Rumah Joglo yang Kian Modern dan Menyehatkan!

0
1559
rumah joglo

Kalau mendengar nama rumah joglo pasti bayangan kita langsung tertuju pada rumah tradisional dari zaman kerajaan Jawa. Eits, jangan salah! Masih dengan keindahannya yang memikat, joglo saat ini hadir lebih cantik dan terkombinasi dengan desain modern yang elegan. Namun sebelum kita membahas itu, mari simak dulu bagian-bagian rumah ini.

Bagian-bagian Rumah Joglo

Rumah modern bisa dibedakan berdasarkan fungsi ruangannya. Kita mengenal ruang tamu untuk menjamu tamu, ruang makan untuk makan, ruang tidur untuk tidur, dan sebagainya. Hal ini pun kurang lebih berlaku pada joglo. Namun, tentu saja dasar pembagiannya berbeda. Berikut ini 3 bagian umum joglo.

Pendopo

Pendopo bisa dibilang merupakan ruang tamu untuk joglo. Namun berbeda dengan ruang tamu yang biasa kita kenal, pendopo sering terletak di tempat yang terbuka (terpisah dari bagian lainnya). Hal ini seringkali disengaja untuk menyimbolkan filosofi keterbukaan masyarakat Jawa.

Pringgitan

CS Lem Kayu

Setelah pendopo, bagian selanjutnya dari rumah joglo adalah pringgitan. Pada bagian ini, biasanya masyarakat Jawa menerima tamu untuk mereka yang kekerabatannya lebih dekat seperti saudara. Pada ruangan ini, acara-acara adat juga sering dilakukan. Misalnya acara adat sukerta untuk memperingati anak sukerta yang dijadikan mangsa dewa raksasa.

Omah Dalem

Omah dalem adalah bagian rumah untuk keluarga inti. Umumnya bagian ini terdiri dari beberapa ruang yang menjadi ruang keluarga dan kamar tidur anggota keluarga. Kamar pertama menjadi tempat untuk anggota keluarga laki-laki. Kamar kedua diisi perabot. Sedangkan kamar ketiga untuk kamar istirahat anggota keluarga yang wanita.

Demikian 3 bagian rumah yang bisa ditemukan pada joglo. Dibanding pembagian rumah saat ini, tentu pembagian di atas terkesan lebih tidak efisien. Tapi jangan salah, saat ini, desain untuk joglo sudah banyak yang dicampur dengan aksen modern minimalis. Ini membuat kita tetap bisa menikmati cantiknya joglo tapi dengan fungsi yang lebih ringkas sekaligus efisien.

Berikut ini contoh rumah joglo dengan desain modern minimalis. Unik ya?

Supaya Rumah Joglo Berkualitas

Aspek estetika saja tidak cukup untuk menciptakan rumah yang baik bagi anggota keluarga. Selain masalah estetika seperti yang disebut di atas, berbagai hal lain harus Anda perhatikan. Apalagi untuk masalah kesehatan.

Joglo bisa menyebabkan masalah kesehatan?

Ya. Rumah apapun bisa mengancam masalah kesehatan. Kondisi ini biasanya disebabkan banyaknya polusi dalam ruangan rumah tersebut. Sumber polutannya sendiri beragam mulai dari spora jamur penyebab alergi hingga gas dari bahan kimia dalam rumah. Gas dari bahan kimia ini berasal dari produk-produk seperti cat dan lem. Sehingga kami sangat menganjurkan pemilihan cat maupun lem yang aman dan memang untuk indoor.

lem-kayu-crossbond-untuk-kontruksi

Untuk catnya, saran kami pilihlah cat dari golongan water based atau cat berpelarut air. Sedangkan untuk lemnya, pilihlah lemĀ  berbahan dasar PVAc seperti Crossbond™.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here