8 Contoh Pagar Kayu Unik yang Bisa Mempercantik Taman

0
699
pagar kayu unik minimalis
Image: ferrisarch.com

Ada banyak jenis pagar kayu unik yang bisa dikreasikan. Ada yang berbentuk batu-bata, bisa dirambati tanaman, memiliki rak, hingga dilukis mural.

Diletakkan di bagian depan rumah, atau malah melingkari bangunan, pagar menjadi salah satu komponen penting yang memengaruhi keindahan fa├žade. Bila pagar yang dipasang jelek, tentu muka bangunan juga jadi jelek. Sebaliknya, bila pagar yang dipasang indah, muka bangunan pun pasti jadi indah.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Sayangnya, kebanyakan dari kita tak begitu memedulikan desain pagar yang hendak dipasang. Pembeli cenderung cuek saja dengan model yang itu-itu terus. Penjual pun tak mau berinovasi dengan desain fresh dan berbeda.

perawatan kayu alami natural oil

8 Contoh Pagar Kayu Unik

1. Pagar Kayu Pola Batu-bata

Biasanya, plank kayu pada pagar diposisikan vertikal. Kalaupun diposisikan secara horizontal, desainnya pun cukup sederhana.

Namun, coba lihatlah desain di bawah ini. Pagar yang tidak terbuat dari batu-bata bisa menampilkan bentuk khas posisi pemasangan material tersebut.

promo produk biovarnish wood filler
pagar kayu unik
Image: nl.pinterest.com/pin/36802921936002155

Bila Anda memiliki rumah kontemporer atau rumah yang memadukan gaya tua dan muda, pagar seperti ini sangat cocok untuk dipilih.

2. Pagar Papan

Hah? Pagar papan?

Ya, Anda tak salah baca. Lihat saja contohnya di bawah ini. Pagar sebagaimana terlihat terbuat dari papan yang cukup lebar. Papan tersebut bisa terbuat dari tripleks ataupun kayu laminasi yang kemudian dicat dengan warna coklat solid.

Penggunaan papan akan membuat rumah Anda lebih terjaga privasinya. Selain itu, rumah pun jadi lebih aman dari ancaman kriminalitas.

pagar kayu unik papan
Image: pinterest.com.au/pin/117938083980376427

Anda pun tak perlu khawatir ketika harus berpindah ke tempat yang agak kurang aman. Sebab sedikit banyak, keberadaan pagar dengan model seperi ini pasti bisa mengurangi resiko tindak pencurian.

3. Pagar Kayu Unik: Ultimate Simplicity

Sekilas dilihat, pagar ini nampak sangat biasa. Bagaimana tidak? Ia hanya berupa potongan kayu yang diseragamkan untuk kemudian ditancapkan saja menurut garis yang sudah dibuat.

Namun, justru itulah keunikan pagar tersebut. Pagar didesain dengan gaya yang sangat minimalis. Arti gaya minimalis sendiri adalah gaya yang mengedepankan aspek utilitas di ata segalanya.

Image: Lushome.com

Model ini sangat cocok digunakan untuk rumah-rumah dengan desain yang juga minimalis. Selain itu, ia juga cocok digunakan pada bangunan dengan gaya modern, abstrak, serta futuristik.

4. Berhiaskan Lampu-lampu Cantik

Apakah Anda sering mengadakan acara makan-makan di halaman belakang? Misalnya, Anda dan adik-adik suka sekali membuat sosis bakar ketika weekend.

Nah, agar pesta barbeque Anda semakin semarak, kenapa tak coba menghias taman belakang tersebut? Salah satu yang bisa Anda lakukan tentu saja menghias pagar dengan lampu-lampu taman yang cantik.

Image: Pinterest

Desain pagar sendiri sebenarnya sederhana. Yang membuatnya berbeda memang keberadaan lampu-lampu yang gemerlapan di malam hari. Dan meskipun tampaknya sulit untuk ditiru, desain seperti ini cukup mudah dibuat. Sebab Anda hanya perlu memasangkan lampu agar sesuai dengan pagar tersebut.

5. Desain Jaring untuk Rambatan Bunga

Pagar kayu unik ini sangat ideal untuk Anda yang hobi berkebun. Apalagi bila Anda sangat menyukai tanaman rambat.

Desain yang diterapkan pada dasarnya berbentuk seperti jaring. Desain ini memudahkan tanaman yang hidup secara merambat. Misalnya saja mawar rambat, morning glory, hingga songgo langit.

Namun perlu diperhatikan bahwa tipe seperti ini sangat rentan kotor dan menjadi lembab. Oleh sebab itu, gunakanlah cat yang bagus. Cat bukan hanya harus memperindah pagar, namun juga bisa melindunginya dari pelapukan.

pagar kayu unik rambat bunga
Image: renoguide.com.au

6. Pagar Kayu Unik Dicat Warna-warni

Keceriaan bisa muncul karena keberadaan warna yang beragam. Dan apabila Anda ingin halaman yang lebih ceria, coba saja cat pagar kayu dengan warna ala pelangi.

Ya, pilihan pagar ini memang terbilang unik. Selain unik, ia juga cocok lho dengan anak-anak. Buah hati jadi bisa belajar tentang beragam warna hanya dengan kebiasaannya bermain di halaman rumah.

Image: securefenceandrail.com

Tak heran, di sekolah tingkat rendah, seperti PAUD, TK, dan SD, sering diaplikasikan pagar yang dicat berwarna-warni. Sebab sekolah pada dasarnya ingin membuat para murid gembira sembari mengedukasi mereka.

7. Pagar dengan Mural

Terakhir namun tak kalah unik, lihatlah pagar ini. Menarik sekali bukan?

Pagar sebagaimana terlihat pada gambar sebenarnya memiliki desain yang biasa. Kayu yang digunakan pun bukan kayu dengan tampilan yang memukau. Sehingga pagar kemudian dicat abu-abu.

Yang menarik dari pagar ini adalah keberadaan gambar mural yang diaplikasikan di atasnya. Lukisan bunga berwarna oranye tersebut terlihat begitu memesona.

Bila Anda tinggal di perkotaan yang panas, tak ada salahnya melukisi pagar dengan gambar tersebut. Pagar kayu unik Anda akan menjadi titik menyejukkan bagi warga kota yang berlalu lalang lewat.

pagar kayu unik mural

8. Integrasi dengan Rak

Pasti ada di antara Anda yang hobi menghabiskan waktu di halaman belakang, bukan? Mungkin Anda suka berkebun atau sekadar menikmati sore dengan santai di bagian rumah tersebut.

Apabila iya, cobalah lihat model di bawah ini. Ya, rak dipasang pada dinding pagar.

Guna pagar yang mulanya untuk membatasi lahan dan melindungi penghuni rumah menjadi lebih beragam. Rak yang dipasangkan pun nantinya dapat dipakai untuk meletakkan vas bunga, alat gardening, hingga lampu penerangan.

pagar kayu unik

Pilih Pagar Kayu Unik yang Bagus Sesuai Selera Anda

Semua contoh di atas memang sangat menarik. Semuanya menampilkan keindahan dan kegunaan sendiri-sendiri.

Jadi, mana pagar yang jadi favorit Anda?

Tentu jawabannya terserah Anda. Yang jelas, bila Anda berminat membuat berbagai pagar tersebut, baik untuk kebutuhan sendiri atau dijual, jangan lupa gunakan lem Crossbond! Sebab hanya lem Crossbond yang merupakan lem ideal untuk pagar yang kokoh dan tahan lama.

Semoga informai ini bermanfaat ya.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here