Yuk Bahas Bersama MDF Hijau (Green Fiberboard) Bersama Tim Crossbond

0
483
mdf hijau

Apa itu MDF hijau? Apakah material ini bisa digunakan untuk pembuatan mebel yang terpapar air? Lalu, bagaimana dengan perekatannya?

Medium Density Fiberboard adalah salah satu jenis kayu olahan (engineered wood) yang dibuat dari serbuk kayu dan resin khusus. MDF adalah alternative produk kayu solid yang kian hari penggunaannya kian meningkat.

Namun, bahan ini memiliki kekurangan yang sangat signifikan, yakni sifatnya yang tak awet. Dalam hal ini, karena dibuat dari serbuk yang disatukan dengan resin, umumnya MDF rentan pada faktor-faktor eksternal seperti kelembaban.

Ya, kelembaban! Udara yang lembab akan menyebabkan kerusakan pada material itu. Permukaannya akan cepat berjamur, dan bila dibiarkan terus-menerus, fiberboard benar-benar bisa lapuk dan membusuk.

CS Lem Kayu

Oleh karena hal tersebut, sebuah produk baru diciptakan. Produk itulah yang akan dibahas di artikel kali ini, yakni green medium density fiberboard (MDF).

Apa itu MDF Hijau?

Green medium density fiberboard atau MDF hijau adalah produk kayu olahan yang didesain secara spesifik dengan sifat tahan terhadap kelembaban. Hal ini dilakukan sebab ternyata banyak permintaan akan fiberboard dengan sifat humidity proof yang tinggi. Misalnya saja dalam pembuatan kitchen furniture.

MDF sendiri secara umum merupakan produk kayu yang murah. Trend penggunaannya terus meningkat sebab bahan ini juga lebih ramah lingkungan. Dan karenanya permintaan akan spesifikasi khususnya pun tergolong tinggi. Alhasil berbagai manufaktur membuat fiberboard yang memiliki spesifikasi tersendiri.

mdf hijau

Kenapa Warnanya Hijau?

Warna hijau adalah penanda untuk keperluan identifikasi. Sifat tahan lembab pada produk ini tidak berasal dari zat pewarna hijaunya. Melainkan, dari bahan resin khusus yang digunakan.

Harga

Secara umum, karena menawarkan kualitas yang berbeda dari fiberboard standar, harga produk ini lebih mahal. Berikut ini daftar harga MDF hijau berdasarkan ketebalannya.

  1. 3 mm, harganya Rp. 65.000
  2. 6 mm, harganya Rp. 150.000
  3. 9 mm, harganya Rp. 250.000
  4. 12 mm, harganya Rp. 295.000
  5. 15 mm, harganya Rp. 400.000
  6. 18 mm, harganya Rp. 475.000

Daftar harga di atas bisa berbeda ketika Anda ke lapangan. Mungkin Anda akan mendapati pricelist yang lebih murah atau malah lebih mahal. Daftar harga di atas seyogyanya digunakan sebagai gambaran umum mengenai biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli produk ini.

Untuk Apa Saja Bahan ini Digunakan?

Berikut ini beberapa contoh penggunaan MDF hijau:

  1. Untuk membuat berbagai furniture dapur. Misalnya untuk membuat kitchen set, meja dapur, dan sejenisnya.
  2. Untuk membuat berbagai furniture kamar mandi kering. Misalnya saja untuk membuat almari kecil pada kamar mandi tempat handuk atau sabun yang belum digunakan.
  3. Untuk membuat berbagai furniture indoor secara umum seperti meja belajar dan almari, khususnya yang lebih awet meski digunakan di daerah yang lembab.

Apakah Produk ini Water Proof?

MDF hijau adalah produk yang humidity resitant-nya baik. Anda bisa menggunakannya untuk furniture dapur atau kamar mandi kering. Namun demikian, produk ini bukanlah produk water resistance (water proof).

Anda tak bisa menggunakannya untuk membuat bak wadah air, garden furniture di tempat terbuka, dan sejenisnya. Untuk kebutuhan seperti itu, sebaiknya gunakan kayu solid yang memiliki tingkat keawetan tinggi.

Apa Lem Terbaik untuk MDF Hijau?

Pembuatan furniture menggunakan fiberboard hijau tentu memerlukan dukungan bahan lain. Salah satunya adalah perekat.

Perekat digunakan untuk menyambungkan komponen yang satu dengan yang lain supaya rangka sebuah produk terbentuk. Selain itu, perekat juga digunakan untuk finishing menggunakan pelapis seperti veneer dan HPL.

Nah, untuk kebutuhan perekatan ini, Anda bisa menggunakan lem yang kami sediakan, yakni:

  1. Crossbond X4. Lem Crossbond X4 adalah lem PVAc termodifikasi yang sangat tahan lama dan rekat. Crossbond X4 bisa digunakan untuk merekatkan veneer pada permukaan MDF.
  2. Eva Phaethon. Lem Eva Phaethon adalah lem ethylene vinyl acetate. Lem ini juga sangat tahan lama dan rekat, namun ditujukan untuk keperluan perekatan yang berbeda. Eva Phaethon bisa digunakan untuk merekatkan High Pressure Laminate atau HPL pada fiberboard hijau.

Apakah MDF Hijau Bisa Dicat?

Kebanyakan permukaan sebuah media sebenarnya bisa dicat, meski dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Ada media yang lebih mudah dicat dibanding yang lainnya.

Sayangnya, medium density fiberboard bukan termasuk bahan yang mudah dicat. Mengecat produk ini adalah sebuah tantangan tersendiri. Sebab, porositas substratnya besar yang mengakibatkan:

  1. Cat malah terserap ke dalam fiberboard sehingga menjadi sangat boros
  2. Perlu dempul yang benar-benar bagus.
  3. Pengecatan hanya memungkinkan untuk tampilan solid color, bukan natural transparent
  4. Refinishing atau pengecatan ulang lebih sulit dibanding bahan lain
  5. Hanya optimal untuk jenis cat-cat tertentu. Tidak semua cat cocok diaplikasikan pada fiberboard.

Dengan kata lain, untuk memperindah produk ini, solusi terbaik yang bisa diambil adalah melakukan pelapisan. Silahkan saja pilih veneer dan Crossbond X4 atau HPL dan Eva Phaethon untuk memeprindah produk ini.

Kami Sedia Crossbond dan Eva Phaethon

Kami di lemkayu.net memang secara khusus menyediakan aneka lem untuk konstruksi mebel dan bangunan. Bila Anda mencari perekat untuk MDF hijau yang bagus seperti Crossbond X4 dan Eva Phaethon, silahkan hubungi Customer Service kami. Anda bisa melakukan pemesanan secara daring. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung dengan mengunjungi agen kami atau berkunjung ke Bio Service Point.

Ingin tanya-tanya dulu? Jelas tak masalah. Silahkan WA atau telepon CS kami di kontak yang tercantum pada website ini. Kami akan memberikan keterangan selengkap-lengkapnya sesuai kebutuhan Anda.

Penutup

Dari penjelasan panjang di atas, kita bisa meringkaskan poin-poin penting sebagai berikut:

  1. MDF hijau adalah produk medium density fiberboard yang didesain secara khusus untuk sifat yang lebih tahan kelembaban. Sebab medium density fiberboard yang standar umumnya sangat rentan bahkan oleh eksposi kelembaban sekalipun.
  2. Warna hijau pada produk itu sendiri hanya bersifat sebagai identifikasi dari pewarna khusus. Sifat tahan lembabnya terdapat pada formula resin yang dipakai, bukan pewarnanya.
  3. Produk ini bisa digunakan untuk pembuatan furniture dapur atau kamar mandi (khususnya kamar mandi kering) yang perlu sifat humidity resistant. Misalnya untuk membuat kabinet dapur.
  4. Untuk perekatannya, sebaiknya digunakan lem yang bagus. Dan untuk keperluan ini, Anda bisa menggunakan lem Crossbond X4 dan Eva Phaethon. Lem Crossbond X4 bisa dipakai untuk pelapisan veneer sedangkan Eva Phaethon untuk pelapisan HPL pada produk.
  5. Apakah MDF hijau bisa dicat? Jawabannya bisa, namun agak sulit. Jadi opsi terbaiknya memang melakukan pelapisan dengan lembaran dekoratif seperti HPL dan veneer.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here