Mengenal Kape atau Scrapper untuk Menghilangkan Cat hingga Instalasi Lantai Kayu

0
133
kape

Salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam proses pengolahan kayu adalah scrapper alias pisau skrap alias kape. Seperti apa alat ini? Apa saja fungsi yang ditawarkan? Dan apa saja jenis-jenisnya? Ayo kita simak di artikel kali ini.

Definisi Kape

Pisau skrap atau scraper adalah alat yang didesain untuk tujuan mengikis lapisan cat atau untuk mengaplikasikan bahan pasta seperti dempul. Bentuk alat ini sekilas menyerupai pisau kebanyakan dengan mata pisau yang beragam. Ada yang mata pisaunya berbentuk huruf U, melebar, dan lain sebagainya.

Alat ini banyak digunakan dalam proses pengecatan atau penghilangan cat tembok, kayu, dan lain sebagainya. Kebanyakan yang menggunakannya adalah para tukang. Sedangkan masyarakat awam masih jarang yang memanfaatkan alat tersebut.

Kegunaan

Seperti disebutkan di atas, setidaknya terdapat dua fungsi alat ini:

  1. Untuk mengaplikasikan putty, khususnya untuk putty knife atau pisau dempul. Kenapa kok dempul harus diaplikasikan dengan ini? Kenapa tidak dengan kuas? Jawabannya karena dempul memiliki bentuk seperti pasta, bukan cairan seperti cat. Bilapun dipaksakan menerapkan dempul dengan kuas, hasilnya tidak efektif dan yang mengerjakannya pasti kelelahan.
  2. Untuk menghilangkan lapisan cat. Biasanya ini dilakukan dalam proses refinishing alias pengecatan ulang. Pada beberapa kasus, lapisan cat lama memang tak perlu dihilangkan. Akan tetapi bila cat yang lama beda jenis, atau sudah rusak ditumbuhi jamur, maka jelas lapisan itu harus dihilangkan sebelum aplikasi cat yang baru.

Jenis-jenis Kape

CS Lem Kayu

Ada beberapa jenis produk pisau skrap. Berikut ini di antaranya.

kape

Pisau Dempul

Pisau dempul biasanya digunakan untuk mengaplikasikan dempul dan bahan berwujud pasta yang lain. Akan tetapi sering alat ini juga dipakai untuk mengikis lapisan cat yang lama. Pisau dempul sendiri bisa dibedakan menurut beberapa macam. Dua di antaranya adalah yang pisaunya kaku dan tebal dan yang pisaunya tipis dan fleksibel. Yang fleksibel dan tipis cocok digunakan untuk aplikasi pasta, sedangkan yang kaku dan tebal cocok untuk menghilangkan cat (yang tebal bisa ditajamkan lagi).

Tips: saat membeli pisau dempul, pastikan untuk memilih yang gagangnya nyaman.

Swiss Scraper (11/1)

Alat ini dalam Bahasa Inggris disebut 11 in 1 multipurpose Tool. Dan alat ini, memiliki sangat banyak guna seperti pisau swiss. Desainnya pun mirip. Dari pisau ini, kita bisa mendapatkan kape untuk aplikasi dempul, mengikis cat, pembuka, dan lain sebagainya.

Kape Pinggir (Edge Paint Scraper)

Tipe ini cocok digunakan untuk aplikasi di bagian yang sulit dan juga bagian sempit. Terdapat dua variasi yang bisa dibeli, yakni yang single dan yang double.

Bisakah Kape Digunakan dalam Proses Pengeleman atau Penghilangan Lem?

Secara umum, scrapper adalah alat woodworking yang sering diasosiasikan dengan pemakaian dempul dan penghilangan lapisan cat. Namun sebetulnya, alat ini pun banyak digunakan untuk proses pengeleman, baik untuk:

  1. Mengaplikasikan lem, terutama lem yang berbentuk pasta dan untuk proyek besar.
  2. Menghilangkan noda lem yang menempel pasca proses perekatan (biasanya noda lem akan muncul setelah penggunaan clamp press)
  3. Menghilangkan bekas lem yang lama

Fungsi ketiga sangat krusial dilakukan. Saat Anda hendak merekatkan ulang suatu produk, maka harus menghilangkan lapisan lem yang lama. Bila tidak, hasil perekatan akan cenderung terlihat jelek, tidak rata, dan kurang rekat. Apalagi bila jenis lemnya berbeda.

Kape untuk Instalasi Lantai Kayu

Dalam pemasangan lantai kayu, scrapper juga sering digunakan. Scrapper dipakai untuk meratakan adhesive di lantai dasar di mana potongan kayu akan ditempelkan. Alat ini akan sangat membantu pengerjaan hal tersebut.

Gunakan Lem Crossbond untuk Hasil Pengeleman Terbaik

Di atas, kita telah membahas mengenai scrapper yang ternyata terdiri dari berbagai jenis dan beragam fungsi. Kami di lemkayu.net memang memiliki dedikasi untuk membahas alat-alat woodworking seperti scrapper. Namun kami juga ingin selalu mengingatkan pembaca untuk menggunakan adhesive yang bagus.

Adhesive merupakan salah satu bahan utama dalam proses pengolahan kayu. Adhesive digunakan untuk menyambungkan komponen mebel, komponen kerajinan, sampai untuk memasang veneer. Di lemkayu.net, kami juga menyediakan dua adhesive terbaik untuk Anda. Keduanya adalah adhesive dengan bahan dasar PVAc namun fungsinya berbeda.

Berikut ini dua tipe adhesive yang kami sediakan.

  1. Crossbond X3. Crossbond X3 adalah lem untuk penyambungan rangka. Lem ini bisa digunakan untuk membuat rangka mebel, rangka bangunan indoor, hingga kerajinan wooden craft. Crossbond X3 adalah lem indoor sehingga tidak direkomendasikan untuk proyek outdoor.
  2. Crossbond X4. Lem ini adalah lem yang didesain untuk perekatan pelapisan atau pada permukaan yang lebar. Contohnya untuk instalasi lantai kayu, dinding kayu, pembuatan teak block, pengeleman veneer, hingga penempelan tripleks. Lem Crossbond bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor.

Kedua lem Crossbond memiliki kualitas yang baik sebagai wooden adhesive. Lem ini memiliki daya rekat yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah rusak perekatannya. Selain itu, lem ini juga sangat mudah digunakan bahkan oleh woodworker semula sekalipun.

Yang tak kalah menarik, Crossbond juga merupakan lem yang didesain sangat ramah lingkungan. Dengan produk ini, Anda bisa menghasilkan aneka produk kayu yang eco friendly.

lem kayu terbaik

Beli Lem Crossbond, Begini Caranya

Dapatkan lem Crossbond agar proyek woodworking Anda semakin berkualitas. Anda bisa membeli Crossbond secara daring atau secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan bertandang ke Bio Service Point di alamat:

  1. Bio Service Point Pusat: Jl. Sidikan No. 94, Surosutan, Umbulharjo, Yogyakarta kode pos 55162
  2. Bio Service Point Cabang Jepara: Jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan Jepara
  3. Bio Service Point Cabang Cirebon: Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat kode pos 45154

Pembelian secara daring yang lebih praktis bisa dilakukan dengan menghubungi CS kami. CS kami akan melayani Anda dengan sangat profesional dan juga ramah.

Ingin membeli di online shop langganan? Tentu saja bisa. Sebab produk kami sudah banyak dijual di berbagai toko daring.

Simpulan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan beberapa poin sebagai berikut.

  1. Scraper, kape, atau pisau skrap adalah alat yang memiliki dua fungsi, yakni untuk menghilangkan lapisan cat dan untuk mengaplikasikan pasta seperti dempul.
  2. Ada banyak jenis scraper yang bisa digunakan dari pisau dempul sampai edge paint scraper.
  3. Tiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
  4. Bisakah alat ini dipakai dalam proses pengeleman atau penghilangan lem? Jawabannya bisa. Tapi ada jenis scrapper tersendiri. Dalam instalasi lantai kayu pun, para tukang kadang menggunakan scrapper.
  5. Pilih kape yang bagus. Sedangkan untuk lemnya, jangan lupa selalu menggunakan Crossbond.

Demikian informasi ang bisa kami bagikan mengenai kape. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here