Tolak Penebangan Hutan Liar, Bersama Crossbond Lestarikan Alam

0
844
pembalakan

Masalah illegal logging atau biasa disebut dengan penebangan hutan liar telah menyebabkan persoalan serius di berbagai belahan bumi. Bio Industries, sebagai manufaktur bahan kimia ramah lingkungan mendukung berbagai upaya pemerintah mengatasi pembalakan liar.

Bumi kita telah mengalami berbagai perubahan yang cukup signifikan. Salah satu perubahan tersebut, terjadi ketika oksigen mulai mendominasi bumi. Kehidupan bumi yang sebelumnya dipenuhi organisme berjenis bakteri anaerobic (tidak membutuhkan oksigen) secara kontinyu kolaps dengan adanya unsur baru tersebut. Peristiwa ini, olah para ilmuwan disebut sebagai The Great Oxygenation Event. Pemicunya adalah produksi oksigen oleh alga hijau biru. Peristiwa ini telah mengubah dunia secara total. Tanaman, hewan, dan berbagai makhluk hidup lainnya yang kita kenal saat ini memulai langkah kehidupannya berkat peristiwa tersebut.

Yang bisa kita pelajari dari The Great Oxygenation Event adalah fakta bahwa dunia tidak pernah konstan. Kehidupan senantiasa mengalami perubahan. Mother nature kadang tidak main-main dengan perubahan yang dilakukannya. Tuhan bisa membinasakan satu generasi makhluk yang ada dan menggantinya dengan makhluk yang lain seperti yang telah terjadi pada bakteri anaerob obligat ataupun pada dinosaurus yang mengalami hujan meteor.

Menyadari ini, kita jelas hanya bisa ikhlas bila alam sudah berkehendak. Namun “ikhlas” bukan berarti tidak melakukan antisipasi. Bila antisipasi bisa dilakukan, jelas kita harus berupaya. Misalnya saja, yang terjadi belakangan ini dan menjadi isu di kalangan saintis sampai politisi, yakni mengenai penebangan hutan liar. Tanpa kita sadari, bisa jadi manusia sedang “mengubur” nasibnya sendiri. Penebangan hutan yang dilakukan secara masif akan memberikan dampak dahsyat. Global warming yang bisa berakibat pada perubahan iklim ekstrim akan menyebabkan penderitaan di mana-mana.

Dari Amazon sampai Borneo

CS Lem Kayu

Isu penebangan hutan liar telah menjadi perhatian banyak pihak. Tak mengherankan, pasalnya kegiatan melanggar hukum seperti ini sudah dilakukan di berbagai belahan dunia. Aktivitas ini telah mengubah hutan-hutan hijau di Amazon Brazil sampai Kalimantan menjadi gundul. Misalnya di Amazon, yang beberapa tahun belakangan ini mengalami kecepatan penebangan secara ilegal lebih dari 20%.

Mengapa Hutan Dibabat?

Sebelum bicara mengenai solusi atas tindak penebangan hutan liar, tentunya wajar bila kita bertanya, “mengapa penebangan hutan sampai dilakukan?” Dengan kita mengerti alasan mengapa penebangan dilakukan, solusi yang terbaik bisa diterapkan.

Global_warming

Secara umum, pengertian dari penebangan hutan secara liar atau ilegal logging adalah tindak penebangan hutan yang melanggar hukum. Pada dasarnya, pelanggaran tersebut terjadi tatkala hutan-hutan yang tidak boleh ditebang malah ditebangi. Sehingga kerusakan ekosistem pun terjadi. Apalagi ketika pelaku penebangan hutan adalah korporat besar. Masyarakat kecil mungkin hanya mengambil satu dua kayu saja. Sedangkan korporasi besar yang tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan kerusakan lebih parah karena peralatan yang mereka miliki dan tujuan mereka yang bertumpu pada profit (sedangkan masyarakat kecil biasanya hanya untuk bertahan hidup).

Dampak Penebangan Hutan Liar

Tindak penebangan hutan yang dilakukan secara ilegal bisa menyebabkan beragam hal buruk untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Efek dari tindakan ilegal tersebut pun sudah bisa dirasakan saat ini. Berikut ini contoh-contoh dari bahaya atau dampak aktivitas pembalakan liar.

  1. Keseimbangan ekosistem yang terganggu. Hal ini merupakan efek langsung dan general (umum) atas aktivitas pembalakan yang dilakukan.
  2. Kerusakan nutrisi, terutama pada area hutan hujan tropis di Sumatra dan Kalimantan. Perlu diketahui, sumber nutrisi pada iklim hutan hujan tropis adalah humus tebal yang berasal dari guguran daun hingga cabang. Humus ini akan segera diurai oleh bakteri dan kemudian diserap oleh tanaman. Sangat sedikit nutrisi yang sampai di lapisan tanah di bawah humus. Karenanya, ketika pohon ditebangi, yang tersisa pada akhirnya adalah tanah miskin hara yang akan membuat tanaman baru sulit tumbuh.
  3. Mengancam fauna dan flora langka. Beberapa hutan merupakan tempat hidup fauna dan flora yang jumlahnya sudah hampir punah. Aktivitas penebangan hutan liar, meski tidak secara langsung hendak menarget berbagai organisme tersebut, jelas bisa berdampak buruk.
  4. Menjadi pemicu berbagai bencana alam, mulai dari longsor sampai banjir bandang.
  5. Menyebabkan harga kayu log turun. Hal ini karena supply kayu yang dianggap ilegal. Kayu-kayu legal yang cara mendapatkannya lebih sulit dan lebih memakan waktu tentu saja akan turun harganya. Apalagi kayu ilegal cenderung dijual dengan harga yang lebih murah.
  6. Ketika dilakukan spesifik pada suatu negara, aktivitas penebangan hutan liar juga bisa menyebabkan industri woodworking pada negara tersebut mendapat sorotan buruk di mata dunia. Hal ini bisa menyebabkan diblok (banned atau dilarangnya) produk dari negara terkait beredar di negara lain yang punya peraturan lebih ketat mengenai peredaran kayu ilegal. Jadi, bisa dikatakan bahwa sebenarnya, dari segi bisnispun, aktivitas pembalakan liar bukanlah hal yang bagus untuk dilakukan.

Tindakan Pemerintah

Berbagai lembaga termasuk lembaga milik pemerintah sebenarnya telah melakukan upaya untuk mengatasi persoalan ini. Namun harus diakui, pemberantasan aktivitas illegal logging sama sekali tidak mudah. Banyak celah yang sering digunakan oleh para pelaku. Hal ini didukung dengan kondisi pasar yang memang defisit kayu. Artinya, persoalan yang terjadi terkoneksi dengan bidang yang lain.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia bisa dilihat pada penerapan SVLK atau Sistem Verifikasi Legalitas Kayu. Sistem ini merupakan respon atas tudingan Indonesia melakukan pembalakan liar di dunia internasional. Selain itu, SVLK juga diterapkan agar produk Indonesia memiliki daya saing yang baik ketika masuk pasar negara seperti Uni Eropa. Akan tetapi, adanya SVLK ini pun masih menyimpan pro kontranya sendiri. Misalnya dari segi biaya dan proses yang dianggap lama dan memberatkan pelaku usaha mebel kecil.

Crossbond Mendukung Pemerintah Menghentikan Penebangan Hutan Liar

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Tak dapat dipungkiri, bahwa masalah pembalakan liar memang bukan persoalan yang mudah untuk diatasi. Tetapi, upaya untuk melindungi hutan harus selalu kita dukung dengan berbagai evaluasinya. Manufaktur Crossbond, Bio Industries sepenuhnya mendukung langkah pemerintah untuk menghentikan aktivitas illegal logging. Namun selain itu, kami juga sangat mendukung agar pemerintah juga memastikan sendi-sendi kehidupan ekonomi masyarakat tidak terganggu. Sebab, tanpa pemastian dari segi ekonomi, celah-celah akan dieksploitasi orang yang pada akhirnya berujung pada aktivitas ilegal logging.

Crossbond sendiri dihadirkan sebagai upaya untuk mendukung kegiatan usaha yang lebih kreatif. Adhesive yang didesain dengan PVAc ini bisa Anda andalkan untuk pembuatan mebel hingga berbagai kerajinan. Produksi berbagai craft dan kayu sendiri bisa memanfaatkan kayu log baru ataupun kayu bekas seperti peti kemas. Selain itu, lem kami juga senantiasa hadir dengan sifat yang aman dan ramah lingkungan. Penggunaannya tidak akan merusak keseimbangan ekosistem. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen Bio Industries untuk memajukan industri Indonesia yang eco friendly, sebagaimana kami senantiasa menolak berbagai tindakan penebangan hutan liar.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here