All About Meja Oshin yang Perlu Anda Tahu

0
1051
meja kopi oshin

Pernahkah Anda mendengar jenis furniture bernama meja oshin? Nama mebel yang unik ini ternyata juga punya sejarah tak kalah unik. Nah, di artikel ini, lemkayu.net akan mengajak Anda membahas tuntas mengenai oshin table mulai dari pengertian sampai harga produknya di pasaran.

Apa sih Meja Oshin itu?

Dulu pada dekade 1990an, jumlah channel atau saluran TV tidaklah sebanyak saat ini. Pada masa tersebut, TVRI begitu mendominasi. Karenanya tiap tayangan di TV nasional tersebut hampir pasti akan populer di masyarakat.
Yang patut dipuji dari saluran TV tersebut adalah sifat tayangannya yang mengedukasi. Selain itu, TVRI juga sering menyiarkan tontonan dari negeri lain yang dirasa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah serial Oshin. Serial ini merupakan serial dari negeri Sakura, Jepang. Tayangan ini menggambarkan tokoh yang tak mudah menyerah dan pekerja keras.

Popularitas tayangan ini di masyarakat cukup tinggi. Tak pelak, berbagai benda yang ada di serial tersebut yang merupakan wujud kebudayaan Jepang dikaitkan dengan serial ini. Salah satunya adalah mejanya. Meja? Yup.
Seperti yang kita tahu, meja Jepang memang beda dari yang lain. Bila meja yang lain tinggi dan pemakaiannya dipadukan dengan kursi, tidak demikian dengan meja Jepang. Meja ini termasuk meja rendah atau short table. Pasangannya biasanya adalah bantalan duduk, kursi yang dimodifikasi tanpa kaki, atau tanpa pasangan sama sekali (pengguna cukup duduk di lantai). Meja yang sangat khas ini kemudian dinamai dengan meja oshin atau oshin table.
Perkembangannya Hari ini
Sejak dikenal lewat serial TV, meja ini telah berevolusi sebagai komoditas furniture yang laku di masyarakat. Uniknya, kebanyakan pembuat dan penjualnya adalah orang Indonesia, bukan Jepang. Apalagi, istilah oshin table memang khas negara ini. Di negara lain hampir-hampir tak dikenal apa itu meja oshin sama sekali.

Tingkat penjualan meja ini pun menunjukkan trend yang positif dari masa ke masa. Banyak pembuat meja skala kecil menengah memproduksinya bersama manufaktur yang lebih besar. Penjualan juga marak dilakukan di dunia nyata hingga dunia maya. Tak percaya? Masukkan saja keyword meja oshin di mesin pencarian seperti google atau yahoo. Anda akan segera berhadapan dengan link-link tempat jual meja tersebut di marketplace hingga situs pribadi.

Pemanfaatan

CS Lem Kayu

Lakunya oshin table, jelas tak semata-mata karena popularitas serial oshin saja. Toh, kebanyakan orang dari generasi zaman sekarang pun tak kenal dengan serial Oshin. Masih lakunya meja ini tak pelak karena memang masyarakat menganggapnya memiliki berbagai manfaat. Misalnya:

Untuk Warung Lesehan

Meja ini acapkali dipakai untuk warung lesehan yang pemiliknya menginginkan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Apalagi bila oshin table yang dipilih tak hanya yang biasa saja namun juga didesain dengan gaya Jepang.

Restauran hingga Kafe Gaya Jepang

Yang namanya meja oshin sudah sewajarnya hadir dengan gaya Jepang yang sangat khas. Dan meja ini sudah pasti bisa Anda andalkan untuk restoran ataupun kafe Anda yang mengangkat tema dari negeri sakura tersebut. Tapi ingat, agar kesan yang didapat benar-benar Jepang, Anda juga harus menerapkan desain interior yang kejepang-jepangan. Mulai dari dinding, lantai, hingga bantalan duduk untuk meja tersebut harus Anda perhatikan baik-baik. Jadi tema jepang betul-betul mengena dan terangkat.

Untuk Kebutuhan Sendiri

Bosankah Anda dengan gaya ruangan yang itu-itu saja? Bila jawaban Anda iya, coba saja bawa style Jepang ke rumah Anda. Ya, bagi yang tak punya kafe atau restauran, meja ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan sendiri. Bayangkan saja asyiknya, makan bersama secara lesehan dengan meja ini. Pasti akan asyik bukan? Meja tersebut juga bisa diletakkan di ruang TV sehingga acara makan menjadi lebih meriah.

Untuk Meja Belajar

Karena bentuknya yang pendek, meja ini cocok dipakai sebagai meja belajar. Beberapa sekolah hingga universitas pun banyak yang memakai meja-meja rendah seperti ini di ruangan lobby sebagai tempat para pelajar untuk belajar mandiri kala tidak ada kegiatan belajar di kelas.
Dibanding pemakaian meja belajar yang bukan lesehan, meja ini akan lebih enak digunakan. Sebab posisi duduk lebih beragam dan kaki pun juga bisa ditekuk hingga dijajarkan lurus.

Desain Meja Oshin

meja oshin

Bila dilihat hanya dari bentuknya, oshin table bisa dibagi menjadi dua, yakni meja yang berbentuk bundar dan yang berbentuk kotak atau persegi panjang. Keduanya jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, untuk kesan formal Anda bisa memanfaatkan meja yang bersudut (kotak dan persegi panjang). Namun bila Anda ingin meja dengan kesan yang lebih santai, Anda bisa memanfaatkan yang bentuknya bundar atau lingkaran.

Dilihat dari style desainnya sendiri, saat ini pasar telah menyediakan beragam jenis model oshin table. Berikut ini 3 dari berbagai model meja yang paling populer.

Oshin Table Gaya Minimalis

Gaya minimalis juga bisa diterapkan pada meja oshin, dan hasilnya pun sangat baik. Pada meja dengan gaya ini, warna yang dipakai adalah warna-warna netral cenderung monokromatik.

Modern

Oshin table dengan gaya modern sebetulnya tak begitu berbeda dengan meja serupa dengan gaya minimalis. Hanya, untuk gaya modern, biasanya diterapkan warn ayang lebih berani
Perpaduan dengan Gaya Jawa dan Bali
Gaya artistik berupa ukiran dari Jawa dan Bali rupanya sangat cocok diterapkan pada oshin table. Hasilnya adalah sebuah meja yang menunjukkan kombinasi menawan dari dua budaya yang berbeda.

Gaya Jepang

Meski berasal dari Jepang, uniknya meja ini justru tak selalu hadir dengan desain Jepang. Meja dengan gaya Jepang sendiri biasanya benar-benar mengikuti gaya negeri Sakura tersebut. Pemilihan bahannya pun sering disesuaikan dengan warna kayu dari Jepang.

Solusi Meja Oshin Murah

Proses pembuatan meja ini sebetulnya tak begitu berbeda dengan meja-meja jenis lainnya. Bahan yang digunakan pun juga sama variannya. Nah, khusus bagi Anda yang ingin membuat oshin table harga terjangkau, perhatikanlah jenis bahan yang digunakan. Untuk menekan proses produksi, daripada memakai kayu solid, Anda bisa menggunakan bahan-bahan kayu olahan seperti:

1. Fiberboard berupa Medium Density Fiberboard (MDF) dan high density fiberboard (HDF).
2. Particle board
3. Kayu lapis
4. Blockboard dan variannya

Kayu-kayu tersebut secara estetik memang kurang menarik. Akan tetapi, kita bisa melapisinya dengan HPL hingga pelapis lainnya dalam proses finishing tempel memakai lem Eva Phaethon. Cara ini juga jauh lebih praktis, murah, dan hasilnya juga berkualitas dibanding aplikasi kayu olahan dengan cat. Sehingga biaya produksi yang harus dikeluarkan pun makin bisa ditekan. Menguntungkan bukan?

Nah, sampai di sini pembahasan mengenai meja oshin. Meja ini terhitung memiliki sejarah dan manfaat yang mengesankan. Untuk membuatnya pun bisa dilakukan dengan lebih murah asalkan memakai bahan yang juga terjangkau seperti kayu olahan, pelapis, serta lem Eva Phaethon.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here