Pentingnya Memilih Lem Kayu Aman dengan Tepat

0
1277
Lem Kayu Aman

Dengan regulasi yang semakin ketat, penggunaan lem kayu aman kini menjadi opsi yang paling tepat dipilih. Tetapi apakah produk lem yang bisa diandalkan di luar aspek keamanannya tersebut?

Keamanan sebuah produk bukan hanya tergantung dari material dasarnya. Seringkali yang berpengaruh adalah bahan-bahan pendukung yang diaplikasikan. Hal ini bisa kita lihat contohnya pada mebel, craft, hingga kayu-kayu konstruksi.

Lem Kayu AmanKayu merupakan bahan alam yang tidak membahayakan kesehatan. Namun untuk mengolahnya menjadi produk yang berguna, kita memerlukan bahan-bahan kimia seperti cat dan lem. Meskipun guna produk-produk tersebut sangat signifikan, akan tetapi tak jarang penggunaannya menyebabkan produk kayu menjadi beracun.

Masalah seperti ini tentu tidak bisa diselesaikan dengan menghindari bahan-bahan kimia. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana mencari bahan pendukung yang aman. Di zaman ini, dengan teknologi yang makin berkembang pesat, mencari produk dengan keamanan yang baik bukanlah hal yang sulit. Hal ini pun berlaku saat Anda mencari adhesive yang tidak beracun. Lem kayu aman sudah diproduksi dan kita tinggal memilih yang paling tepat digunakan.

Terkait dengan klaim keamanannya, ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan. Pertama, baca keterangan komposisi lem kayu. Bila perlu mintalah data terkait pada manufaktur yang memproduksinya. Bila Anda menemukan bahan-bahan berbahaya seperti formalin, maka lem tersebut tidak bisa disebut aman. Penggunaannya pun harus dihindari untuk kebutuhan perekatan mebel indoor, apalagi alat-alat makan.

Kedua, baca cara pemakaiannya. Bila produk adhesive itu menggunakan solvent sebagai pelarutnya, maka kita juga tidak bisa menyebutnya aman. Solvent merupakan pelarut berbasis fosil yang bisa menyebabkan kerusakan organ dalam hingga peningkatan resiko serangan kanker. Selain berbahaya, solvent juga dapat menyebabkan bau lem yang sangat menyengat.

Lem Kayu AmanStandar Lem Kayu yang Aman

Hal lain yang perlu diaplikasikan saat memilih adhesive yang baik adalah standar keamanan yang dimiliki. Misalnya untuk perekatan alat makan, maka lem yang diperlukan adalah lem berstandar food grade. Lem seperti ini pun sangat baik digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya karena tingkat keamanannya yang sangat baik.

Crossbond merupakan adhesive food grade yang bisa Anda andalkan. Berbahan dasar PVAc termodifikasi, lem ini telah memenuhi syarat standar food grade menurut FDA Amerika Serikat. Crossbond juga sangat diunggulkan karena daya rekatnya yang kuat dan harganya yang sangat terjangkau.

Memilih lem kayu aman di era saat ini memang bukan hal yang mahal dan sulit dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here