harga produk kita tetap murah namun dari kualitasnya lebih baik.

Kriteria Lem untuk Wooden Craft yang Bagus

CS Lem Kayu

Idealnya, dalam pemilihan lem untuk kerajinan kayu, aspek-aspek berikut ini wajib Anda perhatikan:

Jenis Lem

Pilih jenis lem yang tepat. Artinya lem tersebut cocok untuk kayu dan jenis perekatan yang diperlukan. Sebagai contoh, Anda ingin mengelem komponen suatu produk. Maka gunakanlah lem komponen seperti Crossbond™ X3. Sedangkan bila Anda ingin mengelem dalam bentuk panel dan laminasi (non komponen), maka gunakan Crossbond™ X4.harga-lem-putih-untuk-kayu-2

Daya Rekat dan Ketahanan Lem

Seperti telah dijelaskan pada awal tulisan, faktor daya rekat merupakan kekurangan utama wooden craft yang dijual di pasaran. Padahal, faktor ini sangat krusial karena menunjang bentuk dasar suatu produk. Tanpa lem yang daya rekatnya kuat dan ketahanannya bagus, produk Anda hanya akan menjadi produk gagal.

Efeknya pada Estetika

Tahukah Anda apa makna glue line? Istilah yang dalam Bahasa Indonesia disebut “garis lem” tersebut bisa merusak keindahan wooden craft kita. Padahal, banyak sekali lem untuk wooden craft di pasaran yang bisa menyebabkan kerusakan semacam ini. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih lem.

Efeknya pada Bau

Hindari lem yang bau. Produk craft Anda harus mampu memberikan kenyamamanan pada konsumen. Salah satu caranya adalah dengan tidak menyediakan kerajinan dengan bau menyengat.

Keamanan

Aspek terakhir namun tak kalah penting dalam pemilihan lem untuk wooden craft adalah masalah keamanan. Sebisa mungkin, hindari lem dengan kandungan toksik seperti formalin dan timbal.

Nah, dengan memperhatikan berbagai aspek ini, craft yang Anda buat pun akan lebih menarik baik dalam hal kualitas maupun estetikanya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here