Tips Penting untuk Keberhasilan Proses Laminasi Kayu

0
1151
keberhasilan proses laminasi kayu

Keberhasilan proses laminasi kayu tak terlepas dari produk lem yang digunakan. Pasalnya, bahan tersebut yang menjadi satu-satunya bahan yang dimanfaatkan dalam proses ini. Lem berperan pada seberapa kuat ikatan yang tercipta hingga keamanan kayu laminasi. Meski demikian, lem bukanlah satu-satunya faktor yang berpengaruh. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk keberhasilan proses laminasi.

8 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Keberhasilan Proses Laminasi Kayu

  1. Pastikan kayu yang akan dilaminasi benar-benar kering. Dengan begitu, lem bisa meresap dengan baik ke dalam kayu. Gunakan alat ukur MC kayu agar lebih meyakinkan.keberhasilan proses laminasi kayu
  2. Lebih amannya, untuk keberhasilan proses laminasi kayu, gunakan kayu sejenis. Menerapkan laminasi antar kayu beda jenis memiliki potensi lebih besar gagal.
  3. Sebaiknya, kayu yang akan dilaminasi memiliki tingkat kekerasan yang tidak beda jauh. Misalnya kayu jati teras dan kayu pinus gubal yang tingkat kekerasannya sangat berbeda.
  4. Sebaiknya, kayu yang akan dipilih untuk dilaminasi memiliki lebar dan ketebalan yang sama. Hal ini sangat krusial bila Anda tak ingin laminasi kayu melengkung.
  5. Pastikan sebelum mengelem kayu, permukaan material tersebut sudah halus dan rata. Dengan demikian, lem bisa menyebar rata ke seluruh permukaan kayu.
  6. Saat mengaplikasikan lem untuk laminasi kayu, ikutilah petunjuk pemakaian yang berasal dari produsen lem. Misalnya terkait standar viskositas lem yang disarankan.
  7. Pemberian tekanan memainkan peran sangat krusial dalam proses laminasi kayu. Makin besar tekanan yang diberikan, penetrasi lem juga akan meningkat. Sehingga jumlah lem yang meresap makin banyak dan perletakan antar kayu makin mantap.
  8. Perhatikan proses pengeringan ketika dilakukan penekanan. Waktu penekanan normal berkisar dari 3 hingga 4 jam. Selanjutnya, letakkan kayu terlaminasi pada kondisi tanpa tekanan tinggi selama 24 jam.
 

Informasi Pengeleman dan Produk Lem Kayu

Hubungi kami via telp +62.274.388.301, sms atau WA di +6287839346433, atau email [email protected] untuk informasi pengeleman serta produk lem kami, Crossbond X4 dan Crossbond X3. Anda juga bisa langsung menghubungi kami di

  1. Bio Center Yogyakarta Phone / fax: 0274 388301 Hp / WhatsApp: Klik Di Sini e-mail: [email protected]
  2. Bio Service Point Jepara Phone: 0291 598992 e-mail: [email protected]
  3. Bio Service Point Cirebon Phone: 0231 320759 e-mail: [email protected]
  4. Agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here