Bingung Memilih Lem Kayu Berkualitas? Simak di Sini Dulu!

0
796

Puluhan bahkan mungkin ratusan manufaktur lem di pasaran menyebut mereknya sebagai lem kayu berkualitas. Namun apakah yang dimaksud dengan “kualitas” yang dimaksud? Di sini kejelian konsumen harus ditingkatkan. Untuk menentukan mana produk dengan kualitas yang baik dan yang tidak, kita tak bisa hanya mengandalkan satu pertimbangan saja. Yang pertama harus kita perhitungkan adalah apa yang kita perlukan.

Lem Kayu Berkualitas“Buy What You Need”

Tidak peduli seberapa baik sebuah adhesive, namun bila karakternya tidak sesuai dengan kebutuhan kita maka kita tidak bisa menyebutnya baik. Jadi, sebaiknya sebelum membeli lem, kita sudah merancang dulu daftar mengenai kriteria adhesive yang diperlukan. Apakah lem tersebut harus tahan cuaca? Apakah lem tersebut harus bisa meresap dengan baik ke dalam kayu? Dan berbagai pertanyaan lainnya perlu diajukan supaya kita memperoleh produk lem kayu berkualitas yang cocok dengan keperluan.

Sebagai contoh adalah lem kayu Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 adalah lem untuk perekatan konstruksi (perekatan untuk sambungan dowel, finger joint, dst) sedangkan Crossbond X4 adalah lem untuk perekatan laminasi (tripleks, pemasangan lantai, pembuatan panel, dst). Bisa dikatakan kedua produk lem didesain untuk fungsinya masing-masing. Sehingga, bagi sebagian orang Crossbond X3-lah yang terbaik, sedangkan bagi yang lain Crossbond X4 menjadi yang paling bagus.

Setelah kita jelas dengan apa yang kita butuhkan, barulah selanjutnya kita menilisik aspek keunggulan lem dan kebenarannya.

Benarkah Klaim Keunggulan Lem Kayu Berkualitas?

CS Lem Kayu

Ketika kita membaca label sebuah produk, akan ada keterangan mengenai karakter produk yang dijual tersebut. Beberapa juga menyematkan feature keunggulan produk seperti daya rekatnya yang baik dan keamanannya yang tinggi. Tugas konsumen berikutnya ialah jeli dalam menanggapi berbagi klaim tersebut.

Di era informasi seperti ini, kita bisa dengan mudah mempelajari berbagai feature yang diunggulkan itu. Bahkan bila kebutuhan kita sangat besar, kita pun tak perlu segan untuk bertanya langsung pada manufaktur terkait.

Contohnya bila lem yang kita beli diklaim sangat aman, kita perlu tahu standar yang digunakan. Apakah klaim aman tersebut belum berstandar sama sekali? Atau sudah berstandar food grade berdasar aturan FDA Amerika Serikat seperti yang ditunjukkan Crossbond?

Lem Kayu BerkualitasBisakah Kita Menerapkannya?

Selain kedua hal di atas, poin terakhir yang perlu kita perhatikan adalah kemampuan kita mengaplikasikan lem. Bila lem yang digunakan sangat cocok diterapkan dan terjamin kualitasnya namun ternyata memerlukan sarana yang tidak kita miliki, tentu semuanya jadi sia-sia. Bacalah label lem pada bagian rekomendasi penggunaannya. Tentu semakin mudah digunakan, maka semakin baik produk tersebut.

Pada akhirnya, dengan hal-hal seperti ini harapannya kita bisa  mendapatkan produk lem kayu berkualitas yang jaminannya nyata.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here