Dari Gaya Danish sampai Jepara, Meja Jati Memang Memesona!

0
840
meja jati danish (2)

Meja jati memang sangat menawan. Diaplikasikan dengan berbagai gaya, dari danish style sampai dengan ukiran Jepara, kayu ini mampu menunjukkan pesonanya sendiri. Tetapi ingat, untuk membuat meja kayu jati, selalu gunakan lem kayu terbaik, Crossbond X3.

Kenapa Tectona grandis Begitu Disukai?

Anda mungkin sudah mendengar kepopuleran jati. Bahwa, furniture dari jati alias Tectona grandis begitu disukai. Ketika Anda melakukan pencarian berbagai mebel untuk dibeli, Anda juga akan menemukan bahwa mebel jati menjadi salah satu mebel yang konsisten dibanderol dengan harga tinggi. Bahkan hal ini tak hanya berlaku di Indonesia. Di dunia internasional pun, jati juga konsisten menjadi mebel dengan harga yang lebih tinggi.

Mengapa demikian? Ada dua alasan pokok yang mendasarinya. Pertama, mebel dari kayu jati sangat indah, dan yang kedua sangat awet alias durable. Dari aspek estetika, jati unggul karena memiliki pola serat yang menarik. Sedangkan warnanya secara alami tak kalah menarik, yakni coklat madu. Ketika sudah tua, warna coklat madu ini lama-lama berubah menjadi keabuan indah. Sedangkan dari ketahananya, jati sendiri merupakan kayu yang sangat awet. Bahkan karena begitu awet, banyak mebel jati lawas yang dirombak ulang untuk menghasilkan mebel baru.

meja rias jati
meja rias jati
CS Lem Kayu

Kualitas jati yang tinggi ini sejatinya juga sudah diakui sejak zaman dulu. Bahkan pemerintah negara kita begitu ”serius” terhadap material ini. Jati, sebagaimana yang kita tahu adalah spesies pohon dari Asia Tenggara. Kayu ini merupakan kayu yang tumbuh di daerah tropis. Sejak abad ketujuh, jati sudah digunakan oleh para pembesar pada masyarakat zaman kuno. Saat Indonesia dijajah Belanda, popularitas jati pun meningkat. Kayu ini dikenal sangat kuat termasuk ketika dipakai untuk membuat kapal.

Selain Indonesia, sebetulnya jati juga banyak ditemukan di Malaysia, Thailand, dan Myanmar. Tapi di antara berbagai negara tersebut, Indonesialah yang memperlakukan jati dengan sangat istimewa. Bahkan secara khusus, perkebunan jati diolah oleh PT Perhutani.

Harga Meja Jati yang Meroket

Salah satu produk mebel yang kerap dibuat dari bahan jati adalah meja. Meja-meja jati telah terkenal seantero negeri bahkan dunia. Ada banyak varian meja yang menggunakan jati sebagai material dasarnya, misalnya meja makan, meja tamu, meja komputer dan yang lain. Meja-meja ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding meja dari bahan kayu lainnya. Tetapi sekali lagi, harga meja tersebut begitu tinggi. Apalagi dengan posisi jati sebagai kayu yang begitu diminati. Tak heran, meja kayu jati meroket harganya. Bahkan fenomena ini menyebabkan penggunaan jati muda. Jati muda memang tak seindah dan sebaik jati tua. Akan tetapi harganya lebih murah dibanding jati tua.

Mengintip Berbagai Jenis Meja Jati dalam Balutan Aneka Style

Selain unggul dalam hal estetika dan keindahan, sebetulnya masih banyak poin keungulan jati lainnya. Salah satunya adalah kelas kuat jati sebagai kayu kelas I. Kayu ini bisa digunakan untuk menopang beban yang berat. Selain itu, jati juga sangat mudah diolah. Karena alasan inilah, banyak pembuat mebel yang menjadikan jati sebagai material favorit. Sebab mereka dengan mudah bisa membuat berbagai produk meja jati dengan bentuk yang diinginkan.

Ingin melihat contoh meja kayu jati dalam berbagai bentuk dan gaya? Berikut ini di antaranya.

Danish Style

meja jati danish

Danish style adalah gaya yang mempengaruhi gaya kontemporer. Kesan bersih dan sederhana dengan penggunaan alur garis yang tidak rumit begitu menonjol pada gaya ini. Warna-warna yang diaplikasikan biasanya adalah warna cerah. Pada meja jati dengan danish style, misalnya, meja sering dipasangkan dengan sofa tau kursi yang bantalannya dibuat dengan warna-warna cerah tersebut. Akan tetapi,tone warna secara umum tetap netral dan bahkan cenderung monokromatik. Karena itu, warna-warna seperti putih, abu-abu, dan beige kerap digunakan, lalu dikontraskan dengan aksesori yang warnanya bold untuk memberikan kesan lebih hidup. Pada furniture juga tidak diperbolehkan adanya detil-detil seperti ukiran.

Jawa dan Bali

meja jati jawa

Jati merupakan kayu yang sangat populer di pulau Jawa dan Bali. Tak heran, para pengrajin kita telah lama mengolah kayu jati menjadi mebel seperti meja dengan kualitas tinggi. Tradisi ini berlaku dan kemudian mampu membentuk style khusus meja jati Jawa ataupun Bali. Biasanya, meja kayu jati pada gaya ini, dibuat dengan ukiran tradisional. Ukiran diterapkan dengan tingkat detail yang begitu mengagumkan. Meja tersebut juga kerap dipasangkan dengan kursi atau bangku jati yang sama-sama dihias dengan ukiran yang memesona. Hasilnya memang luar biasa indah. Namun demikian, kombinasi penggunaan jati dan keterampilan mengukir untuk membuat mebel tersebut indah, menjadi penyebab mahalnya mebel jati dengan gaya ini.

Minimalis

meja jati minimalis

Jati selalu menawan dengan tampilan naturalnya. Tak heran, dalam balutan gaya minimalis pun jati tetaplah sangat memesona. Style minimalis sendiri, seperti yang kita kenal, cenderung menyukai tone netral monokromatik. Biasanya, meja jati didesain dengan gaya yang simpel dan efisien. Tidak ada ukiran yang diterapkan. Elemen-elemen yang tidak diperlukan atau tidak fungsional juga ditiadakan. Garis juga dibuat simetri serta lurus tanpa motif-motif tertentu. Sedangkan dari segi warna, finishing yang diaplikasikan biasanya adalah finishing dengan tingkat kilau yang rendah dan aplikasi warna alami jati itu sendiri. Sering, warna alami ini kemudian dikombinasikan dengan warna mebel yang lebih netral seperti putih serta abu-abu.

Gunakan Crossbond X3 untuk Membuat Meja Jati yang Bagus

crossbond x3

Proses pembuatan meja dari kayu jati memang akan membantu Anda menghasilkan furniture yang kuat. Akan tetapi, kekuatan dan kekokohan produk secara keseluruhan tak hanya bergantung pada kekuatan materialnya saja. Kekuatan struktural juga sangat penting diperhatikan. Dan, sebagaimana yang kita tahu, kekuatan struktural sangat dipengaruhi area penyambungan. Area penyambungan yang lemah akan membuat komponen meja tak menyatu dengan baik, sehingga pada akhirnya bisa membuat meja mudah goyah. Untuk memastikan area sambungan menjadi kuat sendiri, ada beberapa hal yang perlu diupayakan. Salah satunya adalah dengan menerapkan adhesive yang tepat.

Khusus untuk meja jati Anda yang berkualitas, lem yang kami sarankan adalah Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem berbasis polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini merupakan lem untuk penyambungan rangka yang bisa diapliasikan pada berbagai sambungan kayu seperti sambungan temu, dowel, finger joint, biscuit, dan masih banyak lagi.

Lem Crossbond X3 memiliki berbagai kelebihan yang tak dimiliki adhesive lainnya. Lem ini cepat kering, daya rekatnya sangat baik, mudah digunakan, tidak menyebabkan glue line, dan tidak tebal. Lem juga tahan lama sehingga tidak mudah rusak ketika terkena paparan kelembaban dan berbagai faktor lainnya. Sangat menarik, bukan?

Jadi, tunggu apalagi, yuk segera pesan Crossbond X3 untuk membuat meja jati dengan kualitas terbaik.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here