Bingung Pilih Lem Kertas Foto yang Bagus? Gunakan Eva Phaethon Saja!

0
3334
kertas foto paper

Pada beberapa kesempatan, kita perlu mengelem kertas-kertas foto. Sayangnya, bahan perekat untuk kertas jenis ini terbilang susah didapat. Apalagi yang kualitasnya benar-benar bagus. Untuk kualitas yang baik kita jelas tak bisa menggunakan lem kertas biasa yang terbuat dari kanji. Lantas lem kertas foto apa yang sebaiknya dipakai? Ayo, simak penjelasannya di bawah ini. Namun sebelum membahas mengenai lem untuk kertas foto yang bagus, ada baiknya kita mengenal dulu mengenai kertas foto itu sendiri.

Sekilas Mengenal Kertas Foto dan Berbagai Jenisnya

Apa itu kertas foto? Pada dasarnya yang dimaksud kertas foto adalah salah satu jenis kertas yang biasanya digunakan untuk mencetak gambar. Kertas seperti ini umumnya memiliki sifat lebih tebal. Biasanya salah satu permukaannya licin mengkilap meski tak semua.
Berdasarkan variannya, kertas foto bisa dibedakan menjadi:

Sticker Glossy Photo Paper

Sticker glossy photo paper adalah jenis kertas foto dengan tempelan atau stiker. Kerap kita bisa menjumpai kertas ini pada sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar putih dan tingkat kilau mengkilap. Sticker glossy photo paper sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker namun tetap mampu mencetak foto dengan resolusi tinggi.

CS Lem Kayu

Glossy Photo Paper

Glossy photo paper sebagaimana namanya adalah kertas foto yang permukaannya halus serta bisa memantulkan cahaya. Tingkat kilau kertas ini gloss dan biasanya memiliki sifat cenderung lengket. Selain itu, glossy photo paper juga rawan gores. Ketika dipegang, bekas sidik jari dengan mudah membekas pada kertas foto ini. Namun kelebihannya, kertas ini bisa membuat gambar tampak lebih baik dengan kilaunya serta warna dasarnya yang putih cerah. Kertas ini pun bisa dipakai untuk foto dengan resolusi tinggi tapi harganya tetap terjangkau.

Pemium Glossy Photo Paper

Premium glossy paper adalah kertas yang memiliki tingkat kilau sangat tinggi atau high glossy. Sebagai akibatnya, kertas ini mampu menghasilkan cetakan yang kuat dengan efek lebih mengkilap. Premium glossy photo paper juga cocok untuk gambar dengan resolusi tinggi. Dan meskipun hasilnya lebih mahal, namun kualitasnya memang tak perlu diragukan lagi.

Matte Paper (Doff)

Matte paper adalah kertas foto dengan permukaan yang lebih bertekstur dan lebih sedikit memantulkan cahaya. Oleh sebab itulah jenis kertas foto ini disebut matte paper. Kertas foto ini lebih tahan lama karena dapat disentuh tanpa takut meninggalkan bekas sidik jari. Jenis kertas ini juga begitu mudah menyerap tinta. Mette Paper (Doff) akan sangat sesuai dipakai untuk foto yang akan dibingkai sebagai dekorasi ruangan.

Double-Side Paper

Double side paper adalah kertas foto yang biasa digunakan untuk mencetak gambar pada kedua sisinya sekaligus. Foto yang dihasilkan secara umum memiliki kualitas yang bagus, tak begitu glossy, dan cenderung doff. Kertas ini sangat sesuai digunakan untuk mengeprint pamflet, brosur, dan kebutuhan serupa lainnya yang biasanya untuk promosi. Dengan kertas ini, lebih banyak informasi yang bisa ditampilkan untuk pembaca.

Laster Photo Paper

Kertas laster merupakan photo paper yang banyak digunakan untuk kebutuhan dokumentasi. Pasalnya, kertas ini memiliki tingkat keawetan yang sangat baik hingga berpuluh-puluh tahun. Kertas ini juga tidak mudah pudar dan cocok untuk foto dengan resolusi tinggi. Hasil foto yang dicetak dengan kertas ini akan menampakkan tingkat kilau doff. Selain itu, kertas ini sangat khas dengan tampilan orange peel atau kulit jeruknya. Inilah yang membuat laster photo paper memiliki kekhasan tersendiri.

Inkjet Paper

Inject paper adalah jenis kertas yang sebetulnya tak begitu cocok untuk kebutuhan digital photo printing. Kertas ini secara umum lebih sering dipakai untuk kebutuhan grafis. Misalnya saja untuk mencetak sketsa gambar, proof arsitektur rumah, grafik bar, dan kebutuhan serupa lainnya. Kualitas inject paper lebih baik di atas kertas HVS dengan serapan tinta yang lebih bagus dan lebih cepat kering.

kertas foto canvas

Canvas Paper

Canvas paper merupakan jenis kertas foto yang biasa digunakan untuk mencekat photo yang akan menghasilkan cetakan seperti lukisan. Gambar atau foto yang dicetak akan terlihat memiliki sentuhan kanvas sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Sublim Paper

Sublim paper adalah kertas yang biasa digunakan untuk printing foto sebagai pajangan di rumah hingga untuk dibingkau. Kertas ini juga banyak dipakai untuk media perantara transfer gambir ke kaos (t-shirt). Banyak pelaku usaha yang memproduksi kaos memanfaatkan jenis kertas sublime paper photo ini.

Dibutuhkannya Lem Kertas Foto yang Bagus Digunakan

Pada beberapa kesempatan kita akan sangat perlu mengelem berbagai jenis kertas foto tersebut. Misalnya saja untuk mengelem gambar pada figuranya. Namun tak jarang juga kertas ini dipakai untuk kebutuhan kerajinan.
Lantas lem kertas foto seperti apa yang sebaiknya digunakan?

Hati-hatilah membeli lem kertas yang harus dipakai. Pasalnya, tak semua adhesive cocok digunakan untuk kebutuhan seperti ini. Apalagi lem-lem di pasaran yang hanya ditujukan untuk kebutuhan awam. Misalnya saja lem-lem kertas dari bahan dasar kanji. Tipe lem seperti itu kurang bisa diandalkan karena kekuatannya dan ketahanannya sangat dipertanyakan. Sifatnya juga cenderung menggumpal sehingga akan membuat hasil pengerjaan kurang memiliki kualitas yang baik dari segi estetika.

Lem Kertas Foto Apa yang Sebaiknya Dipakai?

Adhesive yang kami sarankan untuk mengelem kertas foto adalah Eva Phaethon. Adhesive berformulasi dasar EVA atau ethylene vinyl acetate tersebut merupakan adhesive yang sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan (multipurpose) dengan media beda karakter. Lem multifungsi ini bisa diaplikasikan pada industri kerajinan baik yang memanfaatkan aneka jenis kertas maupun serat alam.

eva phatehon

Sebagai lem kertas foto yang dibuat dengan teknologi modern, berikut ini berbagai kelebihan Eva Phaethon dibanding adhesive lainnya.

1. Memiliki daya rekat atau kekuatan yang jauh lebih baik dengan inner cross linker modifier yang mampu menciptakan ikatan rangkap ganda.
2. Bisa digunakan untuk kertas foto dengan permukaan licin dan glossy. Sebab lem ini memang lem yang didesain untuk merekatkan dua permukaan yang karakternya berlainan.
3. Sifat lem tidak menggumpal namun sangat kuat
4. Lem tak menyebabkan bau pedas menyengat
5. Sangat mudah digunakan tanpa perlunya perlengkapan khusus
6. Kecepatan kering ideal
7. Aman dan ramah lingkungan. Lem ini cocok untuk Anda yang ingin mewujudkan usaha yang eco friendly.
8. Memiliki ketahanan yang baik
9. Harga murah termasuk untuk kebutuhan industri atau usaha, baik UKM maupun industri berskala besar

Lem kertas foto ini bisa Anda beli mulai harga Rp. 148.000,- untuk kemasan 4 kg. Bila kita lihat feature yang ditawarkan di atas, harga tersebut sangat terjangkau dibanding kualitasnya. Karena itulah adhesive ini kami rekomendasikan pada pembaca. Pemakaiannya sendiri sangat fleksibel dan bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis kertas foto di atas.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here