Lengkap! Simak Tutorial Decoupage Indonesia Ini

0
1693
decoupage indonesia

Kerajinan decoupage kini sedang naik daun. Ia banyak digunakan untuk menghias vas hingga merambah ke dunia furnitur. Ingin membuka usaha di bidang ini? Simak dulu yuk tutorial decoupage Indonesia ini dari para ahlinya!

decoupage indonesia

Apa itu Decoupage?

Decoupage adalah salah satu artwork atau hasil seni yang dibuat dengan cara menempelkan lembaran (biasanya napkin decoupage) bermotif menarik pada sebuah benda. Tujuannya adalah mempercantik benda bersangkutan. Penempelan bisa dilakukan pada berbagai media, mulai dari gelas, kayu, bahkan tembok! Meski demikian, teknik penempelan yang dilakukan bisa sangat beragam. Dari sini, nanti bisa dihasilkan dengan decouapeg seperti:

CS Lem Kayu

1. Toples atau kaleng makanan
2. Vas bunga hias
3. Furniture
4. Komponen bangunan
5. Tempat lilin
6. Kap lampu
7. Dan berbagai jenis craft lainnya

Mudahkan Membuat Decoupage?

Tergantung. Secara umum, mereka yang terbiasa membuat benda kerajinan yang melibatkan penggunaan lem serta coating pasti akan menjawab mudah. Namun bagi mereka yang masih awam, seringkali harus menghadapi beberapa kendala terlebih dahulu. Yang penting adalah telaten mengerjakannya. Sebab salah satu faktor keberhasilan kerajinan ini adalah ketelitian dan kerapian hasil kerja kita.

Apa Saja Alat dan Bahan yang Dibutuhkan?

1. Bahan yang pokok digunakan adalah kain atau kertas decoupage. Biasanya Anda bisa menggunakan napkin khusus
2. Lem
3. Coating berupa clear varnish
4. Cat warna
5. Media yang akan di-decoupage

Sedangkan alatnya adalah:
1. Kuas berbagai ukuran
2. Kain
3. Alat tulis
4. Pemotong
5. Dan alat-alat opsional lainnya tergantung bagaimana Anda membuat kerajinan ini

Apa Saja Kendala yang Dihadapi?

Napkin decoupage tak bisa didapatkan dengan mudah. Demikian juga lem serta coating atau clear varnish yang digunakan. Kadang kala harga lem serta clear varnish juga sangat mahal. Padahal, daya beli masyarakat Indonesia belum begitu tinggi untuk benda-benda seperti ini.

Saran kami, Anda bisa menggunakan pengganti napkin yang feasible digunakan. Misalnya dengan kertas-kertas atau kain tertentu yang mudah ditemukan namun polanya menarik. Untuk lem serta coatingnya, pilih produk yang murah namun kualitasnya bagus, seperti:

1. Coating clear varnish dari Bio Industries. Coating ini sangat direkomendasikan karena memiliki kejernihan yang bagus serta tersedia dalam beberapa tipe kilau. Bio Industries juga menyediakan cat Orchid yang memiliki warna beragam mulai dari emas, perak, merah, ungu, hingga hitam. Coba cek di laman Hargacat.com ya.
2. Lem Eva Phaeton. Lem ini merupakan lem putih yang bisa digunakan untuk berbagai media. Lem ini juga kami sarankan karena harganya yang sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 148.000,- untuk 4 kilogram!

tutorial decoupage indonesia dengan eva phaeton

Cara Aplikasi?

Tutorial decoupage Indonesia ini jelas tak akan lengkap bila tak membahas aplikasinya. Namun sebetulnya, cara aplikasi decoupage sangat beragam. Jadi kami hanya akan membagikan prinsip dasarnya sebagai berikut:

1. Pembersihan dan pengeringan media.
2. Penempelan napkin pada media. Anda juga bisa mengecatnya dulu.
3. Aplikasi coating bening (clear varnish).
4. Selesai!

Prinsipnya cara pembuatan kerajinan ini memang mudah. Namun sekali lagi, tingkat kerumitan dan keragaman varian teknik juga bisa muncul untuk jenis decoupage yang berbeda-beda.

Bagaimana Prospek Decoupage di Indonesia?

Di Indonesia, prospek kerajinan ini terbilang menjanjikan. Saat ini, kebanyakan decoupage banyak diaplikasikan pada vas-vas dan toples bunga. Trend-nya ke depannya diprediksi makin bagus seiring dengan minat masyarakat yang lebih tinggi pada penjualan online yang mampu menyediakan benda-benda dengan kreativitas tinggi.

Yuk Buat Sekarang Juga!

kotak kayu decoupage

Nah, sampai di sini tutorial decoupage Indonesia yang kami sajikan. Jangan hanya membaca di sana-sini saja. Practice makes perfect! Yuk, langsung coba buat kerajinan decoupage Anda sendiri.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here