Begini Cara Membuat Mainan Kuda-kudaan Lebih Kokoh dan Menarik

0
129
mainan kuda-kudaan

Membuat mainan kuda-kudaan memerlukan tahapan yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan pembuatan mainan playground pada umumnya. Namun, agar produk tersebut kokoh tentu harus dilakukan kiat-kiat tersendiri.

Kekokohan produk bisa diartikan sebagai kuatnya produk terkait menahan beban tertentu sembari tetap bisa berfungsi normal sebagai mainan. Supaya lebih jelas cara membuat mainan ini lebih kuat dan kokoh, silahkan simak 5 tips di bawah ini.

Cara Membuat Mainan Kuda-kudaan Lebih Kuat

1. Pemilihan Kayu

Pilihlah kayu yang cukup kuat untuk menopang beban anak. Semakin kuat, semakin baik. Mungkin beberapa di antara Anda berpikir menggunakan kayu yang kualitasnya lebih rendah untuk menurunkan ongkos produksi. Namun, di sisi lain, Anda juga harus paham bahwa produk mainan ini kelak digunanakan anak-anak.

perawatan kayu alami natural oil

kayu log

Aspek keselamatan atau safety tentunya harus jadi pertimbangan utama. Dus, kayu yang digunakan pun hendaknya memiliki kelas kuat yang baik atau setidaknya telah teruji dapat menahan beban anak.

2. Sistem Kerja

Kekokohan mainan kuda-kudaan juga dipengaruhi sistem kerjanya lho. Terdapat mainan yang digerak-gerakkan dengan cara ala kursi goyang. Artinya, di bagian bawah kaki digunakan semacam kayu berbentuk seperti pelana yang kecil.

Atau, bisa juga mainan digerakkan pada suatu poros. Dari poros tersebutlah kemudian mainan bisa digerak-gerakkan ke depan ke belakang atau ke samping.

Beberapa mainan seperti ini juga telah dibuat dalam versi elektrik. Sistemnya tentu lebih kompleks karena membutuhkan aliran listrik agar mainan bisa bekerja.

Setiap sistem tersebut menawarkan kelebihan dan kekurangan. Idealnya, Anda mengetahui plus dan minusnya sehingga bisa memaksimalkan kekokohan pada setiap sistem yang dipilih.

Contoh, pada sistem ala kursi goyang, kayu bagian bawah haruslah ekstra kuat. Sebab kayu bukan hanya menyangga beban, namun juga berperan dalam bergeraknya kursi. Pun begitu dengan kayu yang digerakkan pada satu titik poros. Sambungan pada poros tersebut harus benar-benar berkualitas.

3. Lem untuk Membuat Mainan Kuda-kudaan

Sedikit banyak pemilihan lem memang akan memengaruhi kekokohan suatu produk kayu, apapun jenisnya. Lem, dalam hal ini membantu menstabilkan area penyambungan.

Seperti yang kita ketahui, untuk menyambungkan kayu, dapat diterapkan beberapa cara. Kita bisa menggunakan alat seperti paku dan skrup, maupun bahan perekat cair seperti lem kayu.

Kedua cara tersebut saling melengkapi satu-sama lain. Penggunaan paku, misalnya, memang membuat sambungan mengikat dengan kuat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, lubang paku bisa membesar akibat gesekan yang terus-menerus. Sehingga, untuk area-area yang riskan tersebut, sebaiknya diterapkan desain joinery yang tepat untuk kemudian dilem.

Penggunaan lem pada dasarnya menyatukan dua komponen kayu yang terpisah menjadi satu. Gesekan pada kayu seperti pada penggunaan paku pun tak akan terjadi.

Akan tetapi, tentu saja tidak semua lem dapat mendukung pembuatan mainan kuda-kudaan berkualitas. Untuk kebutuhan tersebut, sebaiknya digunakan lem Crossbond.

lem kayu crossbond

Lem Crossbond adalah lem kayu berbasis PVAc. Lem ini bisa digunakan untuk membuat furniture, kerajinan kayu, hingga berbagai perabot berbasis bahan organic (kayu, bambu, rotan). Sebagai perekat mainan kuda-kudaan, lem ini menawarkan kelebihan berupa:

  1. Sangat kuat
  2. Tidak mudah rusak, ikatannya stabil
  3. Sangat aman digunakan
  4. Harga terjangkau
  5. Penggunaan yang lebih hemat, cocok untuk kebutuhan industri

4. Kayu Penyangga dan Aspek Keamanan lainnya

Bergeraknya mainan ini ketika diduduki membuat banyak anak tertarik dengannya. Namun aspek safety sebagaimana disebut di atas harus diperhatikan dengan baik.

Salah satunya terkait dengan kayu penyangga. Mainan seperti ini kadang hadir dengan 1 kayu penyangga, 2, 3, atau 4 kayu penyangga. Semakin banyak semakin kokoh. Namun 1 kayu penyangga pun sudah cukup kuat sekiranya dibuat dari kayu yang berkualitas.

Hal lain yang perlu diperhatikan:

  1. Bentuk komponen: hindari menggunakan komponen yang tajam yang bisa melukai anak
  2. Bahan mudah pecah seperti gelas atau kaca
  3. Bahan logam yang mudah berkarat

5. Ketahanan Mainan Kuda-kudaan

Terakhir namun tidak kalah penting, produk hendaknya juga memiliki keawetan yang baik. Produk mesti tidak mudah rusak ketika:

  1. Terpapar faktor non biologis perusak seperti perubahan suhu, sinar UV, hingga paparan kelembaban.
  2. Terpapar faktor biologis seperti berbagai hama, baik itu serangga ataupun lumut dan rayap.

Tanpa ketahanan terhadap kedua faktor itu, kayu mainan akan cepat mengalami pembusukan. Dus, kekuatan kayu pun benar-benar akan menurun, menyebabkan mainan tidak lagi aman digunakan anak-anak.

Perlu dipahami, bahwa aspek kekuatan yang dibahas pada poin 1 berbeda dengan aspek keawetan kayu. Tak sedikit kayu yang berkelas kuat baik, namun kelas awetnya rendah. Jadi, tatkala membeli material kayu, Anda wajib memerhatikan kedua hal ini.

Ketahanan juga bisa ditingkatkan dengan:

  1. Mengawetkan kayu dulu dengan obat-obatan khusus
  2. Mengecat dengan lapisan cat pelindung yang bagus

Dengan cara ini, mainan yang Anda buat pasti akan diterima pasar. Apalagi bila Anda juga berhasil mendesainnya dengan menarik.

Contoh, target pasar Anda adalah anak perempuan. Dus, Anda membuat desain kuda ala Unicorn lengkap dengan aplikasi warna cat putih dan pink yang indah.

Contoh modifikasi mainan, meski bentuknya menjadi kuda-kudaan berkepala gajah

Atau, target Anda adalah anak lelaki. Maka, Anda bisa membuat desain kuda ala Cowboy yang seru dan menantang.

Masih banyak inspirasi desain lainnya yang tak kalah menarik. Silahkan cari yang paling tepat untuk membuat mainan kuda-kudaan disukai pasar.

perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here